PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DIRUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE LEAN MANAGEMENT
Abstrak
Rumah sakit merupakan salah satu sarana atau tempat yang dijadikan sebagai pelayanan kesehatan masyrakat,dimana Rumah sakit dituntut untuk melayani pasien dengan baik dan benar sehingga menghasilkan mutu pelayanan yang tinggi, minimal pelayanan tersebut sesuai standar yang ditetapkan oleh peraturan Kementrian Republik Indonesia. Kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dapat diamati melalui kinerja professional dari personil rumah sakit, efisiensi, efektivitas dan kepuasan pasien. Lean management merupakan salah satu metode yang digunakan dalam peningktana pelayanan kesehatan. Lean management ini mengutamakan sinkronisasi antar elemen (kerjasama) yang dipimpin dan berstandar. Metode Lean management ini banyak diaplikasikan oleh beberapa organisasi pelayanan kesehatan dan menghasilkan dampak yang positif bagi beberapa organisasi pelayanan kesehatan.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24198/jf.v15i2.12685
DOI (PDF): https://doi.org/10.24198/jf.v15i2.12685.g5764
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sitasi manajer:
Jurnal ini diindeks dalam:
Farmaka by Universitas Padjadjaran is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Copyright © 2013 Jurnal Farmaka - All Right Reserved