Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Apotek Rumah Sakit Swasta Karawang

Maya Arfania, Nono Suryana, Himyatul Hidayah

Abstrak

Apotek rawat jalan merupakan salah satu instalasi bagian penting di
Rumah sakit. Strategi untuk memenangkan persaingan dapat dilakukan dengan cara
meningkatkan kualitas pelayanan, salah satu indikator yang paling banyak dipakai untuk mengukur kualitas pelayanan adalah tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di Apotek Rumah Sakit Swasta Karawang. Metode pada penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan cross sectional. Alat yang digunakan adalah kuesioner SERVQUAL yang mencakup 5 dimensi service quality (Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness) dengan skala Linkert. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji chi square dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan pada dimensi Reliability sebagian besar pasien merasa puas (49,2%), pada dimensi Assurance sebagian besar pasien merasa tidak puas (40,1%), pada dimensi Tangible sebagian besar pasien merasa puas (53,8%), pada dimensi Empathy sebagian besar pasien merasa puas (43,1%), dan pada dimensi Responsiveness sebagian besar pasien merasa puas (41,6%). Analisis hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap 5 dimensi service quality didapatkan p value 0,01 (Reliability); 0,095 (Assurance); 0,02 (Tangible); 0,08 (Empathy); dan 0,026 (Responsiveness). Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa dimensi Reliability, Tangible, dan Responsiveness merupakan faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di apotek Rumah Sakit Swasta Karawang

Kata Kunci

Apotek; Kepuasan; SERVQUAL

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Addin Q, Marchaban M, Sumarni S. Analisis GAP Kualitas Pelayanan dengan

Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi RSU PKU Muhammadiyah Delanggu

Menggunakan Metode SERVQUAL. Maj Farm [Internet]. 2021 Apr 28 [cited 2021

Oct 6];17(2):217–24. Available from:

https://jurnal.ugm.ac.id/majalahfarmaseutik/article/view/58692

Tjiptono F. Prinsip-prinsip Quality Service. Yogyakarta: Pemasaran Industri

Kesehatan Yogyakarta: Andi; 2014.

Suharmiati; Budijanto D. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat

Kepuasan Responden Pengguna Rawat Jalan Rumah Sakit Pemerintah di

Indonesia. Bul Penelit Sist Kesehat. 2007;10(2).

RichaAryani, Fina; Husnawati, Husnawati; Muharni, Septi; Mutia LA. Analisa

Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Instalasi Farmasi

Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru | Aryani | PHARMACY: Jurnal Farmasi

Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia). J Pharm [Internet]. 2015 [cited

Oct 6];12(1):101–12. Available from:

http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PHARMACY/article/view/821

Akbar DO, Handayani GD, Putri AN. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien BPJS

Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSD Idaman

Banjarbaru Tahun 2019. J Ilm Ibnu Sina [Internet]. 2020 Mar 30 [cited 2021 Oct

;5(1):108–16. Available from: http://e-jurnal.stikes-isfi.ac.id/index.php/JIIS/article/view/396

Harto B. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy

Servqual Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan. J TEKNOIF.

;3(1):20-3-.

Kusuma Astuti N, Wisnu Kundarto dan. Analisis Kepuasan Pasien BPJS Rawat

Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit UNS. JPSCR J

Pharm Sci Clin Res [Internet]. 2018 Oct 9 [cited 2021 Dec 17];3(2):84–92.

Available from: https://jurnal.uns.ac.id/jpscr/article/view/22162

Supriyanto, Supriyanto; Ernawaty E. Prinsip Prinsip Quality Service. Yogyakarta:

Pemasaran Industri Kesehatan Yogyakarta: Andi; 2010.

Yudanisa P, Rachmi A, Yunus A, Romadhona N, Susanti Y. Tingkat Kepuasan

Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial terhadap Mutu Pelayanan

Farmasi di Instalasi Rawat Jalan. J Integr Kesehat dan Sains [Internet]. 2019 Jul

[cited 2021 Oct 6];1(2):174–8. Available from:

https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/jiks/article/view/4350

Pristiyantoro, Pritiyantoro; Dinar K. Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap

Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kimia Farma Akses UI Kota Depok. J

Kefarmasian. 2021;8(1):18–31

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.