Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di UPTD Puskesmas Purwoyoso Kota Semarang

adjie surya setyawan, Sawaldi Martarahardja, Hariati Hariati

Abstrak

Pelayanan kefarmasian yang berkualitas menjadi aspek yang penting dalam peningkatan utu layanan di sebuah Puskesmas. Karakteristik pasien dan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPTD Puskesmas Purwoyoso, Kota Semarang, adalah tujuan dari penelitian ini.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif non-eksperimenal dengan mengumpulkan 96 pasien atau keluarga pasien yang melakukan penebusan resep dari Mei hingga Juni 2025. Karakteristik responden didiomnasi oleh perempuan sebanyak 60,42% dengan rentan usia 46 – 55 tahun (25%, pendidikan SMA sebanyak 49,38% dan menjadi ibu rumah tangga (32,29%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien sangat puas dengan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Purwoyoso, dengan skor kepuasan rata-rata 95,21%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian di Puskesmas Purwoyoso masih membutuhkan evaluasi berkala pada aspek kehandalan dalam memberikan informasi obat.

Kata Kunci

Empati, Jaminan, Kefarmasian, Kepuasan Pasien, Kehandalan, Tangbles,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arifiyanti AL, Djamaludin R. UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYATAHUN 2016. JURNAL MANAJEMEN KESEHATAN Yayasan RS Dr Soetom. 2017;3(1):123–37.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat [Internet]. Jakarta; 2019 [cited 2025 Jun 19]. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Details/138635/permenkes-no-43-tahun-2019

Departemen Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 74 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas [Internet]. Jakarta; 2016. Available from: http://binfar.kemkes.go.id/jdih

Yuliani, Zulkifar T, sofia etty, Rulia, Pratama V. PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN YANG BERIMPLIKASI PADA LOYALITAS PASIEN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (SURVEI DI UPTD PUSKESMAS RUSUNAWA KOTA BANDUNG). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 2024;7(4):15720–9.

Feneranda E, Prambudi RS, Septiana R. GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK SEHATI SURAKARTA SELAMAMASA PANDEMI COVID-19. Seminar Nasional HasilRiset dan Pengabdian kepada MasyarakatUniversitas Sahid Surakarta. 2021;1(1):789–97.

Hilmalia, Patimah R, Hendra. GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK MELIA BANJARMASIN. Jurnal Komunitas Farmasi Nasional. 2024;04(1):679–88.

Ramli M. Preferensi Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Memilih Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Di Puskesmas Kassi-Kassi. PREDESTINATION: Journal of Society and Culture. 2022;2(2):1–11.

Julfitry Putri Hasjum H, Haskas Y, Sabil FA, Nani Hasanuddin Makassar S, Kemerdekaan VIII No JP, Makassar K. HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan. 2023;3(6):176–83.

Sukma D, Pamungkas J, Wardani RS, Rusmitasari H. Hubungan Pendidikan dan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan (Studi pada Pasien Rawat Jalan Puskesmas Poncol Kota Semarang). Prosiding Nasional Unimus. 2022;5:1155–63.

Arifin S, Rahman A, Muhyi R, Octaviana Putri A, Hadianor H. HUBUNGAN USIA, TINGKAT PENDIDIKAN, FASILITAS KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MUARA LAUNG. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2019 Dec 5;6(2):40–5.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.