Pengembangan UMKM di Desa Sukagalih Kab. Sumedang Jawa Barat

sheila zallesa

Abstract


Pandemic covid-19 merupakan permasalahan yang cukup serius dalam sector ekonomi baik itu dalam segi ekonomi mikro maupun ekonomi makro. Salah satu upaya pemerintah dalam pemulihan kembali sector ekonomi yaitu dengan cara mendorong UMKM karena dirasa UMKM lebih bisa bertahan di masa pandemic ini. Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM sendiri seperti para pelaku UMKm di desa Sukagalih Kab. Sumedang Jawa Barat. Pemsalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM diantaranya system pembukuan keuangan yang masih belum rapi sehingga cash flow pemasukan , pengeluaran dan biaya lainnya tidak terdokumentasi dengan baik. Selain itu masih belum faham nya para pelaku UMKM dalam menggunakan market e-commerce sehingga pemsaran produk masih terbatas di lingkungan sekitar saja. Adapun hasil kegiatan pengabdian dilapangan adalah melakukan pendampingan dan penyuluhan kepada para pelaku UMKM dalam hal pembukuan keuangan, pelatihan penggunaan e-commerce dan repackging produk agar terlihat lebih menarik dan menjual kepada para konsumen.


Keywords


UMKM, pandemic, e-commerce, sukagalih, sumedang

References


Perjuangan Membangkitkan UMKM Lokal Dikala Pandemi. Diakses pada : https://drpm.umsida.ac.id/perjuangan-membangkitkan-umkm-lokal-dikala-pandemi/

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020, November). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik covid 19 di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) (Vol. 6, No. 2, pp. 139-146).

Agustriyana, D., Ramadhan, N., Oktavien, S., & Sofyandi, R. H. (2021). BERTAHAN USAHA PADA UMKM DI TENGAH PANDEMIC COVID-19. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 93-99.

Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2012). Principles of Mark eting(15th ed.). Pearson Education Limited.

Laura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89-98.

Rijal, S., Ahmad, M. I. S., Arisah, N., Nurdiana, N., & Hasan, M. (2021, July). Kajian Peluang dan Tantangan UMKM: Sanggupkah Sektor Kuliner Bertahan di Masa Pandemi COVID-19?. In Seminar Nasional Teknologi Pendidikan (Vol. 1, No. 1, pp. 115-125).

Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 5(2), 36-48.

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik danKeunggulannya(Arita L (ed.)). Grasindo.

Huda, N., Haryanti, S. C., & Rini, N. (2021). PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP MOTIVATION DALAM MEMBANGUN MENTAL ENTREPRENEURSHIP BAGI UMKM DI MASA PANDEMI COVID 19. DEVOSI, 2(2), 12-16.




DOI: https://doi.org/10.24198/fjcs.v3i1.37635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Farmers: Journal of Community Services

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.