Menumbuhkan Kesadaran Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Sosialisasi Literasi Keuangan di SDN 2 dan SDN 4 Desa Karangjaladri Kabupaten Pangandaran
Abstract
Desa Karangjaladri Kabupaten Pangandaran merupakan daerah yang dihuni oleh banyak keluarga nelayan. Ketidakpastian hasil tangkap menjadikan tingkat kesejahteraan mereka cukup rendah. Salah satu pengetahuan yang dapat berguna bagi keluarga nelayan tersebut adalah literasi keuangan. Sayangnya nelayan merupakan salah satu kelompok masyarakat dengan literasi keuangan yang rendah. Kebanyakan upaya terkait hal ini menyasar orang dewasa saja. Disisi lain penanaman literasi keuangan sejak dini sangat penting untuk dilakukan mengingat pada usia dini anak-anak mampu merekam pengetahuan dengan baik dan menjadikannya kebiasaan pada saat dewasa. Sosialisasi literasi keuangan di SDN 2 dan SDN 4 Karangjaladri merupakan kegiatan untuk melengkapi upaya peningkatan literasi keuangan keluarga nelayan di Kabupaten Pangandaran. Diharapkan di masa mendatang akan terbentuk keluarga nelayan yang cakap dan bijaksana dalam mengelola keuangan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraannya.
Full Text:
PDFReferences
Goyal, K., & Kumar, S. (2021). Financial literacy : A systematic review and bibliometric analysis. International Journal of Consumer Studies, 45(1), 80–105. https://doi.org/10.1111/ijcs.12605
Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan Pada Siswa Sekolah Dasari di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat , Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 103–108.
Luciana, L., Hamzah, A., & Mardin. (2017). Sumber Penghasilan Masyarakat Nelayan (Studi Kasus Di Desa Bungin Permai Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan). Jurnal Ilmiah Membangun Desa Dan Pertanian, 2(1), 20–24.
Mustafa, D., & Arief, A. A. (2020). Analisis Kerentanan Dan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Nelayan Pemancing Di Pulau-Pulau Kecil (Studi Kasus Pulau Barrang Caddi Kota Makassar): Food Security And Vulnerability Analysis Of Fishermen Household In Small Islands (Case Study; B. Jurnal IPTEKS Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, 7(14), 151–162.
Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan Pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111
Pujianti, T., Syaodih, E., & Djohaeni, H. (2019). Peran Orang Tua Dalam Melakukan Financial Education Pada Anak Usia Dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(229), 99–108.
Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak. Scholaria, 6(2), 14–28.
Remund, D. L. (2010). Financial literacy explicated: The case for a clearer definition in an increasingly complex economy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 276–295. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01169.x
Yushita, A. . (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen.
Yuwono, W. (2021). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663
DOI: https://doi.org/10.24198/fjcs.v4i2.48315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Luthfi Thirafi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.