DAMPAK BULLYING PADA TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA KORBAN BULLYING

Ela Zain Zakiyah, Muhammad Fedryansyah, Arie Surya Gutama

Abstrak


Meningkatnya jumlah kasus bullying dari tahun ke tahun membuat kasus ini bisa disebut sebagai salah satu masalah sosial di Indonesia. Hal ini dikarenakan perilaku bullying membawa banyak dampak negatif bagi seluruh pihak yang terlibat, terutama korbannya. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak bullying yang dirasakan korban dapat menghambat berbagai aspek perkembangan remaja yang menjadi target bullying. Penelitian ini menunjukkan dampak bullying pada kemampuan remaja korban bullying dalam menguasai tugas perkembangannya. Subjek penelitian terdiri dari dua orang siswi kelas XI SMK Pariwisata Telkom Bandung yang menjadi korban bullying verbal dan relasional. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam serta observasi non-partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying mempengaruhi tugas perkembangan remaja korban bullying, namun terdapat faktor yang dapat menghambat dampak tersebut, yaitu dukungan sosial dan strategi coping. Maka dari itu, diperlukan sebuah program anti-bullying yang melibatkan kerja sama antara guru, orang tua, dan siswa dalam menciptakan lingkungan yang suportif sehingga korban merasa nyaman untuk mencari bantuan kepada lingkungannya.

Kata Kunci


Bullying. Tugas perkembangan remaja. Dukungan sosial. Strategi Coping.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M., & Asrori, M. (2004). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ariesto, A. 2009.Pelaksanaan Program Antibullying Teacher Empowerment. Dikutip pada tanggal 12 Juni 2017, dari http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/123656-SK%20006%2009%20Ari%20p%20-%20Pelaksanaan%20program-Literatur.pdf

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Development Psychology: A Life-Span Approach---5th Ed. United State: McGraw-Hil, Inc.

Schulenberg, J. E., Bryant, A. L., & O’Malley, P. M. (2004). Taking Hold of Some Kind of Life: How Developmental Tasks Relate to Trajectories of Well-Being During The Transition to Adulthood. Development and Psychopathology, 16, 1119-1140

https://news.detik.com/berita/d-3581618/selain-dibully-siswi-sma-bunuh-diri-di-riau-alami-tekanan-fisik dikutip pada 2 Agustus 2017).




DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20502

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)