POLA ASUH ORANG TUA DAN KENAKALAN REMAJA

Adristinindya Citra Nur Utami, Santoso Tri Raharjo

Abstrak


Di era ini, kenakalan remaja sudah sangat sering terjadi. Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar norma aturan dan tata hukum masyarakat yang di lakukan pada usia remaja atau transisi dari masa anak-anak ke dewasa. Perilaku yang menyimpang dari norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja merupakan problema yang sering terjadi pada remaja baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Jika tidak ditangani dengan baik, kenakalan remaja dapat berubah menjadi perilaku criminal dan dapat membawa remaja tersebut ke dalam penjara. Bila ditelusuri secara mendalam perkembangan kejahatan remaja banyak di pengaruhi dari kehidupan keluarga dan masyarakat. Keluarga memiliki peranan penting dalam mencegah kenakalan remaja. Salah satu cara yang dapat dilakukan keluarga untuk mencegah kenakalan remaja adalah dengan menggunakan pola asuh yang tepat. Pola asuh yang digunakan oleh orang tua memberikan pengaruh pada perilaku anak. Menurut hasil assessment di LPKA Sukamiskin, Bandung, ditemukan keterkaitan atau pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kenakalan dan perilaku criminal yang dilakukan oleh remaja.

 

 

ABSTRACT

In this era, juvenile delinquency is very common. Juvenile delinquency is an act that violates the norms and rules of law of society that are done in adolescence or the transition from childhood to adulthood. Behavior that deviates from criminal law norms committed by adolescents is a problem that often occurs in adolescents both in the family, school, and society. If not handled properly, juvenile delinquency can turn into criminal behavior and can bring the teenager into prison. When traced in depth the development of juvenile crime is influenced by family life and society. Family has an important role in preventing juvenile delinquency. One way that families can do to prevent juvenile delinquency is to use proper parenting. Parenting is used by parents to influence children's behavior. According to the results of the assessment at Sukamiskin LPKA, Bandung, it was found that the relationship between parents' parenting and delinquency behavior was carried out by teenagers.


Kata Kunci


pola asuh, orang tua, remaja, kenakalan, criminal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adawiah, R. (2017). POLA ASUH ORANG TUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 7, Nomor 1, Mei 2017, 33-48.

Agustiawati, I. (2014). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung. repository.upi.edu, 10-37.

Ayun, Q. (2017). POLA ASUH ORANG TUA DAN METODE PENGASUHAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK. Vol. 5 No.1. IAIN Salatiga, Jawa Tengah.

Bakri, Z. (2013, Agustus 19). GAMBARAN POLA ASUH ORANG TUA TENTANG KEJADIAN KRIMINAL PADA REMAJA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I MAKASSAR.

Della. (2012, Juni 14). COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA YANG MENGALAMI DISTRES PSIKOLOGIS.

digilib.uinsby. (n.d.). Retrieved from digilib.uinsby.ac.id: http://digilib.uinsby.ac.id/1883/5/Bab%202.pdf

eprints.uny. (n.d.). Retrieved from eprints.uny.ac.id: https://eprints.uny.ac.id/7679/3/bab%202%20-%2005103241021.pdf

Eriza, D. (2018, Juli 11). PERANAN PETUGAS LPKA (LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK) KLAS II BANDAR LAMPUNG DALAM PEMBINAAN ANAK DIDIK TINDAK PIDANA KRIMINAL.

etheses.uin-malang. (n.d.). Retrieved from etheses.uin-malang.ac.id: http://etheses.uin-malang.ac.id/1713/5/06410033_Bab_2.pdf

Hidayati, N. O. (2009, Juli 17). PENGARUH EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (EFT) TERHADAP PENINGKATAN HARGA DIRI NARAPIDANA PEREMPUAN DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN KELAS IIA BOGOR.

Hidayati, N. O., Hamid, Y. A., & Hariyati, T. S. (2011). PENGARUH EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (EFT)TERHADAP PENINGKATAN HARGA DIRI NARAPIDANA PEREMPUAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA BOGOR. Jurnal Unpad Vol.13 No.2, 1-2.

IAIN Tulungagung. (n.d.). Retrieved from repo.iain-tulungagung: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6194/5/BAB%202.pdf

Khairi, A. M., Fadillah, F., & Triyono. (2017). COGNITIVE RESTRUCTURING SEBAGAI UPAYA PREVENTIF BUNUH DIRI SISWA DI SEKOLAH. PROCEEDING SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL REVITALISASI LABORATORIUM DAN JURNAL ILMIAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KKNI (pp. 10-19). Malang: IAIN Surakarta.

Marlina, I. (2014, April 7). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS V SD SE-GUGUS II KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA.

Putra, R. S. (2016). KRIMINALITAS DI KALANGAN REMAJA (STUDI TERHADAP REMAJA PELAKU PENCABULAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS II B PEKANBARU). JOM FISIP Vol. 3 No. 1 – Februari 2016, 1-14.

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 25-32.

repository.radenintan. (n.d.). Retrieved from repository.radenintan.ac.id: http://repository.radenintan.ac.id/1669/5/Bab_II.pdf

Unayah, N., & Sabarisman, M. (2015, 9 Juni). FENOMENA KENAKALAN REMAJA DAN KRIMINALITAS. pp. 121-140.




DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v4i1.22831

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)