PERAN MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN DESA MELALUI PERSPEKTIF COMMUNITY DEVELOPMENT
Abstrak
ABSTRAK
Desa memiliki berbagai potensi yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mahasiswa dapat mempengaruhi dan menjadi penggerak dalam masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilannya. Mahasiswa dapat ikut berkontribusi dalam upaya melakukan perubahan dengan mewujudkan desa yang mampu menggali potensi akan sumber daya yang dimilikinya melalui pengembangan desa dan pemberdayaan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran mahasiswa dalam upaya pembangunan desa, khususnya melalui perspektif community development. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif jenis studi literatur atau studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan mahasiswa dapat berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan penerapan metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Dalam konteks community development, KKN memungkinkan mahasiswa untuk menerapkan pendekatan yang berpusat pada masyarakat dalam merencanakan dan melaksanakan program-program pengembangan desa. Mahasiswa dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah, merumuskan solusi bersama dengan masyarakat, dan melibatkan mereka secara aktif dalam setiap tahap.
Kata kunci: Mahasiswa, Pembangunan Desa, Pengembangan Masyarakat
ABSTRACT
Villages have various potentials that need to be developed to improve the welfare of the community. Students can influence and become a driving force in society with their knowledge and skills. Students can contribute to efforts to make changes by realizing villages that are able to explore the potential of their resources through village development and community empowerment. The purpose of this research is to find out how the role of students in village development efforts, especially through the perspective of community development. The method used in this research is using qualitative research type of literature study or literature study. The results showed that students can play a role in the development and empowerment of rural communities through community service activities (KKN) by applying the Participatory Rural Appraisal (PRA) method. In the context of community development, KKN allows students to apply a community-centered approach in planning and implementing village development programs. Students can assist in identifying problems, formulating solutions together with the community, and involving them actively in every stage of development.
Key word: Students, Rural Development, Community Development
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anwar, S. M., Goso, & Adil. (2017). KKN-PPM Penguatan Ekonomi Desa melalui BUMDES. Resona Jurnal Penelitian Ilmiah Masyarakat.
Bawono, I. R. (2019). Optimalisasi potensi desa di Indonesia. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Chambers, R. (1994). The origins and practice of participatory rural appraisal. World Development .
Hayat, S., Sugianto, S., & Bunyamin, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat dengan Menerapkan Metode Pra (Participatory Rural Appraisal) melalui Aspek Teknologi, Sosial dan Keagamaan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG. , 165-182.
Hidayat, N., & Purnami, S. (2018). MODEL KULIAH KERJA NYATA (KKN) INTEGRATIF INTERKONEKTIF BERBASIS PADA PENGEMBANGAN MASYARAKAT YANG PRODUKTIF INOVATIF DAN KREATIF. PANANGKARAN, Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat, 219-238.
Muhsin, A., Nafisa, L., & Siswanti, Y. (2018). Participatory Rural Appraisal (PRA) for Corporate Social Responsibility (CSR). Deepublish.
Riyanti, C., & Raharjo, S. T. (2021). ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT DALAM PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR). Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3, 115-126.
Subekti, P., Setianti, Y., & Hafiar, H. (2018). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP DI DESA MARGALAKSANA KABUPATEN BANDUNG BARAT. KAWISTARA, 148-159.
Sutanto, R. W. (2019). PENGEMBANGAN MASYARAKAT BERBASIS MASJID (Studi Kasus Masjid Nurul Islam Islamic Center Kota Bekasi). Spektra, 1, 75-87.
Triyono, A. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Community Development Program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) Pt. Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap. KomuniTi, 111-121.
DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v6i1.49129
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di: