ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PROGRAM TJSL LENTERA JIWA PT PERTAMINA PATRA NIAGA FUEL TERMINAL BANDUNG
Abstrak
Permasalahan mengenai Orang dengan Gangguan Jiwa merupakan salah satu masalah yang terus berkembang di Indonesia. Dalam merespon masalah ini ada banyak pihak yang turun tangan termasuk dari sektor swasta melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau banyak dikenal CSR (Corporate Social and Responsibility), salah satunya yaitu PT Pertamina Patra Niaga FT Bandung yang menginisasi Program Lentera Jiwa untuk merespon masalah ODGJ di Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melakukan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat pada Program Lentera Jiwa PT Pertamina Patra Niaga FT Bandung tersebut. Survei Indeks Kepuasan Masyarakat pada Program Lentera Jiwa ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa kuisioner dengan wawancara tatap muka dan diskusi kelompok terfokus. Kuisioner Survei Indeks Kepuasan Masyarakat ini terdiri dari 5 aspek pengukuran, mulai dari aspek perencanan, aspek pendanaan, aspek pendampingan, aspek pelaksaan program, dan aspek keberlanjutan program. Pengukuran dalam kuisioner ini menggunakan skala likert. Populasi dalam survei ini yaitu kelompok penerima manfaat Program Lentera Jiwa. Teknik sampling yang digunakan yaitu berupa total sampling. Pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tahapan editing, coding, tabulasi, dan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat. Hasil analisis survei Indeks Kepuasan Masyarakat pada Program Lentera Jiwa memiliki total skor mutu sebesar 3,48 dan nilai kinerja 87,04. Nilai ini menunjukkan nilai mutu pelayanan kategori B dengan kinerja unit pelayanan berada pada kategori “Baik”. Berdasarkan nilai tersebut, maka secara umum penerima manfaat merasa sangat puas dengan kinerja mutu pelayanan program Lentera Jiwa.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Achmad, W. (2023). Pemetaan Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Dinamika Program Pemberdayaan di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4367-4380.
Aqil, M., Kohar, W., Shiddiq, M., & Muhammad, H. (2023). From Good to Evil: Implikasi Bullying Terhadap Psikis Arthur (Main Character dalam Film Joker Karya Tood Philips). Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 14(01), 51-61.
Arrobi, T. F. (2023). Peran Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Dalam Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Bahri, Syamsul. (2021). Studi Literatur tentang Perawatan Pada Penderita Gangguan Jiwa Berat. Skripsi Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gombong.
Hadiansyah, A., & Machmud, A. (2023). Strategi Penanganan Kesehatan Mental dalam Dampak Pernikahan Dini. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 7(3), 347-356.
Humaedi, S., Santoso, M. B., & Ismail, L. H. (2021). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Kualitas Pelayanan Program Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Rosella PT Bukit Asam, Tbk. (PTBA). Share: Social Work Journal, 11(1), 62-73. DOI: 10.24198/share.v11i1.34207
Husna, S., & Syukri, A. (2014). Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) International Organization for Standardization. (2010). ISO 26000: Guidance on Social Responsibility.
Idaiani, S., & Riyadi, E. I. (2018). Sistem Kesehatan Jiwa di Indonesia: Tantangan untuk Memenuhi Kebutuhan Mental Health System in Indonesia : A Challenge to Meet The Needs. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 2(2), 70–80.
Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.
Leorna, V. (2021). Kolaborasi Antar Stakeholder Dalam Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Yang Berkeliaran Di Kota Bandar Lampung (Studi Kerjasama Dinas Sosial dan Satuan Polisi Pamong Praja).
Lestari, W., & Wardhani, Y. F. (2014). Stigma dan penanganan penderita gangguan jiwa berat yang dipasung (Stigma and management on people with severe mental disorders with “Pasung”(physical restraint)). Buletin penelitian sistem kesehatan, 17(2), 157-166.
Malikah, M. (2024). Optimalisasi Mental Health Mahasiswa dalam Konteks Pendidikan Islam: Tinjauan Literatur terhadap Pendekatan Holistik. Journal of Education Research, 5(3), 2555-2564.
Munira, dkk. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 dalam Angka. Jakarta: Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan.
Mustajir, dkk. (2023). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Program Wisata Konservasi Penyu PT Gag Nikel. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 6(1), 1-20. DOI: 10.24198/focus.v6i1.48882
Nurjanah, A., Makkiyah, S. N. N., & Apriliani, R. (2024). Strengthening the PCA organization's awareness of the importance of mental health. Community Empowerment, 9(7).
Oemar, Usailan, and Zulpaidah Zulpaidah. "Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada PT. Kirana Musi Persada." Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 6, no. 1, 2016, pp. 90-100, doi:10.32502/jimn.v6i1.1525.
Pramestuti, N. A., & Poerwandari, E. K. (2022). Prevalensi Gangguan Mental dan Layanan Kesehatan Mental Forensik dalam Sistem Peradilan (Sebuah Tinjauan Literatur). Journal Psikologi Forensik Indonesia, 2(1).
Schreiber, James & Kimberly Asner-Self. (2011). Educational Research: The Interrelationship of Questions, Sampling, Design, and Analysis. Hoboken NJ: John Wiley & Son.
Setyabudi, R.G. (2017). Analisis Strategi Promosi Kesehatan Dalam Rangka Meningkatkan Kesadaran Hidup Sehat Oleh Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. RM. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
Sutowo. (2013). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dan Manfaat Ekonomi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Chevron Geothermal Salak, Ltd. Bidang Ekonomi di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. IPB Repsitory. Diakses melalui https://repository.ipb.ac.id/handle/1234 56789/64733
Widodo, W. E., Cholidah, S. N., Isnaeni, A. P., Wibowo, K. T., & Abriandi, E. (2019). Mengukur Kepuasan Masyarakat Pada Program CSR di Desa Kertajaya: Sebuah Analisis Menggunakan Metode Sustainability Compass. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 3(1), 29-52. doi:10.14421/jpm.2019.031-0
Peraturan Hukum
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas
Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas
Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25/KEP/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v7i1.57880
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di: