PERAN KEMITRAAN DALAM PROGRAM CSR SEMAMBU SEGAR PT PERTAMINA PATRA NIAGA IT PALEMBANG UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Fauziah Hanum, Budi Yulianto, Muhammad Febrian Islami

Abstrak


Program Corporate Social Responsibility (CSR) Semambu Segar PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal (IT) Palembang memainkan peran penting dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bantuk kemitraan, faktor-faktor yang memengaruhi kemitraan, efektivitas program CSR, serta kontribusi kemitraan terhadap CSR dalam proses pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini dilakukan di wilayah implementasi program CSR Semambu Segar Pertamina Patra Niaga IT Palembang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa PT Pertamina Patra Niaga IT Palembang melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, dan perusahaan swasta untuk pemberdayaan masyarakat. Kemitraan multi-sektor menjadi kunci utama dalam meningkatkan efektivitas dan keberlanjutan program pemberdayan masyarakat melalui CSR Semambu Segar Pertamina Patra Niaga IT Palembang. Kolaborasi yang erat antara multi-stakeholders harus terus dijaga bahkan diperluas cakupannya guna memperkuat dampak pemberdayaan masyarakat dari program CSR tersebut.

 

The Semambu Segar Corporate Social Responsibility (CSR) program of PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal (IT) Palembang plays an essential role in community empowerment. This study aims to examine the forms of partnership, the factors influencing such partnerships, the effectiveness of the CSR program, and the contribution of partnerships to CSR in the community empowerment process. The research was conducted in the implementation area of the Semambu Segar CSR program of Pertamina Patra Niaga IT Palembang. A qualitative research approach was employed, utilizing literature review as the primary data collection method. The results indicate that PT Pertamina Patra Niaga IT Palembang engages multiple stakeholders, including local governments and private enterprises, in supporting community empowerment. Multi-sector partnerships are identified as a key determinant of the program’s effectiveness and sustainability. Sustained and expanded collaboration among stakeholders is therefore crucial to strengthening the community empowerment outcomes of the CSR program.


Kata Kunci


Kemitraan; Multi-sektor; Corporate Social Responsibility; Pemberdayaan Masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, N. P., Wibowo, A., dan Widiyanto. (2024). Faktor pendukung dan faktor penghambat pemberdayaan masyarakat Desa Kaliboto oleh Kaliboto Green Institute melalui program integrated farming system dalam pencapaian SDG’s. Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series, 2(1), 28–39. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.

Ambadar, J. (2008). Corporate social responsibility dalam praktik di Indonesia (Edisi ke-1). Elex Media Computindo.

Amerieska, S., dan Nurhidayah. (2014). Analisis faktor‑faktor yang mempengaruhi kinerja kemitraan bisnis PT PLN (Studi kasus pada kemitraan PT PLN dengan AKLI Wilayah Kota Malang). Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 3(2).

Chen. W.T., Tung-Tsan, C. 2007. Critical Succes Factors (CSFs) for Construction Partening in Taiwan. International Journal of Project Management. Elsevier Science www.sciencedirect.com.

Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darwis, Junaid, I. (2016) Kemitraan sebagai strategi pengembangan industri pariwisata dan hospitaliti. Jurnal Kepariwisataan, 10 (1). 01-13.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Ilir. (2025). Sidesi – Dashboard Simpatik Desa 132. Diakses pada 20 Juni 2025 dari https://sidesi.oganilirkab.go.id/dashboard_simpatik/desa/132.

Fox, T., Ward, H., Howard, B. (2002). Public Sector Roles in Strengthening Corporate Social Responsibility: A Baseline Study. The World Bank.

Galilei, K. J., & Sumarlan, I. (2024). Analisis keberhasilan penerapan program CSR (Corporate Social Responsibility) pada PT Madubaru: Studi kasus tahun 2019 sampai 2024. Syntax Literate, 9(10), 5687–5695

Harlyandra, Y., Kafaa, K.A. (2021) Kolaborasi Multi-Stakeholders pada praktik Corporate Social Responsibility dalam Penanganan Sampah di Desa Pengarengan Kabupaten Cirebon. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial. 6(1). 54-68.

Jumadiah, J., Manfarisyah, M., Satro, M., & Herinawati, H. (2018). Penerapan prinsip corporate social responsibility di Provinsi Aceh. Unimal Press.

Kafaa, K. A. (2019). Social capital and multi-stakeholders cooperation as a foundation of corporate social responsibility. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 3(3), 365-381. https://doi.org/https://doi.org/10.24034/j25485024.y2019.v3.i3.4158

Kasmad, M., Suyanto, B. (2021). Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat: Studi Kasus Program CSR di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 24(2), 123-136. https://doi.org/10.22146/jsp.12346.

Keraf, A.S. (2010) Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Kompas.

Kharis, A., Hasan, S. (2020). Modal Kemitraan Perguruan Tinggi-Perusahaan dan Pemerintah dalam Bingkai Corporate Social Responsibility. Komunitas: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam.

Laelasari, A. R., Nuraini, C., dan Rofatin, B. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemitraan petani teh rakyat pada CV Pusaka Prima di Kecamatan Bojonggambir. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(2), 994–1009. https://j-innovative.org/index.php/.

Loany, H. A. M., dan Murdiyanto. (2021). Hubungan efektivitas program corporate social responsibility dengan tingkat keberdayaan masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 5(2), 123–134.

Mason, P. (2003) Tourism impacts, planning and management. Burlington: Butterworth- Heinemann.

Marianne, I (2020) Peran Pemerintah dalam Pemberdayaan Perempuan Melalui Corporate Social Responsibility. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi. 11(1). 1-15.

Pratiwi, R., dan Mayrita, H. (2023). The influence of reading interest on the ability of writing exposition texts of high school students. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5(3), 420–432.

Rahman, R. (2009) Corporate Social Responsibility: Antara Teori dan Kenyataan. Yogyakarta: MedPress.

Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 106.

Suirlan, R. (2024). Transformasi Sosial melalui CSR: dalam Pemberdayaan Masyarakat Tambang. Penerbit Adab.

Tewu, M. L. D. (2019). How to develop corporations in Indonesia, especially in the region. UKI Press.

Zed, M. (2008) Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v8i1.65359

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)