PENGARUH TINGGI MUKA AIR TANAH DAN GETARAN KENDARAAN TERHADAP KESTABILAN LERENG (STUDI KASUS LERENG SPILLWAY PROYEK BENDUNGAN CIAWI, KECAMATAN CISARUA, KABUPATEN BOGOR)
Abstrak
Bendungan kering Ciawi merupakan proyek yang dikerjakan pemerintah Indonesia dalam rangka menanggulangi masalah
banjir DKI Jakarta. Proyek ini secara administratif berada di kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Pada proyek bendungan
ini terdapat saluran pelimpah atau spillway dengan lereng cukup besar, lereng ini dijadikan fokus penelitian. Pada lereng bagian
spillway bendungan dilakukan analisis kestabilan lereng dengan pengaruh tinggi muka air tanah dan getaran kendaraan. Hal ini
dilakukan untuk mengetahui pengaruh tinggi muka air tanah dan beban getaran kendaaran terhadap kestabilan lereng, sehingga
dapat diketahui kapan lereng akan kritis atau tidak stabil ketika tinggi muka air tanah berubah-ubah. Data penelitian diperoleh
dari pihak PT Brantas Abipraya. Setelah data diperoleh dilakukan analisis kestabilan lereng dengan metode Morgenstern-Price
dengan bantuan software Geoslope. Simulasi dilakukan dengan pengaruh beberapa tinggi muka air tanah dan beban getaran
kendaraan. Tinggi MAT tentu mempengaruhi kestabilan lereng. Semakin tinggi atau dangkal MAT maka nilai FK akan semakin
turun dan begitupula dengan getaran kendaraan.
Kata Kunci : Faktor keamanan, muka air tanah, getaran kendaraan.
banjir DKI Jakarta. Proyek ini secara administratif berada di kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Pada proyek bendungan
ini terdapat saluran pelimpah atau spillway dengan lereng cukup besar, lereng ini dijadikan fokus penelitian. Pada lereng bagian
spillway bendungan dilakukan analisis kestabilan lereng dengan pengaruh tinggi muka air tanah dan getaran kendaraan. Hal ini
dilakukan untuk mengetahui pengaruh tinggi muka air tanah dan beban getaran kendaaran terhadap kestabilan lereng, sehingga
dapat diketahui kapan lereng akan kritis atau tidak stabil ketika tinggi muka air tanah berubah-ubah. Data penelitian diperoleh
dari pihak PT Brantas Abipraya. Setelah data diperoleh dilakukan analisis kestabilan lereng dengan metode Morgenstern-Price
dengan bantuan software Geoslope. Simulasi dilakukan dengan pengaruh beberapa tinggi muka air tanah dan beban getaran
kendaraan. Tinggi MAT tentu mempengaruhi kestabilan lereng. Semakin tinggi atau dangkal MAT maka nilai FK akan semakin
turun dan begitupula dengan getaran kendaraan.
Kata Kunci : Faktor keamanan, muka air tanah, getaran kendaraan.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24198/pgj.v5i6.38388
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
PUBLISHED BY
FACULTY OF GEOLOGICAL ENGINEERING
UNIVERSITAS PADJADJARAN
SUMEDANG
INDONESIA
Dean's Building 2nd Floor
Ir. Soekarno ROAD, KM 21
Jatinangor, Sumedang 45363
West Java