EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI MASA PERALIHAN LAYANAN TAHUN 2021 DI KOTA BANDUNG
Abstrak
The population document is an important document for Bandung’s people that is used in the process of development of the region and people's lives, so the Department of Population and Civil Registration of Bandung must provide the best service despite the service changes caused by the service transition (to the centered SIAK). The purpose of this thesis is to describe and analyze the effectiveness of population administration services in the Department of Population and Civil Registration of Bandung during the transition period by using Duncan's effectiveness theory, which is reviewed from achieving goals, integration, and adaptation. The research methods used are qualitative methods with a descriptive approach. Based on research, the effectiveness of the population administration services of the Department of Population and Civil Registration of Bandung in 2021 on achieving goals review increased from the previous year. On the integration and adaptation review, it was well executed. However, there are still queues and online service problems. Therefore, its information technology facilities and infrastructure must be improved.
Dokumen Kependudukan merupakan dokumen penting bagi masyarakat Kota Bandung yang digunakan dalam proses pembangunan daerah dan proses kehidupan masyarakat, sehingga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung harus memberikan pelayanan terbaik meskipun ada perubahan layanan akibat peralihan layanan ke Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung pada masa peralihan layanan menggunakan teori efektivitas menurut Duncan yang meninjau efektivitas dari pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, efektivitas pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung tahun 2021 pada tinjauan pencapaian tujuan meningkat dari tahun sebelumnya. Pada tinjauan integrasi dan adaptasi, sudah dilaksanakan dengan baik. Namun, masih terdapat kendala antrean dan layanan online. Sehingga, perlu ditingkatkan sarana dan prasarana teknologi informasinya.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. Makassar: Nas Media Pustaka.
Elkesaki, R. A., Oktaviani R. D., Setyaherlambang M. P. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kota Bandung. Jurnal Caraka Prabu, 5(1), 69-90.
https://www.bandung.go.id/news/read/5847/migrasi-menuju-siak-terpusat- disdukcapil-kota-bandung-hentikan-sementara-layanan-online Diakses pada 17 April 2022 pukul 01.23 WIB.
https://disdukcapil.bandung.go.id/ Diakses pada 9 September 2021 pukul 15.12 WIB.
https://facebook.com/disdukcapilbdg Diakses pada 22 Juni 20.24 WIB.
https://instagram.com/disukcapilbdg Diakses pada 17 April 2022 pukul 19.01 WIB.
https://twitter.com/disdukcapilbdg Diakses pada 22 Juni 2022 pukul 21.03 WIB.
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung Tahun 2021.
Nashar, H. (2020). Kualitas Pelayanan Akan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Pamekasan: Duta Media Publishing.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Pohan, C. A. (2021). Kebijakan dan Administrasi Perpajakan Daerah di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sabilla, F. D. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan E-Spasi Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bandung (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS). Diakses melalui http://repository.unpas.ac.id/53368/
Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. Jambi: PUSAKA Jambi.
Sellang, K. (2016). Administrasi dan Pelayanan Publik: Antara Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v2i2.45169
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.