EFEKTIVITAS PENERAPAN LAYANAN E-SAMSAT OLEH BAPENDA PROVINSI JAWA BARAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN MASYARAKAT MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA BANDUNG

Syahla Adistya Maghfira, Novie Indrawati Sagita, Jajang Sutisna

Abstrak


This research was conducted at the Office of the Regional Revenue Agency of West Java Province as well as the Kawaluyaan Samsat II Office with the aim of analyzing and describing the effectiveness of implementing e-Samsat services carried out by Bapenda West Java in an effort to increase public compliance in paying Motor Vehicle Tax in Bandung City based on aspects of achievement purpose, integration, adaptation and tax socialization strategy. The method used in this study is a qualitative method with a descriptive approach. The data collection technique used was literature study and field study consisting of observation, interviews and documentation, then supported by a SWOT analysis. The results of the study show that the implementation of the e-Samsat service carried out by the Bapenda of West Java Province has not had an effect on increasing public compliance in paying Motor Vehicle Tax because there are still several obstacles such as the socialization carried out is not enough to upload public awareness to start paying Motor Vehicle Tax through e-Samsat even though the use of social media is quite optimal, the network is unstable and the system is considered less practical. The conclusion from this study is that the West Java Bapenda in carrying out the implementation of e-Samsat services through socialization to increase Bandung City Taxpayer compliance in paying Motor Vehicle Taxes is said to have not been implemented effectively enough because the number of Taxpayers paying through e-Samsat services is still below 2% . Suggestions that can be submitted are to cooperate with regional officials to participate in carrying out socialization directly to the community so that socialization is carried out continuously as well as eliminating manual validation procedures, namely the exchange of struck payments to the Samsat Office for validation of STNK.

 

Penelitian ini dilakukan di Kantor Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat serta Kantor Samsat II Kawaluyaan dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan keefektivitasan penerapan layanan e-Samsat yang dilakukan oleh Bapenda Jawa Barat dalam upaya untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Bandung berdasarkan aspek pencapaian tujuan, integrasi, adaptasi dan strategi sosialisasi perpajakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian didukung dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan layanan e-Samsat yang dilakukan oleh Bapenda Provinsi Jawa Barat belum berpengaruh untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat membayar Pajak Kendaraan Bermotor karena masih terdapat beberapa kendala seperti sosialisasi yang dilakukan tidak cukup mengunggah kesadaran masyarakat untuk mulai membayarkan Pajak Kendaraan Bermotor melalui e-Samsat walau penggunaan sosial media sudah cukup maksimal digunakan, jaringan yang tidak stabil serta sistem yang dianggap kurang praktis. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Bapenda Jawa Barat dalam melaksanakan penerapan layanan e-Samsat melalui sosialisasi untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat Wajib Pajak Kota Bandung dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor dikatakan belum cukup efektif dilaksanakan karena jumlah Wajib Pajak yang membayar melalui layanan e-Samsat masih dibawah 2%. Saran yang dapat diajukan yaitu bekerja sama dengan apparat kewilayahan untuk ikut serta melaksanakan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat agar sosialisasi terlaksana secara continyu serta menghilangkan prosedur validasi manual yaitu penukaran struck pembayaran ke Kantor Samsat untuk pengesahan STNK.

 


Kata Kunci


Efektivitas, E-Samsat, Kota Bandung

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v3i1.49057

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed on :