EFEKTIVITAS PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK MELALUI GERAI UNTUK LAYANAN ISTIMEWA METRO INDAH MALL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG TAHUN 2022
Abstrak
Child Identity Card is a legal identity document for a child who is less than 17 years
old and unmarried. The Population and Civil Registration Office of Bandung City seeks to
encourage people to have KIA by bringing services closer to the community by opening
Special Service Outlet (Geulis) at Metro Indah Mall for the east bandung people. The purpose
of this study is to examine the extent to which the effectiveness of KIA issuance through Geulis
Metro Indah Mall by Population and Civil Registry Office of Bandung City in 2022 is seen
based on aspects of target accuracy, socialization, objectives, and monitoring.
This research is supported by SWOT identification, namely strength, weakness,
opportunity and threat factors. This research uses descriptive research methods with a
qualitative approach and data collection techniques by means of interviews, observation,
documentation and literature study.
The result showed that the issuance of KIA at Geulis Metro Indah Mall based on the
effectiveness measures of the aspects of target accuracy, socialization, objectives, and
monitoring not been fully carried out properly by the Population and Civil Registry Office of
Bandung City as well because it was able to facilitate the east bandung people. In its
implementation, there are still several obstacles in its implementation, such as many people
who do not know about this innovation because the socialization has not been conveyed
properly and the lack of direct program monitoring so that there are still system disruptions
that have not been resolved. This needs to be improved again so that the implementation can
be more optimal.
Kartu Identitas Anak merupakan dokumen kependudukan yang berbentuk identitas
resmi anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah. Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Bandung berupaya mendorong masyarakat memiliki KIA dengan
mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan membuka Gerai Untuk Layanan
Istimewa (Geulis) Metro Indah Mall untuk masyarakat bandung timur. Tujuan dari penelitian
ini yaitu untuk mengkaji sejauh mana efektivitas penerbitan KIA melalui Geulis Metro Indah
Mall pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung tahun 2022 yang dilihat berdasarkan aspek ketepatan sasaran, sosialisasi, tujuan, dan pemantauan.
Penelitian ini didukung dengan identifikasi SWOT yakni faktor kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat
deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerbitan KIA di Geulis Metro Indah Mall
berdasarkan ukuran efektivitas aspek ketepatan sasaran, sosialisasi, tujuan, dan pemantauan
belum sepenuhnya dilakukan dengan baik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota
Bandung namun telah mampu memudahkan masyarakat setempat. Pada pelaksanaanya masih
terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya yaitu banyak masyarakat yang tidak
mengetahui inovasi ini karena sosialisasi belum tersampaikan dengan baik serta minimnya
pemantauan program secara langsung sehingga masih terdapat gangguan sistem yang belum
teratasi. Hal tersebut perlu ditingkatkan kembali agar pelaksanaanya dapat lebih optimal.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku
Bormasa, M. F. (2022). Kepemimpinan dan
Efektivitas Kerja. Banyumas: Pena
Persada.
Keban, Y. T. (2014). Enam Dimensi
Strategis Administrasi Publik
Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta:
Gava Media.
Labolo, M. (2014). Memahami Ilmu
Pemerintahan: Suatu Kajian, Teori,
Konsep, dan Pengembangannya.
Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Ndraha, T. (2011). Kybernology : Ilmu
Pemerintahan Baru 2. Jakarta:
Rineka Cipta.
Rangkuti, F. (2006). Analisis Swot Teknik
Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Rohayatin, T. (2021). Dasar-Dasar Ilmu
Pemerintahan. Yogyakarta:
Deepublish.
Sinambela, L. P. dkk (2011). Reformasi
Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi
Aksara.
Sipahutar, H. (2021). Efektivitas Inovasi
Kebijakan Pelayanan Publik di
Indonesia. Tanggerang: IndoCamp.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Syafiie, I. K. (2007). Pengantar Ilmu
Pemerintahan. Bandung: Refika
Aditama.
Syafiie, I. K. (2011). Sistem Administrasi
Negara Republik Indonesia.
Jakarta: Bumi Aksara.
Widi, R. K. (2018). Menggelorakan
Penelitian; Pengenalan dan
Penuntun Pelaksanaan Penelitian.
Yogyakarta: Deepublish.
Jurnal
Akmalia, N.F. (2019). Efektivitas Galeri
Pelayanan Administrasi
Kependudukan di Roxy Square
Dalam Percepatan Kepemilikan
Akta Kelahiran di Kabupaten
Jember Provinsi Jawa Timur .
Institut Pemerintahan Dalam
Negeri.
Anis, I., Usman, J., & Arfah, S. R. (2021).
Efektivitas Program Pelayanan
Kolaborasi Dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Gowa. E-Journal
UNIMUS, 2, 3, 1105–1116.
Nadeak, Marulam Yohannes &
Purnamasari, H. (2022). Efektivitas
Program Pelayanan Administrasi
Kependudukan Online di Masa
Pandemi Covid-19 di Kelurahan
Bahagia. Nusantara: Jurnal Ilmu
Pengetahuan Sosial, 9(8), 2996–
Skripsi
Rahmatika, A. N. (2019). Implementasi
Pelayanan Administrasi Kependudukan di Pusat
Perbelanjaan dalam Meningkatkan
Kualitas Pelayanan Terhadap
Masyarakat : Studi Deskriptif pada
Kantor Cabang Dinas
Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kota Bogor di Pusat
Perbelanjaan Bogor Trade Mall.
Universitas Pendidikan Indonesia.
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 25 Tahun 2009 tentang
Pelayanan Publik
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 24 Tahun 2013 tentang
Perubahan atas Undang-Undang
Nomor 23 Tahun 2006 tentang
Administrasi Kependudukan
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 30 Tahun 2014 tentang
Administrasi Pemerintahan
Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 2
Tahun 2016 tentang Kartu Identitas
Anak
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara dan Reformasi Birokrasi
Nomor 91 Tahun 2021 tentang
Pembinaan Inovasi Pelayanan
Publik
Keputusan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara Nomor 63 Tahun
tentang Pedoman Umum
Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Perarturan Daerah Kota Bandung Nomor 04
Tahun 2015 tentang perubahan atas
Peraturan Daerah Kota Bandung
Nomor 08 Tahun 2012 tentang
Penyelenggaraan Administrasi
Kependudukan
Rencana Strategis Dinas Kependudukan
dan Pencatatan Sipil Kota Bandung
-2023
DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v4i1.52872
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.