Efektivitas Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) dalam Penginputan Data Pegawai Negeri Sipil Dinas Perhubungan Kota Bandung Tahun 2021

Angela Apulliza, Rahman Mulyawan, Agus Taryana

Abstrak


The use of the Personnel Management Information System (SIMPEG) application is one
of the objectives of the form of administering personnel administration and delivering
information to employees at the agency concerned. The use of the SIMPEG application
was established by the Bandung City Personnel and Human Resources Development
Agency (BKPSDM) which aims to make it easier for employees to process information
data related to staffing which is enforced at the Bandung City Transportation Service
(DISHUB). The existence of this research aims to find out how the results of the analysis
of the Effectiveness of Using the SIMPEG Application in Entering Civil Servant Data
atthe Bandung City Transportation Service. This study uses an indicator of effectiveness
according to Sutrisno (2007) in whichthere are fivepoints, namely Program
Understanding, Right Target, Timely, Goal Achievementand Real Change. This research
was conducted using qualitative research using descriptive methods, and the data
collection used by researchers was library research and field studies which included
interviews, observation, anddocumentation. From the results of this study it is known that
the effectiveness of SIMPEG application users in inputting PNS data forthe Bandung City
Department of Transportation indicates that it has been used in the Bandung City
Transportation Service but is not effective, because the average employee at the
Transportation Service is mostly over 45 years old so that employees there tends to be
less understanding of the use of technology. So that there are several indicators that are
not optimal, including the lack of understanding of employees about the application, the
processis not right, and the goals have not been achieved. Furthermore, based on the
results of the researchas a whole, an increase in employee performance can be carried
out by holding outreach and technical guidance in implementingthe SIMPEG application.

 

Penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) merupakan
salah satu tujuan dari bentuk penyelenggaraan administrasi kepegawaian dan
penyampaian informasi bagi pegawai pada instansi yang bersangkutan. Penggunaan
aplikasi SIMPEG tersebut dibentuk oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber
Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bandung yang bertujuan untuk mempermudah pegawai
untuk mengolah data informasi yang bersangkutan dengan kepegawaian yang
diberlakukan di Dinas Perhubungan Kota Bandung (DISHUB). Adanya penelitian ini
yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari analisis Efektivitas Penggunaan
Aplikasi SIMPEG dalam Penginputan Data Pegawai Negeri Sipil di Dinas Perhubungan
Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan indikator ukuran efektivitas menurut Sutrisno
(2007) yang di dalamnya terdapat lima poin yaitu Pemahaman Program, Tepat Sasaran,
Tepat Waktu, Tercapainya Tujuan dan Perubahan Nyata.Penelitian ini dilakukan dengan
penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, dan pengambilan data yang digunakan
peneliti yaitu dengan studi pustaka dan studi lapangan yang di dalamnya yaitu dengan
metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa
efektivitas pengguna aplikasi SIMPEG dalam penginputan data PNS Dinas Perhubungan
Kota Bandung ini menunjukkan bahwa sudah digunakan di Dinas Perhubungan Kota
Bandung akan tetapi tidak efektif, karena rata-rata pegawai di Dinas Perhubungan ini
kebanyakan sudah berusia diatas 45 tahun sehingga pegawai disana cenderung kurang
paham akan penggunaan teknologi. Sehingga terdapat beberapa indikator yang belum
optimal, diantaranya kurang pahamnya pegawai terhadap aplikasi tersebut, pengerjaannya
pun belum tepat, dan belum tercapainya tujuan. Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian
secara keseluruhan dapat dilakukannya sebuah peningkatan kinerja pegawai dengan
mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis dalam penyelenggaraan aplikasi SIMPEG.


Kata Kunci


Dinas Perhubungan, Efektivitas, Kepegawaian, SIMPEG.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggara, S. (2016). Administrasi

Kepegawaian Negara. Bandung:

CV Pustaka Setia.

Asadiky, F. (2022). Efektivitas Sistem

Informasi Manajemen

Kepegawaian (SIMPEG) di

Badan Kepegawaian dan

Pengembangan Sumber Daya

Manusia Kabupaten Aceh

Tenggara. Jatinangor: IPDN.

Chandam, P. (2016). Sistem

Informasi Manajemen.

Mojokerto: Insan Global.

Natsir, R. (2018). Efektivitas Sistem

Informasi Manajemen

Kepegawaian Pendidikan dan

Pelatihan Daerah (BKPPD)

Kabupaten Toraja Utara.

Makassar: UniversitasHasanuddin.

Rangkuti, F. (2013). ANALISIS SWOT :

Teknik Membedah Kasus Bisnis.

PTGramedia Pustaka Utama,

Jakarta

Sahya, A. (2016). Administrasi

Kepegawaian Negara.

Bandung: CV PustakaSetia.

Siagian, S. P. (2008). Filsafat

Administrasi . Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Sutiyadi. (2017). Analisis Pengaruh

Sistem Informasi Manajemen

Berbasis Komputer,Pelatihan

dan Disiplin Kerja Terhadap

Kinerja Pegawai Pada Kantor

Pemerintahan Provinsi DKI

Jakarta. Jurnal Riset Manajemen

dan Bisni, 2(1)

Sutrisno, E. (2007). Budaya

Organisasi. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group

Rosalina, I. (2012). Efektivitas Program

Nasional Pemberdayaan

Masyarakat Mandiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman

Bergulir Di Desa Mantren Kec

Karangrejo Kabupaten

Madetaan. Efetivitas

Pemberdayaan Masyarakat,

(2).




DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v4i1.52873

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed on :