EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEPEMILIKAN DOKUMEN E-KTP DI KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG

Nabila Dwi Putri, Desi Yunita

Abstrak


Providing services to the community is the main goal in a government agency. One of
the services provided is the preparation of E-KTP documents. E-KTP is an update of
conventional KTP which is considered less effective in providing data validity. This E-KTP
document can only be owned by one person with one identity. Therefore, ownership of the E-
KTP document is very important to support people's lives. The purpose of this study is to find
out how effective the implementation of population administration services is in order to
increase ownership of E-KTP documents in Majalaya District, Bandung Regency. This study
uses the theory of effectiveness measurement from Emitai Etzioni who has a theory of empathy,
namely: adaptation, integration, member motivation, and production and uses a qualitative
research method with a descriptive approach. Data collection techniques used in this research
are field studies and literature studies. The results of the study show that the E-KTP service in
Majalaya District has been running effectively as indicated by the availability of adequate
facilities and the existence of human resources who are quick to adapt, but there are still
several obstacles in its implementation, namely the lack of successful outreach to the
community, the limited availability of blanks and the bad employee attitude. Suggestions from
the author are that Majalaya District needs to increase outreach to the community, and needs
to develop a program regarding E-KTP services to attract public interest in recording E-KTP.
In addition, Majalaya District needs to improve the quality of service by holding Bimtek or
training for its human resources to support maximum service.

 

Memberikan pelayanan kepada masyarakat merupakan tujuan utama dalam sebuah
instansi pemerintahan. Salah satu pelayanan yang diberikan yaitu pembuatan dokumen E-KTP.
E-KTP merupakan pembaruan dari KTP konvensional yang dinilai kurang efektif dalam
memberikan keabsahan data. Dokumen E-KTP ini hanya boleh dimiliki satu orang dalam satu
identitas. Maka dari itu, kepemilikan dokumen E-KTP sangatlah penting untuk menunjang
kehidupan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana
efektivitas penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan dalam rangka meningkatkan kepemilikan dokumen E-KTP di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung.
Penelitian ini menggunakan teori pengukuran efektivitas dari Emitai Etzioni yang memiliki
empat teori, yaitu: adaptasi, integrasi, motivasi anggota, dan produksi serta menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan studi lapangan dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan E-KTP di Kecamatan Majalaya sudah berjalan
efektif yang ditunjukkan dengan tersedianya sarana yang memadai serta adanya sumber daya
manusia yang cepat beradaptasi, namun masih terdapat beberapa kendala dalam
pelaksanaannya yaitu belum berhasilnya sosialisasi kepada masyarakat, terbatasnya
ketersediaan blangko dan masih adanya sikap pegawai yang kurang baik. Saran dari penulis
adalah Kecamatan Majalaya perlu meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat, serta perlu
mengembangkan program mengenai pelayanan E-KTP untuk menarik minat masyarakat dalam
melakukan perekaman E-KTP. Selain itu, Kecamatan Majalaya perlu meningkatkan kualitas
pelayanan dengan mengadakan Bimtek atau pun pelatihan bagi para SDMnya untuk menunjang
pelayanan yang maksimal.


Kata Kunci


Efektivitas, Layanan Publik, E-KTP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BUKU

Adiwilaga, R., Alfian, Y., & Rusdia, U.

(2018). Sistem Pemerintah Indonesia.

Yogyakarta: Deepublish.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018).

Metodologi Penelitian Kualitatif.

Sukabumi: CV Jejak.

Bungin, B. (2007). Peneliian Kualitatif:

Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan

Publik, dan Ilmu Sosial lainnya.

Jakarta: Kencana.

Fakrulloh, Z. A., & Wismulyani, E.

(2019). Tertib Administrasi

Kependudukan. Klaten: Cempaka

Putih.

Fatimah, F. N. (2016). Teknik Analisis

SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat

Indonesia.

Haboddin, M. (2015). Pengantar Ilmu

Pemerintahan. Malang: UB Press.

Hermawan, I. (2016). Metodologi

Penelitian Pendidikan Kuantitatif,

Kualitatif dan Mixed Methode.

Kuningan: Hidayatul Quran

Kuningan.

Muhammad. (2009). Pengantar Ilmu

Administrasi Negara. Sulawesi:

Unimal Press.

Mulyawan, R. (2016). Birokrasi dan

Pelayanan Publik. Sumedang: Unpad

Press.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian.

Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahman, M. (2017). Ilmu Administrasi.

Makassar: Sah Media.

Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian.

Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Rohayatin, T. (2021). Birokrasi

Pemerintahan. Yogyakarta:

Deepublish.

Satori, D., & Komariah, A. (2010).

Metodologi Penelitian Kualitatif.

Bandung: Alfabeta.

Sawir, M. (2020). Birokrasi Pelayanan

Publik Konsep, Teori, dan Aplikasi.

Yogyakarta: Deepublish.

Soemartono, T., & Hendrastuti, S. (2011).

Administrasi Kependudukan

Berbasis Registrasi. Jakarta:

Yayasan Bina Mandiri Provesi.

Subekhi, A., & Jauhar, M. (2013).

Pengantar Teori & Perilaku

Organisasi. Jakarta: Prestasi

Pustaka.

Sugiyono. (2020). Cara Mudah Menyusun

Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

B. JURNAL

Abdullah, D. (2016). Hubungan

Pemerintah Pusat Dengan

Pemerintah Daerah. Jurnal Hukum

Positum, 85.

Agustina, E. (2019). Pelaksanaan

Pelayanan Publik Berkualitas Bagi

Masyarakat. Jurnal Literasi

Hukum, 13.

Christianingsih, E. (2018). Implementasi

Kebijakan Administrasi

Kependudukan di Kabupaten

Bandung. Jurnal Ilmiah Magister

Administrasi, 3.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas

Pelayanan dan Harga Terhadap

Kepuasan Pelanggan PT.TOI.

Jurnal Ekonomi, 17.

Monoarfa, H. (2012). Efektivitas dan

Efisiensi Penyelenggaraan

Pelayanan Publik: Suatu Tinjauan

Kinerja Lembaga Pemerintahan.

Jurnal Pelangi Ilmu, 4.

Zohriah, A. (2017). Efektivitas Pelayanan

Perpustakaan Sekolah. Jurnal

Keilmuan Manajemen Pendidikan,

C. SUMBER HUKUM

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009

tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006

tentang Administrasi Kependudukan

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013

Tentang Perubahan Atas Undang-

Undang Nomor 23 Tahun 2006

tentang Administrasi

Kependudukan

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014

tentang Administrasi Pemerintahan

Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2013

Tentang Perubahan Keempat Atas

Peraturan Presiden Nomor 26

Tahun 2009 Tentang Penerapan

Kartu Tanda Penduduk Berbasis

Nomor Induk Kependudukan

Secara Nasional

Peraturan Bupati Bandung Nomor 2 Tahun

Tentang Persyaratan dan Tata

Cara Pendaftaran Penduduk dan

Pencatatan Sipil di Kabupaten

Bandung

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia

Nomor 17 Tahun 2018 Tentang

Kecamatan

PERBUP Kab. Bandung No. 135 Tahun

tentang Pedoman Tugas,

Fungsi, Dan TataKerja Kecamatan Di Lingkungan

Pemerintah Kabupaten Bandung

D. LAIN-LAIN

https://disdukcapil.bandungkab.go.id/

Diakses pada 28 November 2022 pukul

09 WIB.

Ulasan Google Kantor Kecamatan

Majalaya. Diakses pada 1 Desember 2022

pukul 22.03 WIB.

https://bandungkab.bps.go.id/indicator/12/

/1/jumlah-penduduk-menurut-

kecamatan.html Diakses pada 16

Desember 2022 pukul 20.38 WIB.

https://bandungkab.bps.go.id/indicator/12/

/1/jumlah-kepemilikan-kartu-

tanda-penduduk-elektronik-ktp-el-

di-kabupaten-bandung.html

Diakses pada 19 Desember 2022

pukul 11.17 WIB.

https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/

jumlah-penduduk-wajib-kartu-

tanda-penduduk-ktp-berdasarkan-

jenis-kelamin-di-jawa-barat

Diakses pada 19 Januari 2023 pukul

32 WIB.

https://ppid.bandungkab.go.id/ Diakses

pada 15 mei 2023 pukul 21.30 WIB




DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v4i1.52904

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed on :