PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUSAT BAHASA UNIVERSITAS TELKOM TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN
	Yeselyne Ananda Putri, Rita Destiwati
	
			
		Abstract
		
		Pusat Bahasa (LaC) didirikan pada tahun 2013 yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa asing. Pusat Bahasa (LaC) berada dibawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yang berkembang di bidang teknologi. Pusat Bahasa (LaC) memiliki fungsi sebagai pusat penyedia jasa atau layanan dalam bahasa asing yang bertanggung jawab untuk kepentingan akademik. Layanan yang terdapat di Pusat Bahasa (LaC) yaitu Language Test, Language Course, ESAP (English Self-Access Program), Translation (Indonesian, English, Japanese), dan Proofreading for International Journals. Pelayanan yang diberikan oleh Pusat Bahasa (LaC) kepada pengguna layanan akan selalu di evaluasi setiap tahunnya agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik dan dapat membuat pengguna layanan menjadi puas hingga berubah menjadi loyal yang pada akhirnya dapat membentuk suatu citra yang baik bagi suatu institusi. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu seberapa besar pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna layanan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif kausal dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna layanan yang merupakan mahasiswa Universitas Telkom yang berjumlah 26.820, dengan sampel sebanyak 100 responden. Variabel bebas yaitu tangibles, empathy, reliability, responsiveness, assurance. Variabel terikat adalah kepuasan pengguna layanan. Persentase rata-rata variabel kualitas pelayanan berada di kategori baik dan persentase variabel kepuasan pengguna layanan berada di kategori baik. Hasil yang didapatkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengguna layanan dan besarnya pengaruh secara simultan yaitu sebesar 31%, sedangkan sisanya sebesar 69% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.
		
		 
	
			
		Keywords
		
		Kualitas pelayanan, dimensi kualitas pelayanan, kepuasan pengguna layanan, servqual, pusat bahasa
		
		 
	
				
			
	
			
		References
		
		
							Hartiana, T. I. P. (2014). Citra perusahaan dalam berita krisis perusahaan. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(2), 126–137.
							Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran, Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
							Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). PrinsipPrinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
							Martono, N. (2012). Metode penelitian kuantitatif (analisis isi dan analisis data sekunder). Jakarta: RajaGrafindo Persada.
							Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
							Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
							Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa: prinsip, penerapan dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
					 
		
		 
	
							
		
		DOI: 
https://doi.org/10.24198/jkk.v5i1.10477																				
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
 
	
						
				
		
		
	
			
		Copyright (c) 2017 Yeselyne Ananda Putri, Rita Destiwati
				
					

This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
			
Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:
2.png)


 
Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id
 
 View My Stats
Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by:

