Komunikasi Pemasaran Olahraga Renang

Dwini Hanika Reftari, Asep Suryana, Agus Setiaman

Abstract


Komunikasi pemasaran memiliki peran penting dimana pemasaran olahraga menjadi salah satu kajian akademik yang menjelma menjadi sebuah bidang kajian yang menarik dan strategis dalam mendukung pembangunan, baik dalam pengertian pembangunan olahraga. Suatu organisasi menggunakan berbagai bentuk komunikasi pemasaran untuk mempromosikan apa yang mereka tawarkan dan mencapai tujuan finansial. Akan tetapi pada penelitian ini, organisasi PB PRSI adalah organisasi non-profit yang tujuan akhirnya tidak menghasilkan finansial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi promosi yang dilakukan oleh organisasi PB PRSI dalam mempromosikan olahraga renang; serta untuk mengetahui alasan organisasi PB PRSI yang mengalami kendala dalam menjalankan strategi promosi olahraga renang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dapat mendeskripsikan, memahami, dan mengembangkan komunikasi pemasaran olahraga bagi organisasi PB PRSI. Data yang diperoleh melalui hasil wawancara dengan enam informan dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda. Observasi dengan cara mendapatkan video serta foto berupa sponsorship yang bekerjasama dengan PB PRSI; serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melaksanakan strategi promosi organisasi PB PRSI dalam mempromosikan olahraga renang di Indonesia ialah dengan berbagai macam cara mulai dari media sosial, media cetak, media televisi, serta melalui komunikasi pemasaran terpadu: berupa event. Cara mempromosikannya melalui beberapa konsep dari komunikasi pemasaran serta pemasaran olahraga seperti iklan, public relations, dan personal selling. Dalam melaksanakan strategi promosi organisasi PB PRSI terdapat beberapa kendala, diantaranya yakni fasilitas olahraga, prestasi yang sedang menurun, sponsorship, serta anggaran dana.

Keywords


Komunikasi pemasaran; olahraga renang; pb prsi; pemasaran olahraga; strategi promosi

Full Text:

PDF

References


Ari, A. M. & Dewi, M.. (2018). Strategi komunikasi kehumasan dinas pariwisata kepemudaan dan olahraga kabupaten batang dalam mengkampanyekan program roadshow pariwisata 2017. Naskah Publikasi: Universitas Islam Indonesia.

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (Vol. 2). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Damanhuri, P. (2016). Implikatur percakapan dalam kontak interpersonal orangtua terhadap anak. Jurnal Seminar Nasional Prasasti (Pragmantik: Sastra dan Linguistik.

Dharmawansyah, S., Cangara, H., & Sultan, M. I. (2014). Strategi promosi dalam meningkatkan jumlah mahasiswa pada politeknik negeri media kreatif makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol. 3, No 4 Oktober – Desember.

Lestari, S. P. (2015). Hubungan komunikasi pemasaran dan promosi dengan keputusan memilih jasa layanan kesehatan. Jurnal Interaksi, Vol 4 No 2, Juli 2015: 139-147.

Lumintuarso, R. (2013). Humas dan pemasaran olahraga di indonesia. Jurnal KONI JUARA Vol 1 No 1. Januari-April 2013.

Manoppo, I. SL. (2012). Komunikasi pemasaran tayangan olahraga yang mengandung kekerasan: studi kasus tpi fighting championships. Tesis Perpustakaan Universitas Indonesia.

Muhamad, M., Sudarma, M., & Sudrajat, U. (2016). Sport marketing: memasarkan dan mengembangkan industri olahraga. Yogyakarta: Laksitas.

Nasrullah, R. (2017). Media sosial: perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi (vol. Iii). (N. S. Nurbaya, ed.) Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pedersen, P. M., Laucella, P. C., Miloch, K. S., & Fielding, L. W. (2007). The juxtaposition of sport and communication: defining the field of sport communication. Department of Kinesiology, Indiana University 1025 E. 7th St., HPER 112, Bloomington, IN 47405, USA. Int. J. Sport Management and Marketing, Vol. 2, No. 3, 2007.

Sarjita. (2016). Komunikasi pemasaran dalam menghadapi persaingan pasar. JBMA Vol III, No 1, Maret. ISSN: 2252-5483.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukarmin, Y. (2014). Pemasaran olahraga melalui berbagai event olahraga. Jurnal pendidikan kesehatan dan rekreasi. Artikel Universitas Negeri Yogyakarta.

Susianto, L. (2015). Strategi public relations dalam menciptakan brand awareness produk selang air pt cahaya elang mas pada masyarakat. Universitas Bina Nusantara.

Yin, R. K. (2015). Studi kasus: desain dan metode. (m. d. mudzakir, trans.) Jakarta: Rajawali Press.

Yusuf, H. M. (2011). Mencermati manajemen pembangunan olahraga nasional. Jurnal Ilmiah SPIRIT, ISSN; 1411-8319, Vol. 11 No. 1 Tahun 2011.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.13221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Dwini Hanika Reftari, Asep Suryana, Agus Setiaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: