Nilai-nilai budaya soméah pada perilaku komunikasi masyarakat Suku Sunda

Dasrun Hidayat, Hanny Hafiar

Abstract


Penelitian ini didasari oleh keingintahuan tentang budaya soméah sebagai ciri khas yang melekat pada masyarakat Suku Sunda. Penelitian bertujuan untuk mengetahui secara spesifik tentang nilai-nilai budaya soméah termasuk implikasi dan aplikasinya pada perilaku komunikasi masyarakat Suku Sunda. Untuk menjawab tujuan tersebut, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan studi etnografi public relations, studi yang berfokus pada kajian budaya dengan pendekatan teori public relations. Penelitian menemukan bahwa budaya soméah mengandung nilai-nilai kerendahan hati, kesopanan dan keramahan. Nilai-nilai tersebut merepresentasikan brand personality masyarakat Suku Sunda. Hal ini selaras dengan filosofi hidup mereka yaitu Soméah Hade ka Sémah yang artinya ramah, bersikap baik, menjaga, menjamu dan membahagiakan setiap orang. Implikasi dan aplikasi nilai-nilai filosofi hidup tersebut terdapat pada setiap perilaku komunikasi yang terjadi secara berulang di lingkungan internal dan eksternal. Perilaku komunikasi dengan menggunakan bahasa punten dan mangga. Bahasa punten mengandung makna kerendahan hati. Sedangkan penggunaan istilah mangga sebagai wujud penawaran, ajakan, mempersilahkan dan permohonan. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat dua aspek yang membuktikan bahwa masyarakat Suku Sunda merupakan pribadi yang soméah, yakni selalu tampil menarik dengan wajah ramah dan murah senyum. Masyarakat Sunda juga memiliki selera humor yang tinggi. Kesimpulannya bahwa budaya soméah sebagai nilai kearifan lokal bertujuan untuk membangun dan menjaga hubungan berbasis budaya.

Keywords


brand personality; budaya; perilaku komunikasi; soméah; Sunda

Full Text:

PDF

References


Alifahmi, H. (2012). Proceeding strategi communication branding di era industri kreatif. In Integrated Communication Branding Dari Personal, Corporate Branding Menuju Country Reputation. (pp. 1–21). Malang: Universitas Brawijaya.

Amron, A. (2018). The influence of brand image, brand trust, product quality, and price on the consumer’ s buying decision of MPV cars, 14(13), 228–239. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228.

Aw, S. (2010). Komunikasi sosial budaya (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bliuc, A. M., McGarty, C., Badea, C., & Boza, M. (2018). Enacting collective support for the European integration: Participation in pro-integration action and preference for specific transnational acculturation strategies. Journal of Community and Applied Social Psychology, 28(1), 15–28. https://doi.org/10.1002/casp.2337.

Cromer, L. D. M., Gray, M. E., Vasquez, L., & Freyd, J. J. (2018). The relationship of acculturation to historical loss awareness, institutional betrayal, and the intergenerational transmission of trauma in the American Indian experience. Journal of Cross-Cultural Psychology, 49(1), 99–114. https://doi.org/10.1177/0022022117738749.

Farady, R. & Sierjames, J. (2018). Identifikasi nilai kemajemukan Indonesia sebagai identitas bangsa dalam iklan Mixagrip versi keragaman budaya. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 37–50.

Griffin, E. (2008). A First Look At Communication theory. (T. Z. Ackley, Ed.) (8th ed.). New York: McGraw-Hill.

Hendriana, H. & Setiyadi, R. (2018). Budaya Sunda. Diakses dari https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2019/01/BUDAYA-SUNDA-Fungsi-dan-sejarah-sunda.pptx.

Hidayat, D., Kuswarno, E., Zubair, F., & Hafiar, H. (2018). Public relations communication behavior through a local-wisdom approach: The findings of public relations components via ethnography as methodology. Malaysian Journal of Communication, 34(3), 56–72.

Hidayat, D., Kuswarno, E., Zubair, F. & Hafiar, H. (2017). Message platform atribut siger Lampung di dalam kebhinekaan multikultur. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(1), 91–101.

Hidayat, D. & Suhartini, T. (2018). Community empowerment dan product branding SEKHUIT. Jurnal Ilmu Komunikasi Efek (JIKE), 1(2), 41–58.

Kotsi, F. & Valek, N. S. (2017). Flying with Nicole Kidman or Jennifer Aniston? Brand funnel stages’ influence on brand personality. Journal of Travel & Tourism Marketing, 00(00), 1–12. https://doi.org/10.1080/10548408.2017.1360232.

Kriyantono, R. & Mckenna, B. (2017). Developing a culturally-relevant public relations theory for Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 33(1), 1–16.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts instagram utilization strategy as a digital marketing communication media by Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1).

Kuswarno, E. (2008). Etnografi komunikasi (1st ed.). Bandung: Widya Padjadjaran.

Leuape, E. S. (2017). Dialetika etnografi komunikasi emik-etik pada kain tenun. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(2), 147–158. https://doi.org/10.24198/jkk.v5i2.8637.

Mendayun, I., & Sjuchro, W. (2018). Efek komunikasi massa program Citizen Report di radio PRFM Bandung. Kajian Jurnalisme, 02, 98–114.

Pakaradena, A., Hafiar, H., & Nugraha, A. R. (2018). Proses public relations dalam program layar tancap untuk semua oleh SCTV. ProTVF, 2(2). https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i2.20817.

Purwaningwulan, M. M. (2017). Strategi public relations industri islamic fashion Indonesia dalam membentuk branding cantik islami. S. Dida, P. Subekti, S. Lukman, R. Dewi, & F. A. A. Prastowo (Eds.), Public Relations and Branding (pp. 56–70). Bandung: Unpad Press.

R, A. R., Hanretty, C., & Lettice, F. (n.d.). Political brands: can parties be distinguished by their online brand personality?

Ray, M., & Biswas, C. (2011). A study on ethnography of communication : A discourse analysis with Hymes‘ speaking model. Journal of Education and Practice, 2(6), 33–41.

Rezvanpour, N. & Bayat, A. (2017). Determining effective urban design within branding strategy due to brand city spaces and evaluating city spaces by assessing the feasibility of using the heat demand-outdoor comparing them to the presented factors. A case study of temperature function. Energy Procedia, 115, 6–17. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2017.05.002.

Samovar, L. A., Porter, R. E., & McDaniel, E. R. (2010). Komunikasi Lintas Budaya; Communication Between Cultures (7th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Sriramesh, K., & Vercic, D. (2003). The global public relations handbook. (L. Bathgate, Ed.). London: Laurence Erlbaum Asociates.

Tumoutounews. (2017). Jumlah suku di Indonesia, daftar suku terbesar.

Wasesa, S. A. (2011). Political branding & public relations. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.19595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Dasrun Hidayat, Hanny Hafiar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: