Model strategi komunikasi politik sosialisasi kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN di Bandung Barat

Benazir Bona Pratamawaty, Evie Ariadne Shinta Dewi, Putri Trulline

Abstract


Sejak tahun 2016, Indonesia memasuki fase baru tatanan kehidupan bermasyarakat dalam lingkup kawasan ASEAN yakni dengan mulai efektifnya ASEAN Economic Community (AEC) atau yang lebih dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Konsekuensinya, Indonesia harus membuka perdagangan barang, jasa, dan pasar tenaga kerja dengan negara ASEAN lainnya. Pemerintah, baik pusat maupun daerah, perlu menyosialisasikan kebijakan terkait MEA kepada seluruh stakeholders termasuk kepada masyarakat luas guna menyiapkan masyarakat menghadapi fase baru kehidupan perekonomian nasional akibat pemberlakuan MEA. Studi ini bertujuan untuk mengetahui model ideal strategi komunikasi politik bagi pemerintah daerah Kabupaten Bandung Barat dalam menyiapkan masyarakat menghadapi pemberlakuan MEA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara mendalam dan studi literatur. Pendekatan kualitatif dipandang relevan karena peneliti ingin mengkaji dan menganalisis secara mendalam strategi komunikasi politik pemerintah Kabupaten Bandung Barat dalam menyiapkan masyarakatnya menghadapi MEA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model strategi komunikasi politik yang ideal bagi pemerintah Kabupaten Bandung Barat dalam mengkomunikasikan kebijakan terkait MEA harus dimulai dari komunikasi politik internal pemerintah Kabupaten Bandung Barat dalam rangka menyamakan persepsi dan menciptakan kesepahaman akan visi pemerintah terkait kebijakan-kebijakan MEA. Dengan demikian, komunikasi politik pemerintah kepada masyarakat pun dapat dilakukan secara lebih terarah dan terprogram melalui koordinasi dan kerjasama dinas-dinas dan badan-badan terkait pemerintah Kabupaten Bandung Barat.


Keywords


Strategi; komunikasi politik; sosialisasi; kebijakan; MEA; Bandung Barat

Full Text:

PDF

References


AEC Secretariat. (2017). Factsheet on ASEAN economic community. Retrieve from https://asean.org/?static_post=fact-sheet-asean-economic-community-aec.

ASEAN. (2017). Towards ASEAN Economic Community 2025: monitoring asean economic integration. Retrieve from https://asean.org/storage/2012/05/Towards-AEC-2025-Monitoring-ASEAN-Economic-Integration.pdf.

Benny, G. & Abdullah, K. (2011). Indonesian perceptions and attitudes toward the ASEAN community. Journal of Current Southeast Asian Affairs. 30(1). 39–67. Retrieve from https://journals.sub.uni-hamburg.de/giga/jsaa/article/view/410/408.html.

Creswell, J. W. (2012). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Furuoka, F., Lim, B., Mahmud, R., & Pazim, K. H. (2012). Making pf The ASEAN Community: Economic Integration and Its Impact on Workers in Southeast Asia. Researchers World, 3(1), 68–74.

Jones, L., & Jones, L. (2016). Explaining the failure of the ASEAN economic community : the primacy of domestic political economy explaining the failure of the ASEAN economic community: the primacy of domestic political economy. 2748. https://doi.org/10.1080/09512748.2015.1022593

McNair, B. (2011). An Introduction to political communication, 5th Edition. London: Routledge.

Moorthy, R., & Benny, G. (2015). Is an “ASEAN community” achievable? a public perception analysis in Indonesia, Malaysia, and Singapore on the Perceived Obstacles to Regional Community. Asian Survey, 52(6), 1043–1066.

Perloff, R. M. (2015). The dynamics of political change. Driven by Growth: Political Change in the Asia-Pacific Region. https://doi.org/10.1111/j.1467-9248.1969.tb00744.x.

Petri, P. A., Plummer, M. G., & Zhai, F. (2012). ASEAN economic community: A general equilibrium analysis. Asian Economic Journal. 26(2), 93–118. https://doi.org/10.1111/j.1467-8381.2012.02079.x.

Sanders, K., Crespo, M. J. C., & Holtz-Bacha, C. (2011). Communicating governments: a three-country comparison of how governments communicate with citizens. International Journal of Press/Politics, 16(4), 523–547. https://doi.org/10.1177/1940161211418225.

Severino, R. C. (2010). ASEAN Community in Figures. Singapore.

Sukma, R. (2011). Indonesia Finds a New Voice. Journal of Democracy.

Valentina, T. R., Putera, R. E., & Suherlan. (2016). ASEAN Economy Community (AEC) Indonesian politic of trade in contending with the simple market based production. Researchers World, 7(1), 82–87.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v7i2.23362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Benazir Bona Pratamawaty, Evie Ariadne Shinta Dewi, Putri Trulline

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: