PENCITRAAN ABURIZAL BAKRI MELALUI TELEVISI

Glendy Indra Tamaka, Eko Harry Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pencitraan Aburizal Bakrie sebagai calon presiden Republik Indonesia melalui iklan televisi ARB Versi Motivasi Untuk Anak Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika. Sumber data penelitian ini terdiri atas sumber data primer berupa iklan televisi ARB versi Motivasi Untuk Anak Indonesia yang terdiri atas ucapan, gerakan, dan berbagai objek pendukung penggambaran Aburizal Bakrie, dan sumber data sekunder berupa buku, karya ilmiah, dan sumber informasi online. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi penyidik. Penelitian ini dilakukan di Jakarta dari bulan Februari 2013 - Juli 2013. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencitraan Aburizal Bakrie sebagai calon Presiden secara denotasi ditunjukan melalui penggambaran latar belakang ayahnya untuk memberikan gambaran bahwa dirinya merupakan bagian dari rakyat kecil sebagaimana ayahnya dulu. Pencitraan Aburizal Bakrie sebagai calon Presiden secara konotasi banyak memperlihatkan makna kesuksesan dan pengalaman Aburizal Bakrie. Citra Aburizal Bakrie juga terlihat sebagai sosok yang mendukung akan kepentingan anak muda, pendidikan, dan pengembangan potensi mereka. Aburizal Bakrie juga merepresentasikan diri sebagai orang yang tepat untuk dijadikan sebagai contoh kesuksesan karena pengalamannya serta kemampuannya. Aburizal Bakrie merupakan sosok yang terbuka, bersih dan memiliki komitmen tinggi serta memiliki kepekaan relijiusitas yang dapat membentuknya sebagai pemimpin yang bermoral. Makna mitos dari pencitraan Aburizal Bakrie sebagai calon Presiden menunjukan bahwa kepentingan politiknya dibangun atas kepentingan rakyat kecil. Rakyat kecil senantiasa menjadi komoditas untuk membangun citra politik yang pro rakyat.

Keywords


Pencitraan, iklan, televisi, denotasi, konotasi

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. & Erdinaya, L. K. (2005). Komunikasi massa: suatu pengantar (cetakan kedua). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Budiman, K. (2002). Membaca mitos bersama roland barthes, analisis wacana dengan pendekatan semiotik dalam analisis wacana dari linguistik sampai dekonstruksi. Yogyakarta: Kanal.

Fiske, J. (2004). Introductions to communication studies. London: Routledge.

Hermawan, A. (2008). Mitos dan bahasa media: mengenal semiotika Roland Barthes. Diakses dari http://www.averroes.or.id/ thought/mitos- dan-bahasa-media-mengenal-semiotika-roland-barthes.html/comment-page-1.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi penelitian kualitatif: edisi revisi (cetakan keduapuluh dua). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2003). Metode penelitian (cetakan kelima). Jakarta: Ghalia.

Parwadi, R. (2004). Televisi: daerah diantara himpitan kapitalisme televisi. Pontianak: Untan Press. Pilliang,

Y. A. (2005). Hipersemiotika: tafsir cultural studies atas matinya makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Sobur, A. (2004). Analisis teks media: suatu pengantar untuk analisis wacana, analisis semiotik, dan analisis framing (cetakan ketiga). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunardi, S. T. (2007). Semiotika negativa. Yogyakarta: Kanal. Soemanagara, Rd. (2006). Strategi marketing communication: konsep strategis dan terapan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v1i1.6029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Glendy Indra Tamaka, Eko Harry Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: