Pola Komunikasi Kesehatan dalam Pelayanan dan Pemberian Informasi mengenai Penyakit TBC pada Puskesmas di Kabupaten Bogor

Kokom Komariah, Susie Perbawasari, Aat Ruchiat Nugraha, Heru Ryanto Budiana

Abstract


Penyakit Tuberkulosis (TBC) sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat karena merupakan salah satu penyakit infeksi pembunuh utama yang menyerang golongan usia produktif (15-50 tahun) dan anak-anak serta golongan sosial ekonomi lemah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif survei. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) proses pelayanan kesehatan Puskesmas dalam pengendalian penyakit TBC di wilayah Kabupaten Bogor; 2) Model pemberian informasi yang dilakukan oleh Puskesmas dalam pengendalian penyakit TBC di wilayah Kabupaten Bogor; 3) pelayanan pemberian informasi kaitannya dengan tingkat pengetahuan penderita dalam menanggulangi penyakit TBC di wilayah Kabupaten Bogor. Hasil menunjukkan bahwa proses pelayanan kesehatan yang dilakukan Puskesmas Citeureup dalam pengendalian penyakit TBC mengikuti standar pelayanan puskesmas yang sudah baku. Dengan mengusung motto Pelayanan Prima, Responsif, Efektif, Strategis, Tangguh, Asih, Senyum, Sapa, Salam dan Inovatif). Model pelayanan dalm pemberian informasi dilakukan secara anterpersona yang dialogis, transaksional, sesuai model sirkuler Schramm. Pelayanan pemberian informasi secara linier dapat meningkatkan tingkat pengetahuan penderita dalam menanggulangi penyakit TBC di wilayah Kabupaten Bogor.

Keywords


Pola, Komunikasi Kesehatan, Pelayanan Informasi, Penyakit, TBC

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. S. (2006). Panduan komunikasi kesehatan. Yogyakarta: Indarti.

Azwar, S. (2005). Sikap manusia, teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.

Azwar, A. (1996). Pengantar administrasi kesehatan (Edisi Ketiga). Jakarta: Binarupa Aksara

Baskoro, A. (2008). Komunikasi kesehatan. Yogyakarta: Banyu Media.

Bungin, B. (2001). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta. Gajahmada Press.

Graeff, A. J., dkk. (1996). Komunikasi dalam kesehatan dan perubahan perilaku. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Moeleong, Lexy. (2006). Penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Liliweri, Alo. (2007). Dasar-dasar komunikasi antarbudaya. Yogyakarta: Pelajar Pustaka.

Prayitno & Amti, Erman. (2004). Dasar-dasar BK. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwoko, Budi.(2008). Organisasi dan managemen bimbingan konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Rakhmat, J. (2004). Metode penelitian komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_________. (2007). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian manajemen pendekatan: kuantitatif, kualitatif, kombinasi, penelitian tindakan dan penelitian evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W. S. & Hastuti, S. (2006). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi Kabupaten Bogor. Diakses dari http://dinkes. bogorkab.go.id




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v1i2.6042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Kokom Komariah, Susie Perbawasari, Aat Ruchiat Nugraha, Heru Ryanto Budiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: