PENGGUNAAN X BANNER DALAM PROMOSI LAYANAN PERPUSTAKAAN

Hana Silvana, Damayanty Damayanty

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh tampilan promosi, isi pesan promosi, dan intensitas penyajian promosi layanan perpustakaan menggunakan Xbanner terhadap perilaku pemanfaatan layanan perpustakaan oleh mahasiswa di Perpustakaan Universitas pendidikan Indonesia, yang meliputi sub variabel perhatian, minat, keinginan, dan perilaku pemanfaatan layanan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 orang dari populasi sivitas akademika UPI yang tercatat sebagai anggota Perpustakaan UPI yang berkunjung ke Perpustakaan UPI pada minggu ke-2 bulan September yang berjumlah sebanyak 10.800 orang. Sampel ditentukan menggunakan rumus Taro Yamane serta teknik pengambilan sampel Stratified proportionate random sampling. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, angket, studi kepustakaan, dan observasi. Hipotesis diuji menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tampilan promosi, isi pesan promosi, dan intensitas penyajian promosi menggunakan Xbanner berpengaruh secara bersama-sama terhadap perhatian, minat, keinginan, dan kecenderungan berperilaku kearah positif, pengaruh terbesar yaitu terhadap keinginan. Perhatian dan kecenderungan berperilaku berkategori tinggi sedangkan untuk minat berkategori sedang.

Keywords


Promosi Perpustakaan, Xbanner, Perilaku, Pemanfaatan, Layanan Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Damayanty. (2011). Laporan perkembangan koleksi perpustakaan UPI bulan Desember Th. 2011. Bandung: Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia.

Effendy, O. U. (1989). Kamus komunikasi. Bandung: Bandar Maju. Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa. Jakarta: Gramedia.

Lupiyoadi, R. (2008). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Masyhuri. (2008). Metodologi penelitian: pendekatan praktis dan aplikatif. Bandung: Refika Aditama.

Mowen, J. C. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga.

Mustafa, B. (2009). Promosi jasa perpustakaan: buku materi pokok PUST 2254/2 SKS/ MODUL: 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Riduwan. (2008a). Cara menggunakan dan memakai analisis jalur (path analysis). Bandung: Alfabeta. _______. (2008b). Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.

_______. (2008c). Skala pengukuran variabelvariabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

_______. (2010). Pengantar statistika untuk penelitian pendidikan, sosial, ekonomi, komunikasi, dan bisnis. Bandung: Alfabeta.

Saez, E. E. (1993). Marketing concepts for libraries and information services. London: 117 Library Association Publishing.

Sugiyono. (2002). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suryati, D. (1998). Manajemen dan teknik promosi jasa perpustakaan: komitmen dan pemahaman (kasus di tiga perpustakaan). Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia.

Yusup, P. M. (2009). Ilmu informasi, komunikasi, dan kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v2i2.7377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Hana Silvana, Damayanty Damayanty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: