AKTIVISME SOSIAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL: STUDI KASUS ASOSIASI IBU MENYUSUI INDONESIA (AIMI)

Nunik Maharani Hartoyo, Dandi Supriadi

Abstract


Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) adalah organisasi nirlaba yang mengampanyekan pemberian ASI eksklusif dan mendukung kegiatan menyusui yang bertumpu pada pemanfaatan perkembangan TIK dan media sosial. Hal tersebut cukup unik sehingga peneliti merasa perlu untuk mempelajari lebih lanjut proses membangun dan menggerakkan aktivisme komunitas yang dilakukan AIMI melalui akun-akun media sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksi pemaknaan pengurus AIMI tentang pemanfaatan media sosial dan menjelaskan proses pembangunan dan penggerakkan aktivisme komunitasnya. Dinamika proses ini diteliti dengan metode studi kasus dari Stake dengan menggunakan kerangka Teori Difusi Inovasi yang dikembangkan Everett M. Rogers. Hasil penelitian menunjukkan konstruksi makna pengurus AIMI tentang TIK dan media sosial ditanslasikan dalam pemanfaatan yang berhasil membesarkan AIMI. Pengurus memiliki karakteristik yang termasuk kategori early adopters. Prosesnya tergambar dalam tahapan innovation-decision process yang terdiri dari langkah mengoptimalisasi pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi dan konfirmasi. Semua tahapan ini berlangsung terus menerus dan timbal balik sebagai upaya merespon kebutuhan komunitas sekaligus mendorong efektivitas dan efisiensi dalam interaksi komunitas. Dari hasil tersebut, disarankan agar AIMI harus dapat terus memanfaatkan karakteristik pengurus untuk menjangkau kalangan late adopters dan laggard yang belum terjangkau oleh kampanye online dan offline. AIMI juga perlu mengoptimalisasi jejaringnya agar tujuan aktivisme sosialnya tercapai.

Keywords


AIMI, aktivisme sosial, difusi inovasi, kampanye kesehatan, media sosial

Full Text:

PDF

References


Arisma, & Kaylaku, S. (2012). Promoting & Supporting Breastfeeding through Social Media: A Case Study from Indonesian Breastfeeding Mothers Association (AIMI). Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI).

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia . (2012). Profil Pengguna Internet Indonesia 2012. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJJI).

Bain, R. (1937). Technology and State Government. American Sociological Review.

Bijker, W. E. (2010). How is technology made?—That is the Question! Cambridge Journal of Economics 2010, 34, 63-76.

Cain, M., & Mittman, R. (2002). Diffusion of Innovation in Health Care. Institute for the Future (IFTF). California: California HealthCare Foundation.

Denzin, N., & Lincoln, Y. (1994). Introduction Entering the Field of Qualitative Research. Dalam N. Denzin, & Y. Lincoln, Handbook of Qualitative Research. London: SAGE Publications.

Gladwell, M. (2010, October 4). SMALL CHANGE: Why the revolution will not be tweeted. Diambil kembali dari The New Yorker: http://www.newyorker.com/reporting/2010/10/04/101004fa_fact_gladwell?currentPage=1

Grazella, M. (2012, August 01). Jakarta Named the World’s Most Active Twitter City. Diambil kembali dari The Jakarta Post: http://www.thejakartapost.com/news/2012/08/01/jakarta-named-world-s-most-active-twitter-city.html

Hartoyo, N. M., & Sirait, R. A. (2014). Politics, Young Voters and Sea of Change in 2014 Indonesian Legislative Election. 10th Biennial Convention of the Pacific and Asian Communication Association (PACA) 2014: "Beyond Asia: Communicating Asian Culture to The World". Bandung: Pacific and Asian Communication Association.

Korda, H., & Itani, Z. (2013). Harnessing Social Media for Health Promotion and Behaviour CHange. Health Promotion Practice, 14(1), 15-23.

Lievrouw, L., & Livistone, S. (2006). The Social Shaping and Consequences of ICT. In L. Lievrouw, & S. Livistone, The handbook of New Media Updates Student Edition. London: SAGE Publication.

Lupiyanto, R. (2014, April 8). Media Sosial dan Kualitas Elektoral. Diambil kembali dari Pos Bali: http://posbali.com/media-sosial-dan-kualitas-elektoral/

Neiger, B., Burton, S., R., T., Giraud-Carrier, C., & Fagen, M. (2013). Evaluatinng Social media's Capacity to Develop Enggaged Audiences in Health Promotion Settings: Use of Twitter Metrics as a Case Study. Health Promotion Practice, 14(2), 157-162.

Nugroho, Y., & Syarief, S. S. (2012). Seri fesmedia Asia: Melampaui Aktivisme click? Media Baru dan Proses Politik dalam Indonesia Kontemporer. Jakarta: Friedriech-Ebert-Stiftung Kantor Perwakilan Indonesia.

Rogers, E. M. (1986). Communication Technology: The New Media in Society. London: Sage Publication.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations, Fifth Edition. New York, USA: Free Press.

Rotman, D., Viewe, g. S., Yardi, S., Chi, E., Preece, J., Shneiderman, B., et al. (2011). From slacktivism to activism: participatory culture in the age of social media. Proceedings of the 2011 annual conference extended abstracts on Human factors in computing systems. New York, NY, USA: ACM.

Stake, R. (2005). Qualitative Case Studies. Dalam N. Denzin, & Y. Lincoln, The Sage Handbook of Qualitative Research. California: Sage Publications.

Thajeb, H. (2013, June). Indonesia's Advertising- Dead or Alive. Jakarta, Indonesia. Dipetik October 11, 2014, dari http://www.slideshare.net/AdityaEkaCandraSuyon/indonesia-advertising-dead-or-alive-june2013




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v3i1.7388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Nunik Maharani Hartoyo, Dandi Supriadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: