PENGARUH REBRANDING TERHADAP CITRA BANK JAMBI PADA NASABAH

M. Ichsan Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh perubahan nama, logo, slogan dan frontliner Bank Jambi terhadap citra perusahaan pada nasabah Bank Jambi Kantor Cabang Utama Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode explanatory survey. Beberapa teori yang menjadi pegangan adalah teori psikologi kognitif, teori stimulus organism respons, dan teori manajemen citra organisasi. Populasi yang digunakan adalah nasabah Bank Jambi Cabang Utama yang berjumlah 3669 nasabah. Melalui teknik sampling secara acak sistematis, diperoleh sampel sebanyak 98 nasabah yang mewakili populasi tersebut. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, studi kepustakaan, dan media internet. Kuesioner yang merupakan instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitas menggunakan teknik Pearson Product Moment. Selanjutnya data yang dihasilkan menggunakan kuesioner dianalisis menggunakan analisis jalur untuk melihat pengaruh dan signifikansi yang diberikan variabel-variabel eksogen terhadap variabel endogen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa Frontliner dan Logo Bank Jambi mempengaruhi citra Bank Jambi pada nasabah secara siignifikan, dan Nama dan Slogan Bank Jambi mempengaruhi Citra Bank Jambi pada nasabah secara tidak signifikan. Secara keseluruhan, rebranding yang dilakukan Bank Jambi telah memberikan respons yang positif terhadap Citra Bank Jambi pada nasabah.PENGARUH REBRANDING TERHADAP CITRA BANK JAMBI PADA NASABAH

Keywords


Rebranding, citra perusahaan, bank, Jambi

Full Text:

PDF

References


Massey, J. E. (2003). A Theory of organizational image management: antecedents, processes & outcomes. Orlando: International Academy of Business Disciplines Annual Conference.

Ardianto, E. (2010). Metode penelitian untuk public relations kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Henslowe, P. (1999). Public relations: a practical guide to the basics. London: Kogan Page Limited.

Malhotra, A. (2008). A study of the concept of image as expressed through corporate landscapes. Virginia: Virginia Polytechnic Institute and State University.

Mar’at. (1982). Sikap manusia perubahan serta pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia. Muzellec,

L. & Lambkin, M. (2006). “Corporate rebranding: destroying, transferring or creating brand equity?”. European Jurnal of Marketing Vol. 40 No. 7/8, pp. 803- 824.

Aaker, D. A. (1991). Managing brand equity: capitalizing on the value of a brand name, New York: The Free Press.

Knapp, D. E. (2001). The brand mindset. Penerjemah: Sisnu hadi & Andi. Yogyakarta. Prayudi &

Juanita, J. (2005). Strategic corporate communication dalam proses repositioning dan rebranding. Jurnal Ilmu Komunikasi. Yogyakarta Vol. 2, pp. 159- 176.

Jefkins, F. (1994). Public relations untuk bisnis. Penerjemah: Frans Kowa. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

________. (2013). Slogan. Diakses dari http:// id.wikipedia.org/wiki/Slogan, pada 29/01/2013.

Krisyantono, R. (2006). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Creswell, J. W. (2012). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Penerjemah: Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v3i2.7404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 M. Ichsan Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: