CITRA KAWASAN STRATEGIS NASIONAL CEKUNGAN BANDUNG MELALUI INSTAGRAM PADA PENGGUNA HASHTAG #EXPLOREBANDUNG

Rangga Putera Perdana, Maylanny Christin, Ruth Mei Ulina Malau

Abstract


Penelitian ini berjudul “Citra Kawasan Strategis Nasional (KSN) Cekungan Bandung Melalui Instagram (Studi Deskriptif pada Pengguna Hashtag #explorebandung). Alasan mengambil judul tersebut karena penggunaan hashtag #explorebandung yang sudah mencapai jutaan foto dengan keterkaitannya pada citra KSN Cekungan Bandung itu sendiri. Penelitian ini difokuskan pada citra KSN Cekungan Bandung melalui perspektif pengguna hashtag #explorebandung di Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan citra KSN Cekungan Bandung dari sisi pengguna hashtag #explorebandung, dengan menggunakan ragam informan, baik itu warga asli Bandung ataupun wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui wawancara mendalam dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra KSN Cekungan Bandung dilihat dari sudut pandang pengguna hashtag #explorebandung ialah bagus dan positif. Selain itu, bentuk kegiatan yang dilakukan oleh pengguna hashtag #explorebandung dalam keterkaitannya akan citra KSN Cekungan Bandung adalah dengan mengikuti kegiatan Worldwide Instameet (WWIM) yang diselenggarakan oleh komunitas Explorebandung.

DOI: 10.24198/jkk.vol4n2.6


Keywords


Citra Tempat, Media Sosial, Instagram

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. (2011). Metodologi penelitian untuk public relations kuantiatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Azalea, N. Rise, C & Valle, P. D. (2012). History of instagram. San Fransisco: Instagram.

Boulding, K. (1956). The image. Ann Arbor: University of Michigan Press.

Croteau, D. & Hoynes, W. (2003). Media society: industries, images, and audiences. Thousan: Pine Forge Press.

Christin, M., Prasetio, A., & Perdana, R. P. (2016). The Image of bandung basin National Strategic through Instagram. Heritage, culture, and society: research agenda and best practices in the hospitality and tourism industry. London, UK: Taylor & Francis Group. Diakses dari https://books.google. co.id/

Dantes, N. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Ditjen Mineral dan Batubara. (2008). Lembaran Negara Republik Indonesia: Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional. Diakses dari: https: //www. minerba.esdm.go.id/library/sijh/pp26- 2008.pdf

Fikri, A. (2015). Tata ruang bandung raya bakal diatur lewat perpres. Diakses dari: http: //nasional.tempo.co/read/ news/2015/11/13/058718711/tataruang-bandung-raya-bakal-diaturlewat-perpres

Gunawan, I. (2015). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartoyo, N. M. & Supriadi, D. (2015). Aktivisme sosial melalui penggunaan media sosial: studi kasus asosiasi ibu menyusui indonesia (AIMI). Jurnal Kajian Komunikasi, Vol.3 (1), 1-11.

Kamil, R. (2016). Ridwan kamil. Diakses dari https://www.instagram. com/p/BCDLPavuKbg/?takenby=ridwankamil

Pujileksono, S. (2015). Metode penelitian komunikasi kualitatif. Malang: Intrans Publishing.

Salamah, U. & Yananda, M. R. (2014). Branding tempat: membangun kota, kabupaten dan provinsi berbasis identitas. Jakarta: Makna Informasi.

Somad, R. & Priansa, D. J. (2014). Manajemen komunikasi: mengembangkan bisnis berorientasi pelanggan. Bandung: Alfabeta.

Vivian, J. (2008). Teori komunikasi massa. Bandung: Prenada Media Group.

West, R., & Turner, L. H. (2008). Pengantar teori komunikasi analisis dan aplikasi buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v4i2.7951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Rangga Putera Perdana, Maylanny Christin, Ruth Mei Ulina Malau

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: