STRATEGI MEDIA RELATIONS PT. PELABUHAN TANJUNG PRIOK DALAM MENANGGAPI KRISIS
Abstract
PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang kepelabuhanan ini memiliki permasalahan internal perusahaan yaitu Direktur Utama Richard Joost Lino yang terdakwa sebagai tersangka kasus korupsi mobile crane Pelindo II. Krisis mulai menjadi ancaman citra perusahaan maupun anak perusahaannya, PT. Pelabuhan Tanjung Priok, yaitu sejak pemberitaan permasalahan ini tersebar luas di media cetak maupun elektronik pada bulan Agustus 2015 mengenai penggeledahan kantor Direktur Utama Pelindo II oleh Penyidik Bareskrim Polri. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik in-depth interview, observasi langsung penelitian di PT. Pelabuhan Tanjung Priok dan juga didukung oleh data dokumentasi dari perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi media relations PT. Pelabuhan Tanjung Priok dalam menanggapi krisis yang dihadapi oleh holding company. Berdasarkan hasil pengelolahan data, maka dapat diketahui bahwa kaitan antara kegiatan humas anak peruaahaan dengan holding company yaitu saling mendukung dan membantu segala kegiatan yang dilakukan oleh humas holding company. Namun, pada saat terjadi krisis, humas PT. Pelabuhan Tanjung Priok tidak ikut berkontribusi banyak dalam penanganan krisis melainkan hanya membantu dalam penyebaran informasi yang positif dan benar kepada media cetak maupun elektronik.
DOI: 10.24198/jkk.vol4n2.10
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Morissan. (2010). Manajemen Public Relations (Edisi Pertama, Cetakan Ke-2). Jakarta:
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif (Cetakan Pertama). Jakarta: Referensi.
Nova & Firsan. (2009). Crisis Public Relations : Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membangun Citra dan Reputasi Perusahaan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Saputra, W. & Rulli, N. (2011). Public Relations 2.0 Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber. Jakarta: Gramata Publishing.
Suparmo & Ludwig. (2011). Crisis Management & Public Relations Mengatasi Krisis, Memulihkan Citra. Jakarta: Indeks Publishing.
Yadin & Daniel. (2003). Public Relations – Frank Jefkins disempurnakan oleh Daniel Yadin (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.
Brief Book Pelindo II: White Book IPC. Jakarta: IPC.
Larissa Huda. (2015, 04 November). Pelindo II Akan Ajukan Gugatan Pra Peradilan. Tempo.co [online]. halaman 078715963. Tersedia: http://nasional.tempo.co [20 November 2015].
Putu Merta Surya Putra. (2016, 08 Januari). Dalami Kasus RJ Lino, KPK Panggil Direktur Keuangan PT Pelindo II. Liputan6.com [online]. halaman 2407254. Tersedia: http://www.news.liputan6.com [09 Januari 2016].
Rakhmatulloh. (2016, 05 Januari). Kasus RJ Lino, KPK Periksa Eks Direktur Pelindo II. Sindonews.com [online]. halaman 1074501. Tersedia: http://www.nasional.sindonews.com [09 Januari 2016].
Instagram. Akun: @officialportpriok [online]. Tersedia: http://www.instagram.com/officialportpriok [23 Maret 2016].
Official Website IPC. PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) [online]. Tersedia: http://www.indonesiaport.co.id [22 Maret 2016].
DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v4i2.8017
Refbacks
Copyright (c) 2016 Andi Refandi Febriyansyah, Maylanny Christin, Ayub Ilfandy Imran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:
Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id
Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: