Komunikasi Pemasaran dalam Positioning N219 oleh PT Dirgantara Indonesia (Persero)

Yasser Ersyad, Eni Maryani, Siti Karlinah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi komunikasi pemasaran N219 yang berbasis positioning merek. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Narasumber penelitian ini berjumlah enam orang. Pengumpulan data dilakukan utamanya melalui wawancara mendalam, studi literatur dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N219 dimaksudkan untuk mengambil pasar Twin Otter yang perlu digantikan baik dari segi teknologi maupun usia dalam melayani penerbangan perintis di Indonesia. N219 diposisikan sebagai pesawat terbang pengganti Twin Otter di Indonesia dengan menggunakan slogan “The New Generation of Light Class Aircraft”. Selain itu, N219 juga diposisikan sebagai karya anak bangsa, untuk membentuk manfaat emosional antara merek dengan konsumen potensial serta khalayak luas. Komunikasi pemasaran untuk menyampaikan nilai-nilai positioning dilakukan dengan berbagai sarana, yakni melalui pameran pemasaran, publisitas di media massa, dan pendekatan langsung. Saran penelitian selanjutnya dapat fokus pada bagaimana hubungan proses generatif, produktif, dan representatif yang terjadi dalam penciptaan nilai di sebuah perusahaan. Hubungan ketiganya dapat dijadikan fokus untuk membentuk model yang lebih tepat untuk penggambaran yang lebih universal. Sedangkan saran praktisnya adalah bahwa perlu adanya koordinasi yang lebih baik antara fungsi Humas dan Komunikasi Pemasaran. Di dalam perusahaan, keduanya merupakan alat utama untuk berkomunikasi dengan pihak eksternal perusahaan. Kemudian perlu dieksplorasi sarana-sarana komunikasi pemasaran baru sebagai alternatif kunjungan langsung ke perusahaan-perusahaan dalam pemasaran tatap muka, yang membutuhkan cukup banyak biaya dan waktu. Misalnya, dengan menempatkan lebih banyak perwakilan pemasaran (marketing representative) di daerah-daerah, dan sebagainya.

Keywords


Komunikasi pemasaran; pameran; pertukaran nilai; positioning; publisitas

Full Text:

PDF

References


Dibb, S. & Lyndon, S. (1996). The market segmentation workbook: target marketing for marketing managers. London: Routledge.

Ghodeswar, B. M. (2008). Building brand identity in competitive markets: a conceptual model. Journal of Product & Brand Management, Vol. 17 No. 1 hal 4-12. Bingley: Emerald.

Hartoyo, N. M. & Supriadi, D. (2015). Aktivisme sosial melalui penggunaan media sosial: studi kasus asosiasi ibu menyusui indonesia (aimi). Jurnal Kajian Komunikasi Vol. 3 No. 1 Hal. 1-11. Jatinangor: Fikom Unpad

Isnaini, S. (2009). Implementasi komunikasi pemasaran terpadu sebagai penyampai pesan promosi usaha kecil menengah (ukm) di indonesia. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 22(4), 324–332.

Komala, L., Novianti, E., & Subekti, P. (2014). Strategi pemilihan media promosi kesehatan dalam penanggulangan hiv/aids di kabupaten garut. Acta DiurnA, 10(2), 34–43.

Limakrisna, N. (2008). Pengaruh komunikasi pemasaran dan kerelasian nasabah terhadap loyalitas nasabah. Jurnal Ekonomi Bisnis, 13(7), 68–79.

Panda, T. K. (2007). Marketing management: text and cases (second edition). New Delhi: Excel Books.

Varey, R. J. (2002). Marketing communication: principles and practice. Abingdon: Psychology Press.

Yin, R. K. (2003). Case study research, design and methods, 3rd edition. London: SAGE Publications.

________. (2007). Qualitative research from start to finish. New York: The Guilford Press.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.8996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Yasser Ersyad, Eni Maryani, Siti Karlinah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: