PENERAPAN TERAPI PERILAKU KOGNITIF TERHADAP PENARIKAN SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS FISIK DI DESA CAMPAKA, KABUPATEN ANDIR, BANDUNG

Rini Hartini Rinda Andayani, Puspa Sari Muraidandini, Azlinda Azman

Abstrak


Penyandang disabilitas fisik seringkali harus berurusan dengan masalah yang berasal dari dalam dirinya sendiri, dan juga dari lingkungannya. Kecenderungan menarik diri dari lingkungan disebabkan pemahaman bahwa ia berbeda dari orang lain, dan juga lingkungan memberikan perlakukan yang berbeda terhadap mereka. Pola pikir negatif tersebut kemudian mempengaruhi perilaku menjadi mal adaptif. Kondisi ini memerlukan perhatian agar penyandang disabilitas dapat terbebas dari distorsi kognitif atau pemikiran negatif dan perilaku mal adaptif, sehingga dapat berdampak pada peningkatan kualitas hidup dirinya dan juga keluarganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) karakteristik responden penyandang disabilitas fisik, 2) penerapan CBT dalam mengurangi perilaku mengasingkan diri, 3) penerapan CBT dalam mengatasi perilaku yang cepat tersinggung, 3) penerapan CBT dalam mengatasi perilaku apatis, 4) penerapan CBT mengatasi perilaku sering melamun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain subjek tunggal (SSD) dan model A-B-A. Teknik pengumpulan data utama dengan menggunakan kuesioner, dilengkapi dengan observasi dan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik deskriptif dengan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CBT dapat mengurangi perilaku mengasingkan diri, perilaku cepat tersinggung, apatis dan perilaku yang sering melamun. Implikasi praktis dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan CBT pada penyandang disabilitas fisik harus mempertimbangkan keterlibatan keluarga, terapi dilakukan dalam kelompok, kombinasi teknik penguatan yang berulang, serta kemampuan terapis untuk mengubah pemikiran negatif.


Kata Kunci


cognitive behavior therapy, perilaku menarik diri, penyandang disabilitas fisik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bellini, S. &Akalian, J. 2007. A Meta Analysis of Video Modelling and Video Self Modelling Interventions for Children and Adolescent With Autism Spectrum Disorder, Exceptional Children. David, L., Gruber, Cristian P. 1995. Personality Inventory for Youth (PIY) Manual: Administration and Interprestation Technical Guide. Los

Angeles: Western Psychological Service (WPS). DuBois, B.&Miley,K.K. 2005. Social work an empowering profession. USA: Pearson Education, Inc. RehabilitasiSosial Department, STKS Bandung. 2006. Psychosocial Therapy. Manual Part 1. Not Published. Marchant, R.2001.Working with disabled children. In: FoleyP., RocheJ., TuckerS., editors. Children in Society: Contemporary Theory, Policy and Practice. Basingstoke: Palgrave in association with Open University Press. O’Loughlin, M.&O’Loughlin, S. 2008. Social Work with Children and Family. Glasgow. Putranto, A. K. 2016. The Aplication of Cognitive Behavior and Behavior Activities in Clinical Intervention. Grafindo Books Media. Turner, F.J. &Noh, S. 1988. Physical disability and depression: A longitudinal analysis. Health and Social Behavior.29 (1). Turner, F. J. 1978. Psychosocial Therapy. New York: Macmillan Publishing Co. Andayani, R.H.R, et al. 2011. Psychosocial Therapy. Bandung. STKS Press. UN ESCAP.2002. Disability and the BiwakoMillenium Framework for Action. Zastrow, C.H.& Kirst-Ashman, Karen K. 2004. Understanding human behavior and the social environment. USA: Thomson Learning Inc




DOI: https://doi.org/10.24198/jkrk.v1i2.23244

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik terindeks di:

 Google Scholar GarudaDimensions 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.