Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan Quality Function Deployment (QFD) pada Laboratorium Matematika Pusat Laboratorium Terpadu

Yanne Irene, Bambang Ruswandi

Abstract


ABSTRAK


Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan Laboratorium Matematika Pusat laboratorium Terpadu serta merencanakan strategi peningkatan kualitas pelayanan dengan menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Dari hasil eksplorasi terhimpun sebanyak 30 mahasiswa, kemudian 30 atribut tersebut di ekstrasi dengan menggunakan metode
Eksplorasi Faktor Analisis (EFA) dan diperoleh 9 komponen utama. Untuk memenuhi harapan dan keinginan mahasiswa tersebut, maka pihak prodi memberikan lima tanggapan teknis responsivenss dan tingkat tangibles. Dari lima respon tersebut, yang menjadi prioritas utama adalah tingkat tangibles yang mampu memenuhi 44,83% kebutuhan mahasiswa terhadap pelayanan Laboratorium Tugas Matematika dan yang
menjadi prioritas terakhir adalah tingkat Emphaty dengan nilai prioritas 11,19%

Kata Kunci: Pelayanan, Kualitas, EFA, QFD, Prioritas

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jmi.v9.n2.10191.147-160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Journal of Integrative Math



Published By:

Department of Matematics, FMIPA, Universitas Padjadjaran, Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor


Indexed by:

width=width= width= width= width= width=

 

Visitor Number : free
hit counter View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.