Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Brand Loyalty Gojek Indonesia dengan Efek Mediator Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM)

Samantha Surya, Nurul Gusriani, Iin Irianingsih

Abstract


Kehadiran jasa transportasi online adalah salah satu bukti bahwa teknologi turut serta memengaruhi perkembangan bisnis. Salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi online adalah Gojek. Kini Gojek bukan merupakan satu-satunya penyedia jasa tersebut, sehingga diperlukan upaya untuk dapat mempertahankan eksistensi merknya di pasaran. Salah satunya dengan memperhatikan brand loyalty serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor mana saja yang memengaruhi brand loyalty dengan menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling  (PLS-SEM) dan analisis mediasi untuk melihat apakah terdapat unsur mediasi pada hubungan variabel-variabel yang diteliti. Populasi penelitian ini yaitu Mahasiswa S1 Departemen Matematika Universitas Padjadjaran pengguna gojek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh variabel mediator pada hubungan perceived quality dengan brand loyalty karena brand image dan brand trust tidak memengaruhi brand loyalty, sedangkan perceived quality secara signifikan memengaruhi brand loyalty.

References


Abdillah, W., Hartono, J. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hair, J.F., Hult, G.T.M, Ringle, C.M., Sarstedt, M. 2014. A Primer Partial Least Squares Structural Equation Modeling. United States of America: SAGE Publications.

Kurniawan, H.H. 2017. Pengaruh Perceived Quality terhadap Brand Loyalty melalui Mediasi Brand Image dan Brand Trust (Studi Kasus pada McDonald’s di Kota Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol.4, No .2, hlm 228-239.

Kompas. 2019. Go-Jek 3 Tahun, dari Hanya 30 Mitra Kini Capai 2 Juta, (Online), https://amp.kompas.com/money/read/2019/07/22/140544426/go-jek-3-tahun-dari-hanya-20-mitra- kini-capai-2-juta, (diakses 21 November 2019).

MacKinnon, D.P. 2008. Introduction to Statistical Mediation Analysis. New York: Psychology Press Taylor & Francis Group.

Monecke, A., Leisch, F. 2012. semPLS: Structural Equation Modeling Using Partial Least Square. Journal of Statistical Software, Vol.48.

Riana, G. 2008. Pengaruh Trust in a Brand terhadap Brand Loyalty pada Konsumen Air Minum Aqua di Kota Denpasar. Buletin Studi Ekonomi, Vol.13, No.2.




DOI: https://doi.org/10.24198/jmi.v16.n2.29248.127-137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Matematika Integratif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Department of Matematics, FMIPA, Universitas Padjadjaran, Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor


Indexed by:

width=width= width= width= width= width=

 

Visitor Number : free
hit counter View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.