Pengaruh Faktor Lingkungan, Nilai-nilai dan Sumber Daya terhadap Kualitas Pelayanan Air Bersih di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Medal Cabang Ujungjaya, Tomo dan Paseh Kabupaten Sumedang

Lalas Sulastri, Dadan Setia Nugraha

Abstrak


PDAM Cabang Ujungjaya, Tomo dan Paseh telah mengupayakan memberikan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan air bersih, namun dalam perjalanannya sering mendapat keluhan dari masyarakat. Keluhan masyarakat tentang semakin sulitnya untuk mendapatkan air bersih tampaknya masih menjadi kendala yang sepenuhnya belum dapat diatasi oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini PDAM Cabang Ujungjaya, Tomo dan Paseh. Di satu pihak permintaan masyarakat akan air bersih semakin meningkat, namun kualitas pelayanan yang diberikan belum sebanding dengan pemenuhan permintaan masyarakat tersebut. Beberapa indikasi menunjukkan bahwa kondisi tersebut antara lain diduga disebabkan oleh faktor lingkungan, nilai-nilai dan sumber daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh faktor lingkungan, nilai-nilai dan sumber daya terhadap kualitas pelayanan air bersih di PDAM Cabang Ujungjaya, Tomo dan Paseh. Penelitian ini dilakukan pada 66 orang karyawan PDAM Tirta Medal Cabang Ujungjaya, Tomo dan Paseh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatif. Teknik sampling yang digunakan adalah sensus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket kepada karyawan PDAM. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor lingkungan, nilai-nilai dan sumber daya berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan air bersih. Ditemukan fakta bahwa PDAM Tirta Medal Cabang Ujungjaya, Tomo dan Paseh perlu mencermati upaya pemenuhan pelayanan dari segi kontinuitas air untuk dapat mewujudkan pelayanan yang berkualitas.

Kata Kunci


lingkungan, nilai-nilai, sumber daya, kualitas pelayanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Cliff Bowman. 2013. Intisari Manajemen Strategik. (Alih bahasa Dadi Pakar). Bandung. Ganeca Exact.

Djasmin Saladin. 2007. Manajemen Strategi dan Kebijakan perusahaan. Bandung. PT. Linda Karya.

Fandy Tjiptono. 2011. Manajemen Jasa. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Hani Handoko. 2007. Manajemen. Yogyakarta. BPFE.

J Sudarsono. 2009. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Jhon Thompson. 2006. A Strategik Perspective of Entrepreneurship. Huddersfield UK. Huddersfield University Business Scholl.

Karhi Nisjar. dan Winardi. 2001. Ilmu Ekonomi Makro. Bandung. Mandar Maju.

Michael Allison dan Jude Kaye. 2010. Perencanaan Strategis (Bagi Organisasi Nirlaba). Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.

Singarimbun, dkk. 2011. Metode Penelitian Survai. Jakarta. LP3S.

Stephen P Robbin. 2012. Teori Organisasi (Struktur, Desain dan Aplikasi). (Alih bahasa Jusuf Udaya). Jakarta. Penerbit Arcan.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Susilo Martoyo. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. BPFE.

Suwarsono 2011. Manajemen Strategik (Konsep dan Kasus). Yogyakarta. Unit Penerbit Akademi Manajemen dan Perusahaan YKPN.




DOI: https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i2.14382

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

 Jurnal Manajemen Pelayanan Publik Indexed By:

Google Scholar  Bielefeld Academic Search Engine (BASE) WorldCat Indonesia One Search          
 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.