Kualitas Pelayanan Kesehatan Lansia di Kota Yogyakarta (Studi kasus pelayanan kesehatan pada Puskesmas Mantrijeron)
Abstrak
ABSTRACK
The aim of this paper is study the effect of health service quality on elderly satisfaction in Puskesmas Mantrijeron. Mix methods approach is used to answer the purpose of this study which quantitative method with scaled indeks to determine the quality of satisfaction services with variabel services. Qualitative approach used to explain how elderly reponses about the services. The conclusion of the research is, service quality in Puskemas Mantrijeron to eldery is “excellent” as indicated of 86.74 score.
ABSTRAK
Tulisan ini menelaah mengenai kualitas pelayanan Puskesmas Mantrijeron terhadap masyarakat lansia. Metode penelitian yang dipergunakan untuk menjawab tujuan penelitian ini adalah mix method dimana metode kuantitatif dengan skala indeks dipergunakan untuk mengetahui ukuran kualitas pelayanan berdasarkan variabel layanan. Metode kualitatif dipergunakan untuk menggali secara mendalam respon masyarakat lansia terkait dengan pelayanan yang dirasakan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil pelayanan yang ada Puskesmas Mantrijeron “SANGAT BAIK” yang ditunjukkan dengan skor 86,74.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Dwiyanto, Agus, 2010, Manajemen Pelayanan Publik (Peduli, Inklusif dan Kolaboratif), Yogyakarta, Gadjah Mana University Press
Fandy Tjiptono, 2007, Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta
Hardiansyah, 2011, Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta, Gava Media
Hermawati, Istiana.2015.Kajian Kota Ramah Lansia dalam Seminar Lokarya Lansia. UNY. B2P3KS.
Kotler, P. (2007) Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid Sembilan Edisi Bahasa Indonesia Jakarta: PT. Indeks
Maddy, Khairul, 2009, Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima, Jakarta ; Chama Digit
Mamik (2010). Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Surabaya : Prins Media
Mulyadi, Deddy, Hendrikus & Muhammad Nur Afandi, 2016, Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik, Bandung, Alfabeta
M. Nur Rianto Al Arif, Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, (Bandung: Altabeta, 2010)
Nursalam, (2011) Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi Ketiga Jakarta: Salemba Medika
Pohan,Imbalo.(2007).Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: EGC
Pramusinto, Agus dan Erwan Agus Purwanto, 2009, Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan dan Pelayanan Publik, Yogyakarta, Gava Media
Ratminto & Atik Septik W, 2006, Manajemen Pelayanan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
R. Ferry Anggoro Suryokusumo, 2008, Pelayanan Publik dan Pengelolaan Infrastruktur Perkotaan, Yogyakarta, Sinergi Publishing
DOI: https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i2.18452
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
Jurnal Manajemen Pelayanan Publik Indexed By:



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.