Pengalaman Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Praktikum di Laboratorium

Elizabeth Sarah Apriani, Irman Somantri, Tuti Pahria

Abstract


Latar Belakang. Pengalaman belajar mahasiswa keperawatan salah satunya didapatkan melalui praktikum laboratorium untuk membentuk serta melatih keterampilan seorang perawat. Ditemukannya perbedaan persepsi antar kelompok tutor saat praktikum mandiri, kurangnya pengenalan mengenai beberapa alat praktek, dan keterbatasan jumlah alat dan pendampingan tutor saat praktikum mandiri. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengalaman belajar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran praktikum laboratorium di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Metode. Populasi penelitian ini sebanyak 311 mahasiswa Fakultas Keperawatan Unpad angkatan 2016 yang tersebar pada 3 lokasi. Sampel penelitian ini sebanyak 175 mahasiswa dengan menggunakan teknik cluster sampling. Variabel pengalaman belajar diukur menggunakan Learning Experience Questionnaire (LEQ). Hasil. Didapatkan pengalaman belajar mahasiswa secara keseluruhan 80% dikategorikan baik, Berdasarkan aspek learning environment didapatkan hasil dengan kategori baik diantaranya untuk aspek kebermaknaan (81,1%), komprehensifitas (80%) dan pengelolaan (76,6%). Sedangkan berdasarkan lokasi kampus dengan hasil kategori baik yaitu; kampus Jatinangor (89,3%), kampus Garut (69% ) dan 100% pada kampus Pangandaran. Kesimpulannya sebagian besar mahasiswa memiliki pengalaman belajar yang baik, baik dari aspek pengalaman belajar maupun berdasarkan lokasi kampus. Diharapkan kepada kampus yang masih terdapat kateogri kurang untuk melakukan stimulasi kepada mahasiswa sebelum mengikuti pembelajaran laboratorium.


Keywords


mahasiswa keperawatan, pembelajaran praktikum laboratorium, pengalaman belajar

Full Text:

PDF

References


Aldridge, M. (2016). Nursing Students' Perceptions of Learning Psychomotor Skills: A Literature Review. Teaching and Learning in Nursing, 1-7.

Borglund, D., Carlsson, U., Tosti, M. C., Havtum, H., Hjlem, N., Naimi-Akbar, I., & KTH. (2016). Learning Experience Questionnaire: Course Analysis for Development, Version 2 ECE Teaching and Learning in Higher Education No 2. Stockholm: KTH Vetenskap Och Konst.

Bruce, J., Klopper, H., & Mellish, J. (2011). Teaching and Learning the Practice of Nursing. Cape Town: Heinemann.

Crookes, K. (2015). Meaningful and engaging teaching in nursing education. Master of Philosophy thesis, School of Nursing and Midwifery, University of Wollongong, http://ro.uow.edu.au/theses/4534.

Fakunmoju, S., Donahue, G. R., McCoy, S., & Mengel, A. S. (2016). Life Satisfaction and Perceived Meaningfulness of Learning Experience Among First-Year Traditional Graduate Social Work Students. Journal of Education and Practice Vol. 7, No. 6, 49-62.

Felix, C., Faro, A., & Dias, C. (2011). Nursing students' perception about the nursing laboratory as a teaching strategy. Rev Esc Enferm USP Vol. 45, No. 1, 238-244.

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Haraldseid, C., Friberg, F., & Aase, K. (2015). Nursing students' perceptions of factors influencing their learning environment in a clinical skills. Nurse Educ. Today, 1-6.

Hastuti. (2010). Analisis pembelajaran laboratorium keperawatan jiwa Akper PKU Muhammadiyah Surakarta. Tesis.

Helgesen, A., Gregersen, A., & Roos, A. (2016). Nurse students' experiences with clinical placement in outpatient unit - A qualitative study. BMC Nursing Vol. 15 No. 49, 1-6.

Jeppesen, K. H., Christiansen, S., & Frederiksen, K. (2017). Education of student nurses - a systematic literature review. Nurse Education Today.

Kharb, P., Samanta, P., Jindal, M., & Singh, V. (2013). The learning styles and the preferred learning-learning strategies of first year medical students'. Journal of Clinical and Diagnostic Research Vol.7, 1089-1092.

Lestari, T. R. (2014). Pendidikan Keperawatan: Upaya Menghasilkan Tenaga Perawat Berkualitas. Aspirasi Vol. 5 No. 1, 1-10.

Musiana, & Hussein, R. D. (2015). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Praktik Laboratorium di Jurusan Keperawatan Tanjungkarang. Jurnal Kesehatan, Volume VI, Nomor 1, April 2015, 49-55.

Muthathi, I., Thurling, C., & Armstrong, S. (2017). Through the eyes of the student: Best practices in clinical facilitation'. Curationis Vol. 40 No. 1, 1-8.

Ning, H., & Downing, K. (2012). Influence of student learning experience on academic performance: the mediator and moderator effects of self-regulation and motivation. British Educational Research Journal Vol. 38, No 2, April 2012, 219-237.

Rahayuningsih, E., & Dwiyanto, D. (2005). Pembelajaran di Laboratorium. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gajah Mada.

Redmond, A. (2013). The lived experiences of learning psychomotor nursing skills. Thesis.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saputra, O., & Lisiswanti, R. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Keterampilan Klinik di Institusi Pendidikan Kedokteran. Juke Unila Volume 5 Nomor 9, 104-109.

Susilowati, L. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pembelajaran di Laboratorium Kebidanan Mahasiswa Semester IV AKBID Sentra Bina Yudhistira Tangerang. Journal Scientific Soluten, Vol. 1 No. 1, 102-114.

Syahreni, E., & Waluyanti, F. T. (2007). Pengalaman Mahasiswa S1 Keperawatan Program Reguler dalam Pembelajaran Klinik. JurnalKeperawatan Indonesia Vol. 11 No. 2, 47-55.

Will, E., Their, P., Care, N., & Alo, J. M. (2017). PRACTICAL RETURN DEMONSTRATION : ENACTMENT NURSING STUDENTS PRACTICAL RETURN DEMONSTRATION : ENACTMENT NURSING STUDENTS DO , BELIEVED AND EXPERIENCED WILL PERK THEIR NURSING CARE, (September).




DOI: https://doi.org/10.24198/jnc.v3i2.20583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JNC is indexed on:

 

Redaksi Journal of Nursing Care:


Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085314295890

Tlp. 022-7795596
Email: jnc.fkep@unpad.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

hit
counter