Tingkat Kecanduan Game Online pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan

Ruby Anggara Pratama, Efri Widianti, Hendrawati Hendrawati

Abstract


Ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kini berkembang dengan pesat salah satu jenisnya berupa game online, semakin sering seseorang memainkannya dapat menjadi kecanduan dan pada dewasa awal respon emosi sering menghindar dari masalah dengan cara bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecanduan game online pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran PSDKU. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan Teknik total sampling pada130 orang mahasiswa. Alat ukur menggunakan GAIA terdiri dari 23 item dengan skala Likert. Analisa data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan tidak kecanduan 62 mahasiswa (47,7%), kecanduan ringansedang 34 mahasiswa (26,2%), dan kecanduan berat 34 mahasiswa (26,2%). Jika kecanduan tidak ditangani dengan benar dapat menimbulkan tidak terkontrolnya diri karena tidak mampu mengurangi waktu bermain sehingga hubungan sosial dan tugas menjadi terhambat. Saran kepada institusi pendidikan agar mengurangi pembelajaran kelas besar karena dapat di contoh dari angkatan sebelumnya. untuk dilakukanya seminar atau pendidikan kesehatan tentang bahaya dan masalah apa yang akan muncul dari kecanduan game, dikarenakan ingkat kecanduan pada mahasiswa masih dalam kategori tidak kecanduan namun hal itu bisa menyebabkan peningkatan kecanduan game online, untuk dosen wali agar memberi arahan kepada mahasiswanya terhadap pemanfaatan waktu khusunya dalam bermain game online pada saat perwalian di awal semester.

Keywords


game, kecanduan, keperawatan, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Adams E & Rollings A. 2010. Fundamentals of game design, 2nd ed. Barkeley, CA: New Riders Buletin APPJI edisi 22 maret 2018 survei APPJI penetrasi internet Indonesia. https://apjii.or.id/content/read/10 4/348/Buletin-Apjii-Edisi Deviandri, M., Slamet, R., & Elvi, R. (2012). Dampak Game Online Bagi Perilaku Siswa Sekolah Dasar di Kelurahan Gunung

Pangilun Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jurnal STKIP PGRI Sumbar, 1(3). Grant JE, Kim SW, Potenza MN. 2013. Advances in the pharmacological treatment of pathological gambling. Journal of Gambling Studies, 19(1), 85109. Griffiths MD (2008) Videogame addiction: further thoughts and observations. International Journal of Mental Health and Addiction 6: 182–185. Hurlock, Elizabeth B. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga Jannah, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2015). Hubungan Kecanduan Game dengan Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 200207. Karuniawan, A., & Cahyanti, I. Y. (2013). Hubungan antara academic stress dengan smartphone addiction pada mahasiswa pengguna smartphone. Jurnal psikologi klinis dan kesehatan mental, 2(1), 16-21.

Lemmens, J. S., Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2009). Development and validation of a game addiction scale for adolescents. England: Routledge. Mappaleo, Akbar. 2009. Tanpa Judul (Online) (http://www.gameonline.com/pa ges/ketag ihan/110014695702521) Majorsy, U., Kinasih, A. D., Andriani, I., & Lisa, W. (2013). Hubungan antara Keterampilan Sosial dan Kecanduan Situs Jejaring Sosial pada masa Dewasa Awal. Prosiding PESAT, 5. Mehroof, M., & Griffiths, M. D. (2010). Online Gaming Addiction: The Role Of Sensation Seeking, Self-Control, Neuroticism, Aggression, State Anxiety, And Trait Anxiety. Cyberpsychology, Behavior, And Social Networking, 13(3), 313-316. Puspitosari, W. A., & Ananta, L. (2016). Hubungan antara Kecanduan Online Game dengan Depresi. Mutiara Medika: Jurnal

Kedokteran dan Kesehatan, 9(1), 50-56. Rahman, A. Z., & Ernawati, R. (2018). Gambaran Tingkat Kecanduan Remaja dengan Game Online di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Rahman, A (2019). Panduan Mendidik Anak di Era Digital : Atasi Bahaya Anak Kecanduan Game Online. Banjarmasin : Luminos Publish. Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2017). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 110-117. Setiaji, Silvia. (2016) “Hubungan Kecanduan Game Online dan Keterampilan Sosial pada Pemain Game Dewasa Awal”. Jurnal Psikologi Psibernetika Sianturi, E. 2014. “Sistem Pakar Diagnosa Gejala Kecanduan Game Online Dengan Menggunaka Metode Certainty Factor”, Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, VII.3 Soebastian, C. O. (2010). Dampak Psikologis Negatif Kecanduan

Permainan Online Pada Mahasiswa (Doctoral dissertation, PRODI PSIKOLOGI UNIKA SOEGIJAPRANATA). Sunarcahya, P. (2008). Analisis FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (Doctoral dissertation, Universitas Terbuka).

Wong, U., & Hodgins, D. C. (2014). Development of the game addiction inventory for adults (GAIA). Addiction Research & Theory, 22(3), 195-209. Young, K. S. (2009). “Understanding Online Gaming Addiction and Treatment issues for adolescents”.The American Journal of Family Therapy. 37: 355-372.




DOI: https://doi.org/10.24198/jnc.v3i2.22850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JNC is indexed on:

 

Redaksi Journal of Nursing Care:


Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085314295890

Tlp. 022-7795596
Email: jnc.fkep@unpad.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

hit
counter