STRATEGI PELAYANAN PRIMA PENGIRIMAN BARANG PADA PT.POS INDONESIA (PERSERO)
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pelayanan prima yang diterapkan oleh PT. Pos Indonesia berdasarkan konsep pelayanan prima dari Rangkuti (2017) yaitu attitude, attention, action dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan prima pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan analisis SWOT sehingga dapat menentukan strategi yang tepat untuk PT. Pos Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan posisi perusahaan dalam kuadran I yang berarti dapat menggunakan strategi SO sehingga rekomendasi strategi yang dapat disampaikan bersifat agresif yang berarti perusahaan berada dalam kondisi baik sehingga memungkinkan terjadi peningkatan pertumbuhan dan mencapai kemajuan secara maksimal. Strategi SO yang dibuat untuk PT. Pos Indonesia berdasarkan matriks SWOT adalah meningkatkan kepercayaan dan menjaga loyalitas konsumen dengan tetap mempertahankan SOP pelayanan yang sudah ada dan meningkatkan fasilitas layanan lebih nyaman misalnya menyediakan air minum untuk konsumen yang sedang menunggu untuk dilayani oleh Customer Service.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Barata, A. A. (2003). Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo.
Bogdan, Robert C. dan Biklen Kopp Sari. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon, Inc.: Boston London
Daryanto., & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media
Gurel, E., & Tat, M. (2017). SWOT Analysis: A Theoretical Review. The Journal of International Social Research, 10, 994-1006
LAPOR! (2020, April 7). Dipetik Februari 21, 2023, dari Pelayanan Pos Indonesia Mengecewakan: https://www.lapor.go.id/laporan/detil/pelayanan-pos-indonesia-mengecewakan-2
Miles & Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia
Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Moenir, A.S. (2014). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution, (2009). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Pos Indonesia. (2021, Mei 05). Dipetik September 07, 2022 dari PT Pos Indonesia (Persero) Luncurkan HALO POS 1500161 Serta O-Ranger & Agen Pos Untuk Negeri:https://www.posindonesia.co.id/id/galeri/15#:~:text=PT%20Pos%20Indonesia%20(Persero)%20melaksanakan,PT%20Pos%20Indonesia%20(Persero)
Prasetyawati, A. (2015). Customer Service di Bank Tabungan Negara (Persero) Surabaya (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).
Rabbi, C. P. (2021, Juli 8). Katadata. Dipetik Juni 23, 2022 dari Industri Logistik Tumbuh 40% Selama Pandemi Covid-19: https://katadata.co.id/safrezifitra/berita/60e6bc288f45c/industri-logistik-tumbuh-40-selama-pandemi-covid-19
Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2017). Customer care excellence: meningkatkan kinerja perusahaan melalui pelayanan prima plus analisis kasus jasa raharja. Gramedia Pustaka Utama
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suminar, R., & Apriliawati, M. (2018). Pelayanan Prima Pada Orang Tua Siswa Di Sempoa Sip Tc Paramount Summarecon. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 4(2), 25.
Suyetty. & Kurniawan, G. (2005). Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan. Bogor: Yudhistira.
Umar, H. (2008). Metode riset bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.24198/jomblo.v1i1.45797
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##