Analisis Penggunaan Instagram O-Ranger Mawar Pada PT. Pos Indonesia

Afina Zahrah Damayani, Puteri Almadina, Wulan Purnama Sari, Ahmad Zaki

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui media sosial yang digunakan oleh PT. Pos Indonesia untuk mempromosikan O-Ranger Mawar, mengetahui influencer yang digunakan dapat mempromosikan O-Ranger Mawar, mengetahui media sosial yang digunakan dapat mencapai target mitra O-Ranger Mawar yang diharapkan oleh PT. Pos Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tinjauan pustaka. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan hasil observasi pada Instagram @oranger_mawarkantorpos adalah target yang diharapkan oleh PT. Pos Indonesia terkait mitra yang tergabung menjadi O-Ranger Mawar di masing – masing regional belum mencapai target. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengelolaan instagram yang masih kurang dilihat dari feeds yang tidak rapi, konten yang belum terarah, hingga caption yang kurang menarik. Selain itu, PT. Pos Indonesia untuk mempromosikan O-Ranger Mawar juga menggunakan seorang influencer tetapi masih kurang untuk memperkenalkan O-Ranger Mawar kepada masyarakat luas.

Kata Kunci


Pemasaran Digital, Media Sosial, Instagram, PT. Pos Indonesia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, Khansa. (2016). Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Tingkat Brand Awareness Roaster and Bear Coffee Lounge & Kitchen. Jurnal Komunikasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita Bogdan, Robert C. Dan Biklen Kopp Sari. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon, Inc: Boston London.

Boyd, H.W, Orville C.W, Jean, L. (2011). Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global. Jakarta : Erlangga.

Chaffey, D., & Ellis. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice (6th ed.). Pearson.

Chole, N., & Dharmik, K. M. (2018). Digital Marketing & Social Media. International Conference Business Remodelling: Exploring New Initiatives In Key Business Functions (pp. 163-167). Nagpur: Tripude Institute of Management Education

Gugup K. (2011). Bisnis Pengantar. Edisi ke-2. Yogyakarta : BPFE.

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era modern (Sebuah studi literatur). Eksekutif, 15(1), 133-146.

Hootsuite. (2023). Dipetik Agustus 07, 2023 dari Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

Irma, A. (2017). Peran Instagram Sebagai Median Komunikasi Pemasaran Bisnis Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bisnis Online Beautyhomeshop). Jurnal online kinesik Vol. 4 No.2 (2017)

Iwan Satibi. (2011). Teknik Penulisan Skripsi, Tesis & Disertasi. Bandung: Ceplas.

Kotler, P dan Amstrong. (2017). Pemasaran. Edisi pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, P dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edisi Ke-12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Noprianto, E. (2018). Pemanfaatan media sosial dan penerapan social media analytics (SMA) untuk perpustakaan di Indonesia. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 1-10.

Quesenberry, Keith A. (2018). Social Media Strategy: Marketing, Advertising, and Public Relations in the Consumer Revolution. United States: Rowman & Littlefield Publishers.

Rancati, E., & Gordini, N. (2014). Content marketing metrics: Theoretical aspects and empirical evidence. European Scientific Journal, 10(34).

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Royle, J., & Laing, A. (2014). The digital marketing skills gap: Developing a Digital Marketer Model for the communication industries. International Journal of Information Management, 34(2), 65-73.

Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. Tarihoran, J. E., Mardiani, M. I., Putri, N. D., Novareila, R. S., & Sofia, A. (2021). Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start – Up Di Indonesia. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), 72-78.

Untari, D dan Endah, D. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun @Subur_Batik. Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol. 2 No. 2, September.




DOI: https://doi.org/10.24198/jomblo.v1i2.50760

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##