MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA DENGAN METODE COGNITIVE RESTRUCTURING

Chika Riyanti, Rudi Saprudin Darwis

Abstrak


Salah satu periode dalam tahap perkembangan adalah masa remaja. Masa remaja menjadi masa peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa dimana terjadi beberapa kesulitan yang akan dihadapi baik oleh remaja maupun oleh orang tuanya. Tidak sedikit remaja yang tidak dapat merasakan peran dan fungsi dari orang tua mereka dikarenakan beberapa kondisi yang harus mereka hadapi seperti tinggal di panti asuhan. Remaja yang berada di panti asuhan dituntut untuk dapat melakukan penyesuaian diri secara baik. Penyesuaian diri yang mengalami hambatan akan mengganggu seseorang berperan serta berfungsi dalam kelompoknya. Banyak faktor yang menyebabkan remaja sulit melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya, salah satunya adalah keyakinan pada kemampuan diri yang disebut dengan kepercayaan diri. Permasalahan tidak percaya diri akan menghambat perkembangannya dalam bersosialisasi, mengembangkan potensi yang ia miliki, mengenal dirinya sendiri, dan tugas perkembangan lainnya. Permasalahan tidak percaya diri ini diketahui merupakan akibat dari adanya pikiran-pikiran negatif (distori kognitif) yang berdampak pada perilaku remaja. Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri ialah dengan menggunakan cognitive restructuring form. Cognitive restructuring menekankan kepada kekuatan pikiran yang positif dan logis. Tujuan dari teknik cognitive restructuring secara umum adalah untuk merubah pikiran-pikiran negatif terhadap permasalahan yang dimiliki oleh klien menjadi pikiran yang lebih positif, sehingga pikiran tersebut berimplikasi terhadap sikap dan perilaku yang diambil oleh klien.

 

 

One of the periods in the developmental stage is adolescence. Adolescence is a period of transition from childhood to adulthood where several difficulties will be faced by both adolescents and by their parents. Not a few teenagers are unable to feel the role and function of their parents due to several conditions they have to face, such as living in an orphanage. Teens who are in orphanages are required to be able to adjust well. The adjustment that experiences obstacles will interfere with a person participating and functioning in the group. Many factors make it difficult for adolescents to adjust to their environment, one of which is the belief in self-efficacy which is called self-confidence. The problem of insecurity will hinder his development in socializing, developing his potential, knowing himself, and other developmental tasks. The problem of insecurity is known to be the result of negative thoughts (cognitive distortion) that have an impact on adolescent behavior. One method that can be used to increase self-confidence is to use the cognitive restructuring form. Cognitive restructuring emphasizes the power of positive and logical thoughts. The purpose of cognitive restructuring techniques, in general, is to change negative thoughts about the problems the client has into more positive thoughts so that these thoughts have implications for the attitudes and behaviors taken by the client.


Kata Kunci


remaja, panti asuhan, kognitif, kepercayaan diri, perkembangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AM, Mukhlisah. (2015). Pengembangan Kognitif Jean Piaget dan Peningkatan Belajar Anak Diskalkulia (Studi Kasus pada MI Pangeran Dipenogoro Surabaya). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya. Jawa Timur.

Burns, D. (1988). Terapi Kognitif. Pendekatan Baru Bagi Penanganan Depresi. Jakarta: Penerbit Erlangga

Fitri, Emria; Nilma Zola; Ifdil Ifdil. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Universitas Pendidikan Indonesia. Indonesian Institue for Counceling Education and Therapy. Universitas Negeri Padang.

Ghufron, M. Nur, Risnawati S., Rini . (2010). Teori-teori Psikologi. Ar Ruz Media : Yogjakarta

Ghifani, A. (2004). Percaya Diri Sepanjang Hari. Bandung : Mujahid.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hasmayni, Babby. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Diri Remaja. Program Studi Magister Psikologi. Universitas Medan Area. Sumatera Utara.

Herlina. (2013). Bibliotherapy: Mengatasi Masalah Anak dan Remaja melalui Buku. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Huberman, B. (2002). Growth and Development, Ages 13 to 17-What You Need to Know.

Hurlock, E.B. (1997). Perkembangan Anak, Jilid I, Edisi ke-6. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E.B. 1993. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Jahja, Yudrik. ( 2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media.

Jatmika, Sidik. (2010). Geng Remaja, Anak Haram Sejarah ataukah Korban Globalisasi?. Yogyakarta: Kansius

Lauster, Peter. (2008). Tes kepribadian. Ed. Cet. 8. Jakarta: Bumi Aksara

Mardatillah. (2010). Pengembangan Diri. STIE Balikpapan: Madani.

Nafisah, Syifa Jauhar. Arti Kehidupan Anak Asuh Panti Asuhan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Jawa Barat.

Putro, Khamim Zarkasih. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Rahmat, Jalaludin . (2000). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rizkiawati, Rini; Dessy Hasanah Siti Asiah. Mengatasi Masalah Distorsi Kognitif pada Klien Usia Remaja Dengan Metode Cognitive Restructuring Form. Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Universitas Padjadjaran. Sumedang. Jawa Barat.

Sary, Yessy Nur Endah. (2017). Perkembangan Kognitif dan Emosi Psikologi Masa Remaja Awal. STIKES Hafshawaty Zainul Hasan. Probolinggo. Jawa Timur.

Syam, Asrullah; Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Parepare. Sulawesi Selatan.




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v1i1.31857

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: