Penggunaan Website sebagai Strategi Online Fundraising di Yayasan Al-Qomariyah Kota Bandung

Nurul Izza Sayyidina Aufa Dianto, Maulana Irfan, Arie Surya Gutama

Abstrak


Penelitian ini membahas penerapan strategi online fundraising oleh Yayasan Al-Qomariyah, Kota Bandung, dengan fokus pada pemanfaatan website company profile. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aspek-aspek yang memengaruhi kesuksesan penggalangan dana online, seperti aksesibilitas, akuntabilitas, edukasi, interaksi, dan pemberdayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yayasan Al-Qomariyah telah memanfaatkan kombinasi pendekatan yang inklusif melalui online fundraising untuk mencapai keberlanjutan dalam dukungan finansial dan direct funding pada proyek spesifik. Website Al-Qomariyah telah mengakomodasi pengalaman berdonasi yang baik, tetapi interaksi lebih fokus dilakukan melalui media sosial. Transparansi penggunaan dana tidak disajikan secara eksplisit melalui website unuk menjaga privasi donatur. Interaksi dalam website masih belum optimal, sehingga media sosial dimanfaatkan untuk meningkatkan interaksi tersebut dan menjadi wadah utama dalam mendorong partisipasi dan donasi. Penelitian ini merekomendasikan Yayasan Al-Qomariyah untuk melakukan integrasi yang lebih baik antara website dengan platform penggalangan dana online lainnya, meningkatkan interaksi di website, serta memperbanyak konten edukatif untuk mendorong partisipasi aktif dalam peningkatan online fundraising mereka. 


Kata Kunci


Penggalangan Dana Daring; Lembaga Filantropi; Strategi Website

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Casey, J. (2016). The nonprofit world : Civil society and the rise of the nonprofit sector. Boulder, CO: Kumarian Press.

Collins, J. (2005). Good to Great and The Social Sectors : Why Business Thinking is Not the Answer. J. Collins.

Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. Jurnal Study Kasus, 1-11.

Payne, A., Scharf, K., & Smith, S. (2014). Online fundraising – the perfect ask? CAGE Online Working Paper Series, 1-21.

Pollach, I., Treiblmaier, H., & Floh, A. (2005). Online Fundraising for Nonprofit Organizations. IPSI Bgd Transactions on Internet Research, 55-61.

Robinson, A. (2002). Selling Social Change (Without Selling). San Francisco: Jossey-Bass.

Sargeant, A., & Shang, J. (2010). Fundraising Principles and Practice. San Fransisco: Jossey-Bass.

Saxton, G., & Wang, L. (2014). The social network effect: The determinants of giving through social media. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 850-868.

Widiyanti, A., & Pratama, E. A. (2017). Pemanfaataan Penggunaan Sistem Informasi Donasi Pada Panti Asuhan Berbasis Website Pada Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Purwokerto. Indonesian Journal on Software Engineering, 34-43.

Zhou, H., & Ye, S. (2019). undraising in the Digital Era: Legitimacy, Social Network, and Political Ties Matter in China. International Society for Third-Sector Research, 499-511.




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i3.51702

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: