PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK USIA SEKOLAH

Naila Hisanah Bilantara, Meilanny Budiarti Santoso, Santoso Tri Raharjo

Abstrak


Penelitian ini membahas pengaruh lingkungan sosial terhadap kecanduan game online pada anak usia sekolah, menunjukkan bahwa komponen-komponen dalam lingkungan sosial memiliki peran signifikan dalam membentuk perilaku dan karakter anak yaitu sejalan dengan teori pembelajaran sosial dan teori ekologi, yang menjelaskan bahwa proses pembelajaran individu serta interaksi antara individu dengan berbagai lapisan dalam sistem lingkungannya dipengaruhi oleh faktor lingkungan sosialnya. Fokus penelitian ini terletak pada peran orang tua, teman sebaya, dan pihak sekolah sebagai bagian dari lingkungan sosial yang memengaruhi perilaku kecanduan game online pada anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi literatur, yaitu melalui penelusuran terhadap berbagai sumber referensi seperti jurnal, artikel, buku, dan hasil penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teman sebaya memiliki pengaruh besar terhadap perilaku kecanduan game online. Selain itu, kurangnya komunikasi dari orang tua dapat memperburuk kecenderungan kecanduan. Meski demikian, orang tua tetap memiliki peran penting dalam mengontrol durasi penggunaan perangkat elektronik, membatasi waktu bermain game, serta menyediakan aktivitas alternatif untuk mendukung sosialisasi anak. Demikian pun dengan pihak sekolah yang memainkan peran dalam memberikan edukasi mengenai dampak negatif dari bermain game online secara berlebihan, terutama bagi anak-anak usia sekolah.

 

This study discusses the influence of the social environment on online game addiction in school-age children, showing that components in the social environment have a significant role in shaping children's behaviour and character, which is in line with social learning theory and ecological theory, which explains that the individual learning process and interactions between individuals and various layers in their environmental system are influenced by social-ecological factors. The focus of this study lies in the role of parents, peers, and schools as part of the social environment that influences online game addiction behaviour in school-age children. This study uses a descriptive method and a qualitative approach, as well as data collection techniques in the form of literature studies, namely by tracing various reference sources such as journals, articles, books, and the results of previous studies. The results of the study show that peers have a major influence on online game addiction behaviour. In addition, a lack of communication from parents can worsen the tendency of addiction. However, parents still have an important role in controlling the duration of use of electronic devices, limiting game playing time, and providing alternative activities to support children's socialisation. Likewise, schools play a role in providing education about the negative impacts of playing online games excessively, especially for school-age children.


Kata Kunci


Kecanduan, Game online, Anak, Orang tua, Lingkungan sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, R., & Asy'ari, A. (2023). Peningkatan Adversity Dan Motivasi Belajar Anak Melalui Pola Asuh orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7060-7072. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5465

Ady Dharma, D. S. (2023). Membaca Peran Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam Menciptakan Lingkungan Inklusif Di Sekolah. SPECIAL Special and Inclusive Education Journal, 3(2), 115-123. https://doi.org/10.36456/special.vol3.no2.a6642

Albert Bandura's social learning theory in psychology. (2023, July 25). Simply Psychology. https://www.simplypsychology.org/bandura.html

Bronfenbrenner's ecological systems theory. (2023, September 14). Simply Psychology. https://www.simplypsychology.org/bronfenbrenner.html

Budiman, A. B., Purwanti, D., & Asriyadi, F. (2024). Dampak faktor lingkungan dengan kecanduan game online pada anak usia sekolah. Jurnal Medika Malahayati, 8(2), 461-467. https://doi.org/10.33024/jmm.v8i2.14311

Hermawan, D., & Abdul Kudus, W. (2021). Peran orang Tua Dalam Mencegah Anak Kecanduan Bermain game online Di era digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 778-789. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i5.171

Irawan, S. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecanduan game online peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1).

Jean Piaget's theory of cognitive development: 4 stages. (2023, November 5). Simply Psychology. https://www.simplypsychology.org/piaget.html#Piagets-Theory

Masfiah, S., & Putri, R. V. (2019). Gambaran motivasi belajar siswa Yang kecanduan game online. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(1), 1. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.2970

Mertika, M., & Mariana, D. (2020). Fenomena game online Di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 99. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154

Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1122

Purba, S. A., Asrini, Y., & Walidaini, I. (2023). Studi Literatur: Pendekatan Behavioral dengan Teknik Modeling. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30593-30599.

Rompas, Y. F., Zakarias, J. D., & Kawung, E. J. (2023). Pengaruh Game Online Terhadap Interaksi Sosial Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Ilmiah Society, 3(1).

Sari, C. A., Faridah, F., Kertapati, Y., & Chabibah, N. (2022). Hubungan Lingkungan Teman Sebaya Dan game online dengan Perilaku Agresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6559-6568. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1946

Sari, T. A., Novitawati, N., & Sulaiman, S. (2024). Pengaruh Interaksi orang Tua: Screen time terhadap Kemampuan Sosial Emosional Dan Berbicara Anak Taman kanak-kanak. Journal of Education Research, 5(3), 3525-3535. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1420

Satura, A., & Rifayani, H. (2024). Pengaruh Kecanduan game online Terhadap Keterampilan Sosial Individu: Analisis Dampak Dan Implikasi. Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(1), 219-233. https://doi.org/10.61132/observasi.v2i1.224

Strategi Pengawasan orang Tua dalam Mengelola Waktu Bermain gadget Anak Di Desa Pancurbatu. (2024). Marcqchainstitute.or.id. https://www.ejournal.marqchainstitute.or.id/index.php/Nauli/article/view/141

Suplig, M. A. (2017). Pengaruh Kecanduan game online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar. Jurnal Jaffray, 15(2), 177. https://doi.org/10.25278/jj71.v15i2.261

Ulya, L., Sucipto, S., & Fathurohman, I. (2021). Analisis Kecanduan game online Terhadap Kepribadian Sosial Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1112-1119. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1347

Yulianti, D., Montessori, M., Ananda, A., & Rahmi, T. (2023). Parents' strategy in using gadgets as a source of character education. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5(2), 577-600. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.3068




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v5i3.61526

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: