RANCANGAN PENDAMPINGAN “4 SKILLS OF RESILIENCE” UNTUK PENGEMBANGAN RESILIENSI BIDANG AKADEMIK PADA MAHASISWA BIDIK MISI

Miryam Wedyaswari, Surya Cahyadi, Erna Susiati, Rasni Adha Yuanita

Abstrak


Mahasiswa bidik misi tergolong ke dalam students at risk – siswa dengan risiko gagal lebih tinggi daripada siswa lainnya. Mereka berasal dari golongan status sosial ekonomi menengah ke bawah dengan tuntutan wajib lulus 4 tahun, minimal IPK 2.5, dan ancaman dicabut beasiswa jika semua hal itu tidak terpenuhi. Untuk itulah kemampuan resiliensi diperlukan.Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuat rancangan pendampingan  4 skills of resilience yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan resiliensi mereka. Penelitian ini mengggunakan definisi resliensi dari Reivich-Shatte (2002). Pendampingan dirancang untuk mahasiswa bidik misi Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran tingkat ketiga sebagai upaya antisipasi mereka menghadapi evaluasi akhir dari DIKTI. Berdasarkan analisis kebutuhan, sebagian besar mahasiswa bidik misi tingkat ketiga memiliki kemampuan resiliensi cenderung rendah  terutama pada faktor impuls control, causal analysis, dan realistic optimism. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih partisipan yanng sesuai dengan kriteria peneliti sehingga didapatkanlah 3 partisipan. Empat keterampilan resiliensi yaitu Learning your ABC, Avoiding thinking traps, Challenging belief, dan Putting it in perspective akan dilatihkan untuk meningkatkan ketiga faktor yang rendah tersebut. Pendampingan ini dirancang dalam 6 sesi. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Method: triangulation embedded design. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rancangan pendampingan untuk sesi I dan sesi II sudah sesuai untuk meningkatkan keterampilan resiliensi pada faktor Impuls Control. Sedangkan sesi III dan IV belum sesuai untuk meningkatkan keterampilan resiliensi (faktor Causal Analysis dan Realistic Optimism) sehingga dibutuhkan perbaikan pada konsten dan prosedur rancangan

Kata Kunci


Resiliensi; Bidang Akademik; Psikologi Positif; Mahasiswa Bidik Misi; Rancangan Pendampingan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Calaguas, G. M. (2012). Teacher effectiveness scale in higher education: Development and psychometric properties. International Journal of Research Studies in Education, 1(1), 1-18.Cresswell, J. W. (2003). Research design: qualitative and mixed-method approaches.

Cresswell, M. J. (2007). Language in the world: a philosophical enquiry. Cambridge University Press..

Gillham, J. E., Reivich, K. J., Freres, D. R., Chaplin, T. M., Shatté, A. J., Samuels, B., ... & Seligman, M. E. (2007). School-based prevention of depressive symptoms: A randomized controlled study of the effectiveness and specificity of the penn resiliency program. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 75(1), 9.

Goodwin, A. L. (2002). Teacher preparation and the education of immigrant children. Education and urban society, 34(2), 156-172.

Hussain, A., Kumar, A., & Husain, A. (2008). Academic stress and adjustment among high school students. Journal of the Indian academy of Applied Psychology, 34(9), 70-73.

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2003). Fear of failure: Friend or foe?. Australian Psychologist, 38(1), 31-38.

Masten, A. S. (2015). Ordinary magic: Resilience in development. Guilford Publications.

Pearson, J., & Hall, D. K. (2006). Reaching In--Reaching Out: Resiliency Guidebook:" bounce Back" Thinking Skills for Children and Adults. Child & Family Partnership.

Reivich, K., & Shatté, A. (2002). The resilience factor: 7 essential skills for overcoming life's inevitable obstacles. Broadway Books.

Reivich, K. J., Seligman, M. E., & McBride, S. (2011). Master resilience training in the US Army. American Psychologist, 66(1), 25.

Robotham, D. (2008). Stress among higher education students: towards a research agenda. Higher education, 56(6), 735-746.

Siegel, S. (1956). Nonparametric statistics for the behavioral sciences.

Sudjana, N. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito, 168.

Sugiyono, M. P. P. (2009). Pendekatan kualitatif. Kuantitatif dan R&D, Jakarta: Alfabeta.

Waxman, H. C., Gray, J. P., & Padron, Y. N. (2003). Review of research on educational resilience.




DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i2.21874

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terideks di:


width= width=  width= width=  width=