PENYESUAIAN MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI PERGURUAN TINGGI: STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UKSW
Abstrak
Transisi dari SMA ke universitas menimbulkan berbagai tantangan bagi mahasiswa tahun pertama yang memasuki masa dewasa awal. Namun, sebagian mahasiswa ada yang mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan dalam melakukan penyesuaian. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi ditinjau dari jenis kelamin, asal daerah, dan tempat tinggal mahasiswa. Sebanyak 227 mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi UKSW menjadi partisipan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan adaptasi bahasa Indonesia dari kuesioner SACQ dari Baker dan Siryk (1984) yang terdiri dari 4 subskala yaitu penyesuaian akademik, penyesuaian sosial, penyesuaian personal-emosional, dan kelekatan institusional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa tahun pertama telah memiliki tingkat penyesuaian di perguruan tinggi yang tergolong sedang dan tinggi di seluruh subskala. Di sisi lain, masih terdapat sebagian mahasiswa yang memiliki tingkat penyesuaian yang tergolong rendah yaitu sebanyak 14,98% pada subskala penyesuaian akademik, 9,69% pada subskala penyesuaian sosial, 15,42% pada subskala penyesuaian personal-emosional, dan 19,38% pada subskala kelekatan institusional. Hasil analisis uji beda menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada subskala penyesuaian akademik dan kelekatan institusional ditinjau dari daerah asal mahasiswa, subskala penyesuaian personal-emosional ketika ditinjau dari jenis kelamin, dan subskala kelekatan institusional ditinjau dari tempat tinggal mahasiswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa universitas dan fakultas perlu menyediakan program penyesuaian mahasiswa yang dapat meningkatkan kelekatan mahasiswa terhadap institusi tanpa mengesampingkan kegiatan yang dapat meningkatkan penyesuaian akademik, sosial dan personal-emosional.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aderi, M., Jdaitawi, M., Ishak, N. A., & Jdaitawi, F. (2013). The Influence of Demographic Variables on University Students’ Adjustment in North Jordan. International Education Studies, 6, (2), 172-178.
Anderson, J. R. & Guan, Y. (2017). Implicit Acculturation and the Academic Adjustment of China Sojourners in Australia. Australian Psychologist, November (2017), 1-10.
Arnett, J. J. (2000). Emerging Adulthood. A Theory of Development from the Late Teens Through the Twenties. American Psychologist, 55, (5), 469-480.
Arthur, N., & Hiebert, B. (1996). Coping with the Transition to Post-Secondary Education. Canadian Journal of Counselling, 30, (2), 93-103.
Baker, R. W. & Siryk, B. (1984). Measuring Adjustment to College. Journal of Counseling Psychology, 31, 179-189.
Baker, R. W. (2002). Research with the Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). https://www.mtholyoke.edu›shilkret›baker›BakerSACQ.MS.doc
Beyers, W. & Goossens, L. (2002). Concurrent and Predictive Validity of the Student Adaptation to College Questionnaire in a Sample of European Freshman Students. Educational and Psychological Measurement, 62, (3), 525-536. Doi: 10.1177/00164402062003009
Bibi, S., Wang, Z., Ghaffari, A. S., & Iqbal, Z. (2018). Social Achievement Goals and Academic Adjustment among College Students: Data from Pakistan. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 7, (3), 588-593.
Budiyanto, E. A. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri di lingkungan kampus pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Bandung.
Chickering, A. W. and Kytle, J. (1999). The collegiate ideal in the twenty-first century. ln J. D. Toma and A.J. Kezar (Eds.), Reconceptualizing the collegiate ideal (New directions for higher education, No. 105) (pp. 109-120). San Francisco: Jossey-Bass.
Clinciu, A. I. & Cazan, A. (2013). Academic Adjustment Questionnaire for the University Students. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 127, 655-660.
Dawborn-Gundlach, M. & Margetts, K. (2018). Social Adjustment and Transition to University for Mature-age, Undergraduate Students. Journal of Education and Social Policy, 5, (1), 88-96.
Feldt, R. C., Graham, M., & Dew, D. (2011). Measuring Adjustment to College: Construct Validity of the Student Adaptation to College Questionnaire. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 44, (2), 92-104
Fernandez, M. F. P., Araujo, A. M., Vacas, C. T., Almeida, L. S., & Gonzales, M. S. R. (2017). Predictors of Students’ Adjustment During Transition to University in Spain. Psicothema, 29, (1), 67-72.
Fuad, F. T. & Zarfiel, M. D. (2013). Hubungan antara penyesuaian diri di perguruan tinggi dan stres psikologis pada mahasiswa tahun pertama fakultas psikologi universitas indonesia. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Gavinta, D. A. P. & Hartati, S. (2015). Asertivitas dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran. Jurnal Empati, 4, (4), 139-143.
Ghufron, M. N. (2017). Penyesuaian Akademik Tahun Pertama Ditinjau dari Efikasi Diri Mahasiswa. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 1, (1), 67-81.
Gold, J., Burrell, S., Haynes, C., & Nardecchia, D. (1990). Student Adaptation to College as a Predictor of Academic Success: An Exploratory Study of Black Undergraduate Education Students. (Research Report 143). (ERIC Document Reproduction Service No. ED 331 946.)
Handono, O. T. & Bashori, K. (2013). Hubungan antara Penyesuaian Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Lingkungan pada Santri Baru. Empathy, Jurnal Fakultas Psikologi, 1, (2), 79-89.
Hurtado, S., Carter, D.F., Spuler, A. (1996). Latino Student Transtion to College: Assessing Difficulties and Factors in Successful College Adjustment. Research in Higher Education, 37, (2), 135-157.
Jackson, N. H. (2008). Factors related to nonacademic adjustment of freshmen students. Dissertation. University of Southern Mississipi.
Leventhal, H., Diefenbach, M., & Leventhal, E. A. (1992). Illness Cognition: Using Common Sense to Understand Treatment Adherence and Affect Cognition Interactions. Cognitive therapy and research, 16, (2), 143-163.
Lidy, K. M. Kahn, J. H. (2006). Personality as a Predictor of First Semester Adjustment to College: The Meditational Role of Perceived Social Support. Journal of College Counselling, 9, 123-134.
Mariska, A. (2018). Pengaruh Penyesuaian Diri dan Kematangan Emosi terhadap Homesickness. Studi pada Mahasiswa Perantau Tahun Pertama, Angkatan 2017 FISIP, Universitas Mulawarman Samarinda. Psikoborneo, 6, (3), 670-680.
Martinez-Lopez, Z., Tinajero, C., Rodriguez, M.S., & Paramo, M. F. (2019). Perceived Social Support and University Adjustment among Spanish College Students. European Journal of Psychology and Educational Research, 2, (1), 21-30.
Mitasari, Z. & Istikomayanti, Y. (2018). Hubungan antara Culture Shock dengan Hasil Belajar Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 4, (2), 105-113.
Mohamed, N. (2012). Adjustment to University: Predictors, Outcomes and Trajectories. Dissertation. University of Central Lancashire.
Mudhovozi, P. (2012). Social and Academic Adjustment of First-Year University Student. Journal of Social Science, 33 (2), 251-259.
Mutambara J. & Bhebe V. (2012). An Analysis of the Factors Affecting Students` Adjustment at a University in Zimbabwe. Journal of International Education Studies, 5, (6), 244-250.
Mooney, S.P., Sherman, M.F., & Lo Presto, C. T. (1991). Academic Locus of Control, Self-Esteem, and Perceived Distance from Home as Predictors of College Adjustment. Journal of counseling & development, 69, 445-448.
Nurfitriana, P. (2016). Penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Paramo, M. F., Martinez, Z., Tinajero, C., & Rodriguez, M. S. (2014). The Impact of Perceived Social Support in First-Year Spanish College Students Adjustment. Journal of International Scientific Publications, 12, 289-300.
Parmaksiz, I. (2019). Assertiveness as the Predictor of Adjustment to University Life amongst University Students. International Journal of Instruction, 12, (4), 131-148.
Salami, S. O. (2011). Psychosocial Predictors of Adjustment among First Year College of Education Students. US-China Education Review, 8, (2), 239-248.
Saniskoro, B. S. R. & Akmal, S. Z. (2017). Peranan Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Perantau di Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat, 4, (1), 95-106.
Sevinc, S. & Gizir, C. A. (2014). Factors Negatively Affecting University Adjustment from the Views of First-Year University Students: The Case of Mersin University. Educational Sciences : Theory & Practices, 14, (4), 1301-1308.
Sholeh, A., Sakinah., Fadhila, H.A., Nugraha, B.A., & Widiasmara, N. (2018). Social Interaction Anxiety and Academic Adjustment among Freshmen College Student. Arts & Education International Research Journal, 5, (2), 1-5.
Siah, P.C. & Tan, S. H. (2015). Motivational Orientation, Perceived Stress and University Adjustment among First Year Undergraduates in Malaysia. Journal of Institutional Research South East Asia, 13, (1), 13-29.
Taylor, S. E. (2015). Health psychology. (9th ed). New York: McGraw Hill Education.
Villatte, A., Marcotte, D., Potvin, A. (2017). Correlates of Depression in First-Year College Students. Canadian Journal of Higher Education, 47, 1, 114-136.
Wedyaswari, M., Cahyadi, S., Susiati, E., Yuanita, R.A. (2019). Rancangan Pendampingan “4 Skills of Resillience” untuk Pengembangan Resiliensi Bidang Akademik pada Mahasiswa Bidik Misi. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 3, (2), 89-98.
Wider, W., Mustapha, M., Halik, M., & Bahari, F. (2017). Attachment as a Predictor of University Adjustment among Freshmen: Evidence form a Malaysian Public University. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 14, (1), 111-144.
Wijanarko, E. & Syafiq, M. (2013). Studi Fenomenologi Pengalaman Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua di Surabaya. Jurnal Psikologi: Teori dan Terapan, 3 (2), 79-92.
Zubir, D. M. (2012). Hubungan antara psychological well-being dan college adjustment pada mahasiwa tahun pertama Universitas Indonesia. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Depok.
DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.26681
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terideks di:












