Peran Perceived Social Support terhadap Academic Anxiety: Studi pada Mahasiswa Tahun Pertama
Abstrak
Mahasiswa tahun pertama sering merasakan academic anxiety akibat perubahan yang dirasakan dari sekolah menengah ke perkuliahan sehingga membutuhkan dukungan sosial untuk menghadapinya. Studi ini bertujuan untuk meneliti peran perceived social support terhadap academic anxiety mahasiswa tahun pertama di Universitas Padjadjaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif noneksperimental dengan metode analisis hubungan korelasional berarah melalui analisis regresi. Perolehan data dilakukan menggunakan kuesioner daring dengan partisipan yaitu 203 mahasiswa tahun pertama Universitas Padjadjaran (58.6% perempuan dan 37.4% laki-laki). Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah alat ukur Multidimensional Scale of Perceived Social Support untuk variabel perceived social support dan Skala Kecemasan Akademik untuk variabel academic anxiety. Kedua alat ukur telah dibuktikan validitas dan reliabilitasnya dalam penelitian sebelumnya maupun pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived social support berperan secara signifikan terhadap academic anxiety (p< .00; R² = .104). Selain itu, dimensi-dimensi perceived social support juga berkorelasi dengan academic anxiety. Namun, hanya dukungan dari keluarga yang memiliki peran signifikan terhadap academic anxiety dibandingkan teman dan significant others (p <.005). Hal ini mungkin terjadi karena hubungan yang jauh lebih stabil dengan keluarga membuat dukungan yang dirasakan menjadi lebih berharga. Temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan intervensi di lingkungan akademik. Fokus pada meningkatkan dukungan sosial dari keluarga dapat menjadi strategi efektif untuk mengurangi kecemasan akademik di kalangan mahasiswa.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abu-Bader, S. H. (2021). Using Statistical Methods in Social Science Research: With a Complete SPSS Guide. In Google Books. Oxford University Press.
Alhakim, A. S. (2021). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KECEMASAN DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNISSULA.
American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed.). American Psychiatric Association.
Arnett, J. J. (2015). Emerging adulthood : The winding road from the late teens through the twenties. Oxford University Press.
Barrera, M. (1986). Distinctions between social support concepts, measures, and models. American Journal of Community Psychology, 14(4), 413–445. https://doi.org/10.1007/bf00922627
Beck, A. T., & Clark, D. A. (1997). An information processing model of anxiety: Automatic and strategic processes. Behaviour Research and Therapy, 35(1), 49–58. https://doi.org/10.1016/s0005-7967(96)00069-1
Cohen, S., & Rodriguez, M. S. (1988). Social Support. Encyclopedia of Mental Health, 3.
Cohen, S., & Wills, T. A. (1985). Stress, Social support, and the Buffering hypothesis. Psychological Bulletin, 98(2), 310–357. https://doi.org/10.1037/0033-2909.98.2.310
Fauziah, R. (2023). PENGARUH SOCIAL COMPARISON TERHADAP KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA AKHIR PENGGUNA LINKEDIN [Thesis].
Fransiska, E. A., Putri, T. H., & Ligita, T. (2023). Faktor yang Memengaruhi Tingkat Kecemasan Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Keperawatan, 16(1), 87–94. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i1.1502
Furman, W., & Rose, A. (2015). Friendships Romantic Relationships and Other Dyadic Peer Relationships in Childhood and Adolescence: A Unified Relational Perspective. Dyadic Peer Relationship, 3, 6–129. https://doi.org/10.13140/2.1.4921.3125
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goodwin, K. A., & Goodwin, C. J. (2017). Research in psychology : methods and design (8th ed.). John Wiley & Sons, Inc.
Gravetter, F. J., & Wallnau, L. B. (2017). Statistics for the behavioral sciences (10th ed.). Boston, Ma Cengage Learning.
Guntzviller, L. M., Williamson, L. D., & Ratcliff, C. L. (2020). Stress, Social Support, and Mental Health Among Young Adult Hispanics. Family & Community Health, 43(1), 82–91. https://doi.org/10.1097/fch.0000000000000224
Gupta, A., Mishra, P., Pandey, C., Singh, U., Sahu, C., & Keshri, A. (2019). Descriptive Statistics and Normality Tests for Statistical Data. Annals of Cardiac Anaesthesia, 22(1), 67–72. https://doi.org/10.4103%2Faca.ACA_157_18
Hailey, V., Fisher, A., Hamer, M., & Fancourt, D. (2022). Perceived Social Support and Sustained Physical Activity During the COVID-19 Pandemic. International Journal of Behavioral Medicine, 30(5), 1–12. https://doi.org/10.1007/s12529-022-10125-2
Hendriyana, A. (2023, August 21). Rektor Tegaskan Komitmen Unpad Bentuk Karakter dan Mental Mahasiswa Baru Lewat PKKMB 2023. Universitas Padjadjaran. https://www.unpad.ac.id/2023/08/rektor-tegaskan-komitmen-unpad-bentuk-karakter-dan-mental-mahasiswa-baru-lewat-pkkmb-2023/
Hooda, M., & Saini, A. (2017). Academic Anxiety: An Overview. Educational Quest: An Int. J. Of Education and Applied Social Science, 8(3), 807–810. https://doi.org/10.5958/2230-7311.2017.00139.8
Istiantoro, D. (2018). IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 BANTUL. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10).
Jannata, A., & Nur'aeni. (2022). ACADEMIC ANXIETY IN STUDENTS: A SYSTEMATIC REVIEW. Future Psychology Interaction of Human Behavior, Culture, and Technology to Create Society.
Jatnika, R., Haffas, M., Abidin, F. A., & Siswadi, A. G. P. (2021). Belajar sampling dengan Unpad SAS online. Unpad Press.
Kartika, D., & Aviani, Y. I. (2020). Faktor – Faktor Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Daring Pada Siswa SMA di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Pendidikan Tambusai , 4(3). ISSN: 2614-3097.
Kring, A. M., Kyrios, M., Fassnacht, D., Lambros, A., Tijana Mihaljcic, & Maree Teesson. (2018). Abnormal psychology. John Wiley & Sons Australia.
Kwan, M. Y., Cairney, J., Faulkner, G. E., & Pullenayegum, E. E. (2012). Physical Activity and Other Health-Risk Behaviors During the Transition Into Early Adulthood. American Journal of Preventive Medicine, 42(1), 14–20. https://doi.org/10.1016/j.amepre.2011.08.026
Lakey, B., & Cassady, P. B. (1990). Cognitive processes in perceived social support. Journal of Personality and Social Psychology, 59(2), 337–343. https://doi.org/10.1037/0022-3514.59.2.337
Laksmita, O. D., Chung, M., Liao, Y., Haase, J. E., & Chang, P. (2020). Predictors of resilience among adolescent disaster survivors: A path analysis. Journal of Advanced Nursing. https://doi.org/10.1111/jan.14396
Laksmiwati, E. D., & Tondok, M. S. (2023). Perceived Social Support, Academic Self-Efficacy, and Anxiety among Final Year Undergraduate Students: A Mediation Analysis. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 5(2), 173–182. https://doi.org/10.51214/00202305514000
Mukti, S. A. S., & Ansyah, E. H. (2023). The Relationship Between Parental Social Support and Academic Stress in University Students. Indonesian Journal of Innovation Studies, 21. https://doi.org/10.21070/ijins.v21i.813
Mustikasari, M., Arlin, A., & Kamaruddin, S. A. (2023). Pemikiran Pierre Bourdieu dalam Memahami Realitas Sosial. Kaganga, 6(1), 9–14. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i1.5089
Naicker, S., Berry, L., Drysdale, R., & Makusha, T. (2022). Families: Foundations for child and adolescent mental health and well-being. South African Child Gauge, 71–85.
Nanda, A., & Ganguli, T. (2021). Effect of Parental Support and Expectations on Child’s Academic Performance During a Global Pandemic. The International Journal of Indian Psychology, 9(4). https://doi.org/10.25215/0904.026
Nandana, I. P. D. A., Jatnika, R., & Rubiyanti, Y. (2023). Hubungan antara Perceived Social Support dengan Loneliness pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profession), 7(2), 14–14. https://doi.org/10.24198/jpsp.v7i2.45496
Novitria, F., & Khoirunnisa, R. N. (2022). PERBEDAAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU JURUSAN PSIKOLOGI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1).
Otitoju, A. M., Abdulmarouf, G., Muhammad, K., & Kennedy, I. (2020). A Review of the Attachment Theory and its Implication to Academic Achievement. Journal of Research on Humanities and Social Sciences.
Ottens, A. J. (1991). Coping with academic anxiety. Rosen Pub. Group.
Permatasari, D. P., Rahajeng, U. W., Fitriani, A., & Kurniawati, Y. (2018). Parent’s academic expectation dan Konsep Diri Akademik Terhadap Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 63. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5030
Purwanti, I. Y., Wangid, M. N., & Aminah, S. (2020, August 14). Self-Efficacy and Academic Anxiety of College Students. Www.atlantis-Press.com; Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.060
Putro, F. W. (2016). HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIK DENGAN PLAGIARISME PADA MAHASISWA. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Renk, K., & Smith, T. (2007). Predictors of Academic-Related Stress in College Students: An Examination of Coping, Social Support, Parenting, and Anxiety. Journal of Student Affairs Research and Practice, 44(3). https://doi.org/10.2202/1949-6605.1829
Santrock, J. W. (2020). A topical approach to life-span development (10th ed.). Mcgraw Hill Education.
Shandy, A., & Khoirunnisa, R. N. (2022). HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIK DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA BARU YANG AKAN MELAKSANAKAN PERKULIAHAN TATAP MUKA. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(2).
Siah, P., & Tan, S.-H. (2015). Motivational orientation, perceived stress and university adjustment among first year undergraduates in Malaysia. Journal of Institutional Research South East Asia, 13, 19–29.
Siedlecki, K. L., Salthouse, T. A., Oishi, S., & Jeswani, S. (2014). The Relationship Between Social Support and Subjective Well-Being Across Age. Social Indicators Research, 117(2), 561–576. https://doi.org/10.1007/s11205-013-0361-4
Situmorang, D. D. B. (2018). Academic Anxiety sebagai Distorsi Kognitif terhadap Skripsi: Penerapan Konseling Cognitive Behavior Therapy dengan Musik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 100–114. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.5252
Situmorang, N. Z. (2019). THE CORRELATION OF SELF-EFFICACY AND PEER SUPPORT TOWARDS ANXIETY PRECEDING FINAL EXAMINATIONS FACED BY 9TH GRADERS IN YOGYAKARTA. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(3), 169–175. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7326
Tam, C. L., & Lim, S. G. (2006). Perceived social support, coping capability and gender differences among young adults. Sunway Academic Journal, 6.
Taylor, S. E. (2015). Health psychology. New York, Ny Mcgraw-Hill Education.
Wardani, T. A., Prasetiyo, W. H., & Gunarsi, S. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kecemasan dalam Penyelesaian Studi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(06). eISSN: 2614-8854.
Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The Multidimensional Scale of Perceived Social Support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30–41. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa5201_2
DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v8i2.55737
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terideks di: