Kepribadian Introvert dan Gejala Kecemasan Sosial pada Mahasiswa Psikologi di Bali

Anak Agung Made Diptania, I Rai Hardika, Diah Widiawati Retnoningtias

Abstrak


Mahasiswa psikologi cenderung mengalami tingkat kecemasan yang banyak karena tuntutan perkuliahan yang melibatkan interaksi langsung dan komunikasi aktif dengan beragam individu. Ketika mahasiswa mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain, itu merupakan bentuk dari gejala kecemasan sosial. Salah satu penyebab internal dari kecemasan adalah faktor kepribadian. Tipe kepribadian yang berpengaruh terhadap kecemasan adalah kepribadian introvert. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian introvert dengan gejala kecemasan sosial pada mahasiswa psikologi di Bali. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini melibatkan 273 mahasiswa psikologi di Bali. Alat ukur yang digunakan adalah skala gejala kecemasan sosial dan skala kepribadian introvert yang disusun berdasarkan aspek kepribadian introvert. Analisis data yang digunakan yakni uji korelasi Pearson dengan hasil nilai koefisien korelasi sebesar .364 dengan nilai p < .001. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepribadian introvert dengan gejala kecemasan sosial pada mahasiswa psikologi di Bali. Penelitian ini menyimpulkan bahwa makin tinggi kepribadian introvert, maka makin tinggi pula gejala kecemasan sosial pada mahasiswa psikologi di Bali, dan begitupun sebaliknya.


Kata Kunci


kecemasan sosial, kepribadian introvert, mahasiswa psikologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (1st ed.). Penebar Media Pustaka.

Anggraini, S. R., & Subandiyah, H. (2022). Representasi kepribadian introvert pada tokoh utama dalam novel introver. Jurnal Bapala, 9(1), 15–26.

Anggreni, M. (2023). Peran guru BK dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa yang introvert di SMPN 13 Desa Padang Panjang Kabupaten Kaur. DAWUH : Islamic Communication Journal, 4(3), 123–131. https://doi.org/10.62159/dawuh.v4i3.1156

Ardiansyah, F., Degeng, I. N., & Husna, A. (2021). Hubungan self control dengan internet addiction disorders dan kecemasan siswa dalam menghadapi ujian. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(2), 122–133. https://doi.org/10.17977/um031v8i22021p122

Azka, F., Firdaus, D. F., & Kurniadewi, E. (2018). Kecemasan sosial dan ketergantungan media sosial pada mahasiswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3315

Bergin, J. (2002). Introvert-Extrovert. Pace University, 1–6.

Damaiyanti, S., Suri, S. I., & Octavia, D. (2023). Hubungan obesitas dengan kecemasan sosial pada siswa SMA negeri kota Bukittinggi. Jurnal Ners, 7(1), 27–31. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.8343

Damanik, Y. T., & Simanullang, M. C. (2023). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas vii smp berdasarkan kepribadian ekstrovert dan introvert yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah. Journal of Mathematics Education and Science, 9(1), 101–110. https://doi.org/10.30743/mes.v9i1.8228

Deviyanthi, N. M. F. S., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan komunikasi dalam mempresentasikan tugas di depan kelas. Publikasi (Program Studi Fakultas Kedokteran).

Erawati, D., Hardiansyah, F., & Mz, I. (2022). Training behavioral reheasal untuk mengurangi kecemasan sosial (studi pada mahasiswa berkepribadian introvert). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 6(2), 70. https://doi.org/10.30598/jbkt.v6i2.1629

Eysenck, H. J., & Wilson, G. D. (1975). Know your own personality. Macmillan.

Fachrozie, R., Sofia, L., & Ramadhani, A. (2021). Hubungan Kontrol diri dengan kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan skripsi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 509. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6495

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self disclosure dan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282

Hulukati, W., & Djibran, Moh. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik), 2(1), 73. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80

Husna, A. R., Sudaryato, E., & Muthmainnah, A. N. (2023). Perbedaan bentuk komunikasi interpersonal mahasiswa berkepribadian ekstrovert dan introvert di program studi ilmu komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Penelitian Komunikasi, 03(03). https://aksiologi.org/index.php/relasi/article/view/1267

Jamaluddin, M. (2020). Model penyesuaian diri mahasiswa baru a new student adjusment model. Indonesian Psychological Research, 02(02), 109–118.

Kurnia, R., Azzahra, A. S., Salamah, K., & Sintawati, S. (2023). Efektivitas konseling qur’ani dalam mereduksi kecemasan menanti pasangan hidup bagi perempuan di cirebon. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 6(1), 42. https://doi.org/10.24235/prophetic.v6i1.14757

Lallo, D. A., Kandou, L. F. J., & Munayang, H. (2013). Hubungan kecemasan dan hasil uas-1 mahasiswa baru fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado tahun ajaran 2012 / 2013. e-CliniC, 1(2). https://doi.org/10.35790/ecl.1.2.2013.3283

Lestari, H. S., & Kurniawati, M. D. (2021). Hubungan antara kepribadian introvert dengan kurangnya kepercayaan diri pada mahasiswa unira yang aktif di organisasi. Open Journal Systems, 16(3), 6527–6534.

Mahmudah, F., Erawati, D., & Mz, I. (2021). Hubungan kepribadian introvert dengan kecemasan sosial pada mahasiswa IAIN Palangka Raya. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, 4(2), 145–162.

Mardiah, A. (2023). Meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying melalui konseling individual rational emotif behaviour therapy teknik home work assigment pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Amuntai Selatan semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(1), 184–204. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i1.448

Mardiana, Y., & Endriani, A. (2023). Pengaruh konseling teknik assertive terhadap kecemasan sosial sosial pada siswa kelas XI IPS DI SMA Negeri 1 Janapria. Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 11(2), 150. https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.9281

Masitoh, I., Supriadi, P., & Marliani, R. (2023). Dampak kepribadian introvert dalam interaksi sosial. Jurnal Pelita Nusantara, 1(2), 245–249. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i2.203

Nainggolan, T. (2011). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan sosial pada pengguna napza: penelitian di balai kasih sayang parmadi siwi. Sosiokonsepsia, 16(02), 161–174. https://doi.org/10.33007/ska.v16i2.800

Ngadino, D., Sukoriyanto, S., & Sudirman, S. (2022). Analisis berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 344. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9009

Oktapiani, N., & Putri, A. (2018). Gangguan kecemasan sosial dengan menggunakan pendekatan rasional emotif terapi. FOKUS, 1(6), 227–232. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i6.3024

Pasaribu, S. (2016). Hubungan konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan interaksi sosial mahasiswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 8(1), 72–84. https://doi.org/10.31289/analitika.v8i1.863

Permadi, D. A. (2022). Kecemasan sosial dan intensitas penggunaan media sosial pada remaja. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 2(1), 7–13. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v2i1.7-13

Pratama, R., Aisyah, S. A., Putra, A. M., Sirodj, R. A., & Afgan, M. W. (2023). Correlational research. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1754–1759. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1420

Pratiwi, S. L., Ramdhani, R. N., Taufiq, A., & Sudrajat, D. (2023). Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan sosial pada mahasiswa Bandung. Journal of Guidance and Counseling, 7(1), 93–107. https://doi.org/10.21043/konseling.v7i1.18595

Prayitno, S. H. (2023). Pengaruh kepribadian introvert-extrovert terhadap kepercayaan diri dan kecemasan pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida, 10(1), 8–20. https://doi.org/10.55500/jikr.v10i1.171

Purbasari, V. A. (2024). 5 tanda kalian cocok untuk masuk psikologi. Retrieved March 26th, 2024 from https://osc.medcom.id/community/5-tanda-kalian-cocok-untuk-masuk-psikologi-6457

Puspitasari, T. A., & Wiryosutomo, H. W. (2020). Hubungan antara percaya diri dan regulasi diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling angkatan 2018 universitas negeri surabaya. Jurnal BK UNESA, 11(1), 122–128.

Rahmat, D. P. S. (2018). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Ramadani, P. W., Wahyuningtyas, L. P., Bachtiar, M. T., & Damariswara, R. (2023). Analisis keterampilan bertanya mahasiswa saat presentasi dalam kelas. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(03), 1569–1576.

Ramadhani, C. (2021, November 22). Introvert lebih rentan alami kecemasan, benarkah? yuk, cek faktanya di sini!. Retrieved April 14th, 2024 from https://www.beautynesia.id/life/introvert-lebih-rentan-alami-kecemasan-benarkah-yuk-cek-faktanya-di-sini/b-242176

Rizki, M. D., Nugroho, F. A. W., Hapsari, C. R., Paramitha, A. P. A., Haliza, D. M. N., & Lutfiana, N. (2023). Pengaruh kemampuan berhitung terhadap nilai pelajaran matematika siswa kelas VI SD. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(5), 913–920. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i5.2239

Robert, A., Alan Jok, S., Nordin, N. S., Mohamad Said, N. A., Tiri, C., Alphonsus, A. M., Eban, V., & Husin, M. R. (2022). Masalah pengurusan pengajaran dan pembelajaran bagi murid introvert semasa pandemik covid-19. Journal of Humanities and Social Sciences, 4(2), 73–80. https://doi.org/10.36079/lamintang.jhass-0402.389

Roesyanto, M., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh hubungan self disclosure dan kepribadian extraversion terhadap keterampilan komunikasi interpersonal young worker di jakarta. Koneksi, 5(2), 353. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10350

Rozi, M. F., Tridianti, A., Husna, B. A., Hermayati, N. R., & Falasifah, N. (2023). Pengaruh kepribadian introvert terhadap perubahan lingkup sosial mahasiswa prodi pengembangan masyarakat islam angkatan tahun 2021. Jurnal EMPATI, 12(5), 337–349. https://doi.org/10.14710/empati.2023.37351

Sahputra, D., Habibah, P., & Fitria, D. (2023). Munculnya kecemasan sosial sebagai masalah kesehatan mental pada pengguna media sosial. CARAKA : Indonesia Journal of Communication, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.25008/caraka.v4i1.86

Said, R., & Herdajani, F. (2023). Hubungan citra tubuh dan harga diri dengan kecemasan sosial pada siswi kelas x sma negeri “x” jakarta. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, 3(2), 6–13. https://doi.org/10.37817/psikologikreatifinovatif.v3i2.2155

Santoso, S. (2012). Aplikasi SPSS pada Statistik Multivariat. PT Alex Media Kompulindo.

Saraswati, G. (2022). Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi. Retrieved March 26th, 2024 from https://kampuspsikologi.com/ciri-ciri-orang-yang-cocok-masuk-jurusan-psikologi/

Sari, W. K., Jannah, N., & Afriyanti, V. (2022). Identifikasi permasalahan kecemasan sosial dan penanggannya pada remaja di panti asuhan. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2). https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.177

Sienny, Aryanto, H., & Christianna, A. (2018). Perancangan buku interaktif untuk remaja introvert. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12). https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/7516

Sigarlaki, M. A., & Nurvinkania, A. A. (2022). Hubungan kecemasan sosial dengan pengungkapan diri dalam hubungan pertemanan. Humanitas (Jurnal Psikologi), 6(3), 345–362. https://doi.org/10.28932/humanitas.v6i3.5807

Subtinanda, A., & Yuliana, N. (2023). Kepribadian ekstrovert dan introvert dalam konteks komunikasi antarpribadi mahasiswa ilmu komunikasi UNTIRTA. Jurnal Pendidikan Non formal, 1(2), 15. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i2.187

Sudirga, R. S. (2011). Faktor-faktor yang menentukan para mahasiswa memilih kuliah di universitas bunda mulia dengan metode faktor analisis. Business Management Journal, 7(2). https://doi.org/10.30813/bmj.v7i2.601

Sugiharno, R. T., Ari Susanto, W. H., & Wospakrik, F. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tugas akhir. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 1189–1197. https://doi.org/10.31539/jks.v5i2.3760

Suryaningrum, C., Retnowati, S., Helmi, A. F., & Hasanat, N. U. (2019). The development of the Indonesian college student social anxiety scale. International Journal of Research Studies in Psychology, 8(1). https://doi.org/10.5861/ijrsp.2019.3014

Syafitri, D., Rahardjo, S., & Zamroni, E. (2020). Mengatasi dampak negatif introvert melalui konseling behavioristik teknik desensitisasi sistematis pada siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4506

Tajuddin, A., & Haenidar. (2019). Hubungan antara harga diri dengan kecemasan sosial pada remaja akhir. Jurnal Psikologi SKLsO, 1(1), 56–65.

Ulwiyah, W. Z., & Djuhan, M. W. (2021). Kepribadian ekstrovert dan introvert pada siswa kelas vii g smp negeri 2 ponorogo pada proses pembelajaran dalam prespektif psikologi sosial. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 117–140. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.253

Wardani, J. N. P., Sugara, G. S., & Rahimsyah, A. P. (2023). Analisis kecenderungan perilaku bullying pada remaja. Buletin Konseling Inovatif, 3(3), 226–236. https://doi.org/10.17977/um059v3i32023p226-236

Wardhana, N. R. S., Hudaniah, & Sakinah Nur Rokhmah. (2024). Hubungan kepercayaan diri dengan kecemasan sosial pada remaja. Cognicia, 12(1), 25–30. https://doi.org/10.22219/cognicia.v12i1.30456

Widiyastuti, A. (2016). Pengaruh tipe kepribadian terhadap self disclosure pada pengguna facebook. Jurnal Psikologi Universitas Esa Unggul, 1–8.

Wiguna, R. I., Asmawariza, L. H., Qolbi, R., Yulandasari, V., Mastuty, A., Wahyudi, I., & Amrullah, M. (2024). Fenomena smartphone addiction dengan kecemasan sosial pada kelompok usia remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 7(1).

Yudianfi, Z. N. (2022). Kecemasan sosial pada remaja di desa selur ngrayun ponorogo. Rosyada: Islamic Guidance and Counseling, 3(1), 12–19.

Yulia, C. (2021). Efektivitas konseling cognitive behavior therapy dalam meningkatkan kontrol diri siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 8(1), 9. https://doi.org/10.37064/consilium.v8i1.9296




DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i8.57766

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terideks di:


width= width=  width= width=  width=