Hubungan Antara Karakteristik dengan Persepsi Peternak Plasma Ayam Broiler Mengenai Program Bertani Untuk Negeri (Kasus pada Peternak Plasma Ayam Broiler di Kabupaten Malang, Jawa Timur)

Rifki Ramdhan Firdaus, Lilis Nurlina, Marina Sulistyati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada Peternak Plasma PT Ciomas Adisatwa yang tergabung dalam Program Bertani Untuk Negeri (BUN) Batch 3 di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur pada tanggal 27 Desember 2021 – 10 Januari 2022. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan antara karakteristik sosial ekonomi dengan persepsi peternak terhadap Program BUN. Penelitian ini dilakukan dengan metode sensus yang melibatkan semua anggota populasi sebagai responden sebanyak 33 orang peternak. Area penelitian ditentukan dengan sengaja. Mengacu pada hukum Guilford dan menggunakan metode analisis korelasi Rank Spearman untuk menganalisis data yang didapat. Hasilnya menunjukkan karakteristik sosial ekonomi peternak plasma ayam broiler yang tergabung dalam Program BUN termasuk dalam kategori sedang 75,75%, persepsi peternak mengenai Program BUN (60,61%) termasuk kedalam kategori tinggi, dan terdapat hubungan positif antara karakteristik sosial ekonomi dengan persepsi peternak mengenai Program BUN dengan koefisien korelasi (rs) sebesar 0,539.


Keywords


Karakteristik Sosial Ekonomi, Persepsi, Bertani Untuk Negeri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jsbp.v4i1.39258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rifki Ramdhan Firdaus



JURNAL INI TERINDEKS:

width=width=width=width=width=width=width=

Jurnal Sosial Bisnis Peternakan is licensed under Attribution 4.0 International

 

View My Stats