Hubungan Persepsi dengan Keputusan Konsumen Terhadap Pembelian Daging Sapi Melalui E-Commerce (Kasus Di Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten pada bulan Januari 2022 hingga Febuari 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi konsumen terhadap keputusannya terhadap pembelian daging sapi melalui e-commerce. Metode yang digunakan adalah survei. Responden pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian daging sapi melalui e-commerce yang tinggal di Kecamatan Serpong sebanyak 30 orang dipilih berdasarkan simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis Rank Spearman. Berdasarkan hasil survei menggunakan kuisioner, didapatkan bahwa: 1) persepsi responden terhadap pembelian daging sapi melalui e-commerce secara umum adalah baik (61,3%) dengan aspek Afektif dominan baik (65,5%) dan aspek kognitif dominan tidak baik (40,67%); 2) Keputusan konsumen terhadap pembelian daging sapi melalui e-commerce dominan baik (69,67%); 3) terdapat hubungan yang kuat antara variabel persepsi konsumen dan keputusan pembelian daging sapi melalui e-commerce dengan koefisien korelasi (rs) sebesar 0,674.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artasta, Z, S., dan Nuri, N. 2022. Pengaruh E-Commerce pada Perekonomian Indonesia Saat Pandemi. Jurnal Nasional Analisa Metode Rekayasa Informatika, Vol 1, No 1.
Crespo, Á. H., De Los Salmones Sánchez, M. M. G., & Del Bosque, I. R. 2013. Influence of users’ perceived compatibility and their prior experience on B2C e-commerce acceptance. Studies in Computational Intelligence, 484, 103–123.
Dahlanudin, D., Permani, R., Sahara, S., Bryceson, K., & Wagener, M. 2020. Digital Technology Options for Indonesia ’ s and Australia ’ s Beef and Cattle Sector. Indonesia-Australia on Food Security in Red Meat and Cattle Sector. Queensland University.
Hasibuan, A., & Sulaiman, O. K. 2019. Smart City, Konsep Kota Cerdas Sebagai Alternatif Penyelesaian Masalah Perkotaan Kabupaten/Kota. Buletinutama Teknik, 14(2), 127–135.
Iriani, S. S., & Andjarwati, A. L. 2020. Analysis of perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived risk toward online shopping in the era of Covid-19 pandemic. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(12), 313–320.
Meat and Livestock Ausralia. 2021. Market Snapshot : Beef & Sheep Meat Indonesia (Vol. 2019, Issue September 2020). Australia.
Morrisan, M. A. 2017. Metode Penelitian Survei (Pertama). PT Fajar Interpratama Mandiri.
Moore, G, C., & Benbasat I. 2001. Development of an Instrument to Measure the Perceptions of Adopting an Information Technology Innovation. Information Systems Research, 2(3), 192-222.
Setyarko, Y. 2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147.
Sholikhah, A. 1970. Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362.
Siti, R., & Alifah, R. 2018. Keputusan Pembelian E-Commerce. EKOBIS: 19, 59–70.
Widagdo, P. B. 2016. Perkembangan Electronic Commerce (E-Commerce) di Indonesia. Universitas Gadjah Mada.
Yee, C. C., & Yazdanifard, R. 2014. How Customer Perception Shape buying Online Decision. Global Journal of Management and Business Research: E Marketing, 14(2), 11–20.
DOI: https://doi.org/10.24198/jsbp.v4i2.42062
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 GHINA ARIA MARDIYAH
JURNAL INI TERINDEKS:
Jurnal Sosial Bisnis Peternakan is licensed under Attribution 4.0 International
View My Stats