KEPUASAN DAN LOYALITAS PETERNAK DALAM MEMELIHARA SAPI PASUNDAN

Andhika Ramadhan, Anita Fitriani, Linda Herlina

Abstract


Sapi Pasundan merupakan sapi lokal yang dipelihara sebagai hewan ternak khususnya di Jawa Barat. Kabupaten Cianjur merupakan salah satu daerah sentra peternakan Sapi Pasundan khususnya daerah pesisir selatan. Sapi Pasundan banyak dipelihara karena memiliki potensi diantaranya lebih tahan terhadap penyakit serta pemeliharaannya tidak terlalu sulit. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan dan loyalitas peternak dalam memelihara Sapi Pasundan. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sindangbarang Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat pada bulan Juli 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan loyalitas peternak dalam memelihara Sapi Pasundan. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh dari data primer yang dimana diperoleh dari hasil wawancara dengan para peternak sebanyak 30 orang sebagai responden dan data sekunder diperoleh dari Instansi terkait seperti kantor Kecamatan Sindangbarang dan Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian antara kepentingan dan kinerja kepuasan adalah sebesar 91,94% dan tingkat kepuasan peternak dalam memelihara Sapi Pasundan diinterpretasikan dalam kategori “puas” dengan skor rata-rata kumulatif 3,86 dari skor maksimal 5,00. Untuk tingkat loyalitas peternak dalam memelihara sapi pasundan diinterpretasikan dalam kategori “cukup setia” dengan skor rata-rata kumulatif sebesar 2,77 dari skor maksimal 5,00.


Keywords


Kepuasan, Loyalitas, Peternak, Sapi Pasundan

Full Text:

PDF

References


Gay, L.R. dan Diehl, P.L. (1992). Research Methods for Business and Management. MacMillan Publishing Company, New York.

Hasan, Ali. 2009. Marketing. PT. Buku Kita. Jakarta.

Kotler, Philips. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesembilan, Jilid I dan II. Prehallindo. Jakarta.

Rosihan. 2008. Cochran Q Test. Universitas Brawijaya. http://rosihan.lecture.ub.ac.id/2008/10/cochran-q-test/ (diakses 9 April, 2019 pukul 21.00 WIB).

Simamora, Bilson. 2008. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian, Bandung: CV Alfa Beta.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan Keempat. Penerbit PT Rineka Cipta. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24198/jsbp.v5i1.43357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andhika Ramadhan, Anita Fitriani, Linda Herlina



JURNAL INI TERINDEKS:

width=width=width=width=width=width=width=

Jurnal Sosial Bisnis Peternakan is licensed under Attribution 4.0 International

 

View My Stats