Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Permintaan Ayam Kampung di Pasar Singaparna Kabupaten Tasikmalaya

Ayi Laini Putri, Cecep Firmansyah, Sondi Kuswaryan

Abstract


Penelitian yang berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Permintaan Ayam Kampung di Pasar Singaparna Kabupaten Tasikmalaya” telah dilaksanakan pada Bulan Maret 2021. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis profil konsumen dan faktor yang mempengaruhi permintaan ayam kampung di Pasar Singaparna. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, lokasi penelitian ditentukan secara purposive, dan pengambilan sampel sebanyak 60 orang menggunakan metode insidental sampling. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara dengan mengguakan kuesioner. Hasil analisis menunjukan bahwa: (a) Konsumen ayam kampung di Pasar Singaparna merupakan  konsumen perantara dan konsumen akhir, serta tergolong kelas ekonomi menengah ke atas. (b) Variabel harga ayam, pendapatan, jumlah anggota keluarga, umur dan tingkat pendidikan secara simultan berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan ayam kampung, Sedangkan secara parsial hanya faktor pendapatan, umur dan tingkat pendidikan berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan ayam kampung di Pasar Singaparna

Keywords


konsumen, permintaan, ayam kampung, pasar

Full Text:

PDF

References


Adiana, P, P, E. (2012). Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga dan Pendidikan terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin di Kecamatan Gianyar. Jurusan Ekonomi pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Udayana.

Aisyah, Siti. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Konsumsi Daging Ayam Kampung di Kabupaten Langkat. Program Studi Peternakan. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatra Utara.

Amri, Ulil. (2019). Analisis Preferensi Konsumen dalam Membeli Daging Ayam Kampung di Pasar Tradisional Kecamatan Kampa. Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau.

Badan Pusat Statistika. (2019). Populasi Ayam Buras Menurut provinsi. [Online]. http.www.bps.co.id (Diakses Pada 15 Desember 2020, Pukul 20.00.).

Badan Pusat Statistika. (2020). PRDB per Kapita Atas Dasar Harga Konstan Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. [online]. http:www.jabar.bps.co.id (Diakses pada 8 Agustus 2021, Pukul 15.30)

Badan Pusat Statistika. (2020). Produksi Ayam Buras Menurut provinsi. [Online]. http.www.bps.co.id (Diakses Pada 15 Desember 2020, Pukul 16.25).

Badan Pusat Statistika. (2020). Rata-Rata Konsumsi per Kapita Seminggu. [Online] http.www.bps.co.id (Diakses Pada 15 Desember 2020, Pukul 17.00).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hamzah Wadi dan Bayu Rahanatha. (2013). Hubungan Variabel demografi dengan Respon Konsumen Terhadap Iklan Merk Top Coffe di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi, 2(9), pp: 1036-1052.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. Yogyakarta.

Kotler, P. & keller, K.L. (2005). Manajemen Pemasaran 1, Edisi 12. Penerbit PT Indeks. Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. (2009). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Mansur. R.M. (2017). Strategi Pemasaran Ayam Buras di Desa Tugondeng Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.

Nilam, dkk. (2020). Analisis Permintaan Dagimg Ayam Akmpung di Kabupaten Jember. Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. UM Jember. Jember.

Pracoyo, Tri Kunawanangsih dan Pracoyo, Antyo. (2006). Aspek Dasar Ekonomi Mikro. PT.Gramedia Widiasarana. Jakarta

Rahayu, Sri dan Dinarossi Utami. (2015). Teori Ekonomi Mikro. Penerbit Universitas Muhammadiyah Palembang. Palembang.

Rasyaf, M. (1995). Memelihara Ayam Kampung. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Samosir, H. V. (2008). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Permintaan Telur Ayam Kampung. Fakultas Peternakan. Universitas Sumatra Utara.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Penerbit Prenada Media. Jakarta.

Sinaga, A. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Ayam Kampung di Kecamatan Siantar Barat Kota Pematang Siantar. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatra Utara.

Santoso, S. (2012). Analisis SPSS pada Statistic Parametrik. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta. Hal 158-161.

Vidiawan dan Tisnawati. (2015). Analisis Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga dan Pendidikan terhadap Jumlah Konsumsi Rumah Tangga Miskin di Desa Batu kandik Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Udayana.

Yanti Zella. (2019). Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota keluarga dan Tingkat Pendidikan terhadap Konsumsi Rumah Tangga di Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Malikussaleh.

Sobahi R, Dedi Setiadi. 2008. Model Industri Peternakan Sapi Perah Rakyat Suatu Gagasan Pola 100-1000-10.000. Dalam : Prospek Industri Sapi Perah Menuju Perdagangan Bebas 2020. Prosiding Semiloka Nasional; Jakarta 21 April 2008. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Jakarta. Hlm 576 – 583.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24198/jsbp.v3i1.50188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ayi Firmansyah Kuswaryan



JURNAL INI TERINDEKS:

width=width=width=width=width=width=width=

Jurnal Sosial Bisnis Peternakan is licensed under Attribution 4.0 International

 

View My Stats