PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP NILAI PEMBELIAN KONSUMEN DI RUMAH MAKAN AYAM GORENG BORONYOI KOTA BANDUNG

Gelar Abifadilla

Abstract


Rumah Makan Ayam Goreng Boronyoi adalah rumah makan yang memikirkan strategi untuk memasarkan dan menjaga kelangsungan usahanya. Salah satu indikator yang bisa digunakan untuk mengukur keberhasilan pemasaran suatu produk adalah dengan menggunakan konsep bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh faktor produk, tempat, harga, dan promosi secara simultan dan parsial terhadap nilai pembelian konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Boronyoi. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu produk (X1), Tempat (X2), Harga (X3), dan Promosi (X4) dan variabel dependennya yaitu nilai pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan metode survei analisa data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan Rumah Makan Ayam Goreng Boronyoi dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang yang dipilih melalui teknik Random Sampling. Dari analisis regresi didapatkan persamaan Y = -134455.386 + 7469.704 + 5019.699 + 5093.632 + 3046.819. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa produk, tempat, harga dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai pembelian dan dari ke-empat faktor produk, tempat, harga dan promosi dapat diketahui bahwa variabel bebas yang paling menpengaruhi terhadap nilai pembelian konsumen adalah faktor produk.


Keywords


Bauran Pemasaran , Nilai pembelian, Produk, Tempat, Promosi

Full Text:

PDF

References


Aliminsyah, Padji. 2005. Kamus Istilah Akuntansi. Yrama Widya, Bandung.

Asri M. 1991. Marketing. Edisi Pertama.

UPP-AMP YKPN, Yogyakarta

Assauri, Sofjan. 2013. Strategic Marketing

: Sustaining Lifetime Customer Value. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers, Jakarta.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, 2020. Analisis Hasil Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku Usaha. BPS RI. Jakarta.

Basu Swastha dan Irawan. 2014.

Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta

Buchari Alma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Fitriyono, D., Khuzaini. 2014. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk. Jurnal Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 11. Surabaya

Fuad, M, H Christine, Nurlela, Sugiarto,dan Paulus Y.E.F, 2006, Pengantar Bisnis, Erlangga, Jakarta

Gregoire Mary B., Greathouse Karen R. 2010. Research Contribution. Who Will Direct Hospital Food service Departments in the Future? Journal of Foodservice Management & Education, Amerika Serikat

Hartono, J,H. 2004. Metodologi Penelitian.

BPFE Yogyakarta, Jakarta

Justin G. Longenecker. 2006.

Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat, Jakarta.

Karim, Sepang, dan Lumanauw. 2014. Marketing Mix Pengaruhnya Trehadap Volume Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA 2, Manado

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Kementerian Peternian. 2019. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2019. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Jakarta.

Khairat, Miftahul. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rest Area Sasayya Kabupaten Bantaeng. Tesis Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Kotler. Philip, Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Dasar – Dasar Pemasaran. Edis kesembilan. Penerbit Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip and Lane Keller. 2008.

Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid

Erlangga, Jakarta

. 2012. Marketing Management

: Pearson Prentice Hall, Inc, New Jersey

. 2012. Prinsip-prinsip

Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1,. Erlangga, Jakarta

Lupiyoadi, R. dan Hamdani, A. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta

. 2014. Manajemen Pemasaran jasa, Edisi III. Salemba Empat, Jakarta

Martjiono, Ricky., Santoso, Silvy Pricillia., Aprilia Adriana., Remiasa, Marcus., 2014. Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Kakkk, Ayam Geprek!!!. Tesis Universitas Kristen Petra, Surabaya

Mokalu dan Tumbel. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Jordan CV. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal EMBA 3(1), Manado, 254-265.

Ninemeier, J. D. dan Hayes, D. K. 2011. Restaurant Operations Management. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Pass, Christopher dan Bryan Lowes, 1994. Kamus Lengkap Ekonomi, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.

Peter, J. Paul and Olson, Jerry C. 2010, Consumer Behavior & Marketing Strategy. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Rachmawati R. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (marketing mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Pada Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik 2(2), Jakarta.

Rahayu, Imam, Titi Sudaryani, Hari Sentosa. 2010. Panduan Lengkap Ayam. Penebar Swadaya, Jakarta

Rasyaf, M. 2010. Pengelolaan Unggas Pedaging. Kanisius, Jakarta.

Sugiarto, Endar, Sulartiningrum, Sri. 2001. Pengantar Akomodasi dan Restoran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta, Bandung

Sedarmayanti., Hidayat, Syarifudin. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Kelima, PT Refika Aditama, Bandung.

Tjiptono F. 1995. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

, 2015. Strategi Pemasaran Edisi

Andy. Yogyakarta

Wijaya, Burhan Hafinudin., Utami, Hari Dwi., Nugroho., Bambang Ali. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Olahan Ayam di Rumah Makan Resto Gama Malang. Faculty of Animal Husbandry, University of Brawijaya. Malang

Yosia, Rudi Darmawan. 2012. Perancangan Strategi Bauran dan Komunikasi Pemasaran pada Rumah Makan Ayam Groeng dan Ikan Bakar Bu Cokro Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.1 No.1. Surabaya

Siagian, P. Sondang. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24198/jsbp.v2i1.50778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Gelar Abifadilla



JURNAL INI TERINDEKS:

width=width=width=width=width=width=width=

Jurnal Sosial Bisnis Peternakan is licensed under Attribution 4.0 International

 

View My Stats