Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Peternakan Ayam Ras Petelur (Kasus Di Pt. Lumbung Telur Indonesia, Desa Gununggede, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberadaan peternakan ayam petelur dilihat dari dimensi sosial, ekonomi, dan lingkungan. Penelitian dilakukan pada sekitar wilayah PT. Lumbung Telur Indonesia yang berada di Desa Gununggede Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari hingga Maret 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Deskriptif Kuantitatif. Pengambilan sampel secara purposive pada Kampung Rancabogo sebanyak 72 sampel. Persepsi dibagi menjadi 5 bagian, yaitu skor 1 (sangat tidak setuju), skor 2 (tidak setuju), skor 3 (netral), skor 4 (setuju), dan skor 5 (sangat setuju). Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat terhadap keberadaan peternakan ayam petelur PT. Lumbung Telur Indonesia berdasarkan dimensi sosial, ekonomi, dan lingkungan termasuk kategori sedang atau masyarakat tidak keberatan dengan keberadaan peternakan. Hasil dari dimensi ekonomi mendapatkan persentase yang lebih tinggi atau masyarakat menerima dengan baik, kemudian dimensi sosial mendapatkan persentase netral cenderung tidak setuju atau masyarakat tidak keberatan namun masih cenderung kurang menerima dengan adanya peternakan, dan yang paling rendah yaitu dari dimensi lingkungan atau masyarakat keberatan dengan keberadaan peternakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik (BPS). 2022. Populasi Ayam Ras Petelur menurut Provinsi (Ekor), 2020 – 2022: Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan.
Cahyono, B. 2019. Panen Ayam Broiler 2 Kg dalam 42 Hari. Lily Publisher: Yogyakarta
Cepriadi. 2010. Perbandingan Pendapatan Sistem Kemitraan Peternakan Ayam Broiler di Kota Pekanbaru. Jurnal Sain Peternakan Indonesia Vol. 5, No. 1. Januari – Juni 2010. Fakultas Pertanian Universitas Riau.
Fakihuddin, T., S. Tatbita, dan S. Muhammad. 2020. Analisis dampak lingkungan dan persepsi masyarakat terhadap industri peternakan ayam (studi kasus pada peternakan di Jawa Tengah). Jurnal Teknik Industri. 10(2): 191-199.
Koentjaraningrat. 2012. Pengantar Ilmu Antropologi. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Kusumastuti, T. A. (2010) Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Agrowisata Kandang Kelompok Ternak Kambing Peranakan Etawah Di Desa Girikerto Turi Sleman YOGYAKARTA (the Analysis of Public Perception Toward the Existence of Etawah Crossbreed Goat Agrotourism In). Jurnal Manusia dan Lingkungan, 17(1): 57-67.
Maroni, A., Kusuma, A. R., & Alaydrus, A. (2017). Pengaruh Program Corporate Social Responsibility (Csr) Pt. Rea Kaltim Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Pulau Pinang Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara. E-journal Ilmu Pemerintah, 6(2), 645-656.
Purwanto, H. 2013. Persepsi Masyarakat Terhadap Dampak Lingkungan Pada Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging (Bloiler) Di Kota Banjarbaru. Enviro Scienteae, 9(1).
Sudarno, W. 2002. Perubahan Sosial. PT. Tria Wacana. Yogyakarta.
Sudaryani, T. 2003. Kualitas telur. Penebar Swadaya. Jakarta.
Wijaya, H. F. 2015. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Perusahaan, Jurnal Administratif. 2(1):h:30 – 45.
DOI: https://doi.org/10.24198/jsbp.v5i2.62841
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Hapid, Anita Fitriani, Achmad Firman
JURNAL INI TERINDEKS:
Jurnal Sosial Bisnis Peternakan is licensed under Attribution 4.0 International
View My Stats